iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – The King is “memudar”….bosoooo opooo kuwiii wkwkwk. Tapi memang itulah yang sekarang disematkan pada Valentino Rossi, sang raja yang semakin sulit bersaing cak. Mungkin benar jika kita melihat hanya dari musim 2020-2021. Namun jika kita oprek lebih dalam soal sepak terjangnya di Motogp, The Doctor masih tak terkalahkan soal skill menyalip. Konfirmasi ini dilayangkan Motosan yang mencatat, record data Vale sebagai raja salip tidak mampu dikalahkan rider muda bahkan Marc Marquez sekalipun. Sik-sik…maksude piyeee kieee….

Valentino Rossi…selama karirnya di Motogp bukanlah rider yang cengeng kebingungan ketika start dari belakang. Rossi bukanlah rider yang berambisi mengejar pole position beda dengan rider sekarang. Opini berdasarkan data selama karirnya di Motogp dimana The Doctor justru banyak juara ketika doi start dibaris kedua ataupun ketiga. Kondisi yang tidak ditemukan pada mayoritas rider sekarang seperti Fabio Quartararo ataupun Marc Marquez dimana mereka menganggap pentingnya start dari posisi depan. Nggak heran sampai lahir device holeshot untuk memudahkan pembalap meraih ambisinya start didepan…..

Valentino Rossi, selama karirnya dikelas premier sejak tahun 2000 sudah mengoleksi podium sebanyak 199 kali. Yang mencengangkan, beda dengan para pembalap lain ternyata mayoritas podium tersebut tidak diraih dari baris depan atau pole position. Namun porsi podium tersebut justru diraih ketika Rossi start dari baris kedua atau ketiga. Tercatat ada 93 podium dari 199 yang dikoleksi diraih ketika Rossi start dari posisi belakang. Ini artinya 46,73% podium yang doi koleksi diraih dari start belakang…

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb
Gaya Rossi sering sliding ketika nyemplak RCV211v (990cc)

Yang kedua Marc Marquez. Dari data memang keduanya tidak bisa kita disandingkan secara head to head mengingat karir keduanya berbeda masa. Dari 9 tahun sepak terjangnya dikelas premier, Marc juga salah satu pembalap luar biasa yang mampu recovery dengan cepat ketika start dibelakang. Tapi tetap cak….data is data, jadi ora iso dibantah. Dan disini Marc mengoleksi 17 podium saat start dibaris kedua atau tiga dengan persentase lebih kecil dari Rossi karena mayoritas Marc selama karirnya selalu start didepan. Dan yang mencengangkan adalah Joan Mir….

Rider Suzuki ini walau tidak banyak podium selama karirnya di Motogp yakni total 10 podium namun Mir dianggap nempel ketat Marc soal ini. Apapun itu sebenarnya memang tidak banyak rider yang suka start dari belakang karena ini artinya mereka harus berjuang keras untuk bisa merangsek maju. Nggak heran pole atau start dibarisan depan menjadi target rider saat kualifikasi. Dan suka atau tidak soal ini Rossi masih dibelakang. Artinya apa ? Valentino Rossi masih jadi raja menyalip di Motogp !!! hayooo kate ngomong opo sampeyan xixixi….(iwb)

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!