iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk……sopo oraaa kenal dengan Honda Beat. Skutik terlaris di tanah air…..mungkin saat ini Beat bisa masuk record Muri karena Beat adalah satu-satunya motor terlaris di Indonesia…..dari semua merk motor di Indonesia, Beat rajanya. Lhaaa piyeee cakkkk, sebulan pada kondisi normal bisa terjual hingga nyaris 200 ribu perbulan. Bahkan ditahun 2019 sebelum CoviD menyerang Beat sempat terjual 1,8 juta/tahun, opo ora edian jal. Anehnya walau sudah perkasa, emboh bener emboh oraa ki IWB mencium Honda BeAT 2021 terbaru cak ! waahhhh…..opo yooo ikiii ???

Honda Beat memang fenomenal cak. Saking luar biasanya skutik ini bahkan mampu menjungkalkan dominasi Yamaha Mio yang begitu luar biasa dimasa lalu. Kunci keberhasilan HOnda dari mata IWB adalah konsep peracikan fokus pada desain kompak, mesin menyenangkan, suspensi yang nyaman karena lebih lembut serta efisien. Dalam perjalanannya Beat juga tidak mulus. Lahir pertama tahun 2008, skutik ini ora langsung membuat kita ngiler kangbro. Diawal wae IWB heran, iki motor desainnya kok aneh…bantet dan pendek….

iklan iwb

Namun pasca IWB jajal versi karbu ini IWB langsung tercengang. Yup….motor ini spontan dan ngacir plus alus. Nggak heran hanya butuh setahun motor ini langsung booming. Dengan mesin 108cc SOHC 2 katup power 8,22PS dan torsi 8,22NM…AHM kembali merilis generasi kedua ditahun 2012 lewat versi injeksi. Wisss makin digandrungi cak. Ibarat pepatah motor….jika Kawasaki ora Ninja ora Cinta, maka Honda ora Beat ora Cinta (mekso tenan wkwkwk). Tapi bener cak….laku banget Beat 1st injeksi ini. Dan diera ini, penjualan Beat sudah tembus ratusan ribu. Puas ? ora pakdeeee…

Ditahun 2014 atau selang 2 tahun setelahnya AHM menggebrak dengan Beat generasi ACG starter. Starter bletak ilang berubah jadi…Maknyezzzzzz, karena wis ora ono suarane cak saa nyetarter motor. Dan digenerasi ini pula Beat ditawarkan dalam dua varian berbeda yakni versi ISS dan non ISS. Generasi yang akhirnya merubah market skutik karena sukses memicu Yamaha juga menelurkan skutik dengan fitur yang sama namun beda nama paten yakni SSS serta Smart generator. Walau sebenarnya AHM sudah mencangkokkan fitur ini pada Vario namun keputusan menurunkan pada Beat membuat skutik entry level ini makin dicintai….

Dan selang dua tahun setelah itu AHM kembali menggempur pasar dengan New Beat ditahun 2016….Generasi AHM memberikan fitur tambahan ECO Indicator termasuk speedometer digital dan analog. Digenerasi ini AHM juga memberikan tanki BBM lebih besar yakni tembus 4 liter sehingga daya jelajah skutik mungil ini makin mumpuni. Ditahun tersebut juga menandai terjualnya Beat hingga 10 juta unit sejak dirilis pertama kali pada tahun 2008. Ediannn cak…..terjual 10 juta unit hanya dalam waktu kurun 8 tahun. Dan dilalah hal itu tidak membuat AHM puas..

Puncaknya ditahun 2020, AHM meluncurkan New beat dengan perombakan total baik desain, frame hingga engine. Desain berubah, frame eSAF sehingga bobot makin ringan 4kg…engine terbaru tetap 109cc, ledakan tenaga mampu meraih 9PS dan torsi 9,3Nm. Sebuah kemajuan karena diawal rilis Beat dulu hanya memiliki power 8,22PS dengan torsi 8,22NM. Artinya teknologi dan fitur semakin improve dan terus berkembang cak. Nahhh kuwi sekilas sejarah Beat sebelum pada akhirnya IWB lumayan mengerutkan dahi karena entah kenapa radar IWB menemukan adanya kesibukan yang tidak biasa dipabrik AHM…

Yup….IWB mencium Honda BeAT 2021 terbaru cak. Setidaknya itulah dari terawangan IWB. Geliat ini sudah IWB pantau sejak beberapa waktu lalu dan kini arahnya mulai mengerucut. IWB sendiri mengerutkan dahi, kan baru kemarin dirilis yang all new yakni Januari 2020….terus iki Beat opo ?? apakah ada perbedaan dibandingkan gen sebelumnya ? apa yang AHM akan lakukan ?? soal ini memang perlu investigasi cukup dalam cak. IWB mencoba mencari beberapa clue dan petunjuk dan memang sepertinya bukan all new. Maksude?

Disinyalir New Beat ini arahnya lebih kepada penyegaran atau refreshment. Keyakinan ini diperkuat dari history dimasa lalu dimana AHM tidak pernah melakukan facelift hanya dalam rentang waktu satu tahun. Mulai dari 2008….sampai 2020 rata-rata per 2 hingga 3 tahun cak. Dengan kata lain, monggo sampeyan tunggu saja dalam beberapa minggu kedepan untuk menunggu Beat warna 2021. Iki analisa IWB, jadi bukan all new cak…..sekali lagi iki hanya analisa mengingat semua hanyalah terawangan. Namun bolehlah sampeyan tampung dan kita buktikan sama-sama. New Beat ?? semoga saja nggak meleset ki endusane cak…maklum era covid, angel cak angell tuturane hehehe…(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!