iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….wisss angel tenan wisss, angelll lek ngene ikiii. Lhaaa piyeee…. Di saat IWB menerawang beberapa produk motor baru justru ilmu Lampah lumpuh malah tersesat pada roda empat. Sebuah Trawangan yang menyeret kita pada Bocoran terbaru dua kembar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Kedua low MPV yang seperti dilupakan padahal progres generasi terbaru sudah berjalan dengan sangat menyakinkan. Dan dari Trawangan IWB terbaru kita menemukan satu poin yang sangat menarik bahwa ternyata bahasa desain yang diusung oleh new Avanza dan Xenia nanti sudah lagi tidak membulat namun lebih mengkotak seperti keren mobil sekarang. Dan percaya atau tidak IPP juga menemukan indikasi Siluet yang sangat kuat bahwa muka dari low MPV ini akan memiliki kemiripan dengan Toyota Raize ataupun Rocky khususnya di area bumper depan. Waaahhhh……

Jika sampeyan mengikuti warung ini pasti tahu bahwa PT TAM serta ADM sedang menyiapkan generasi terbaru low MPV andalannya yakni duo kembar Avanza dan Xenia. Low MPV ini bahkan sudah berjalan progressnya sejak tahun lalu dan sekarang sudah sangat matang tanda produk tidak lama lagi dirilis. Untuk urusan design pastinya sulit ditembus karena seperti biasa setiap pabrikan selalu memproteksi dengan sangat ketat project produknya. Oleh karena itu IWB hanya mampu mendapatkan kisi-kisi yang mungkin bisa berguna buat sampeyan semuanya. Emang ada apa gerangan ??

Nahhh…. Dari update Trawangan IWB terbaru, bisa IWB pastikan bahwa bahasa design yang digunakan oleh Astra group baik PT TAM ataupun ADM terhadap new Avanza dan Xenia berubah. Low MPV ini tidak lagi cenderung membulat namun kini condong mengkotak seperti Toyota Raize serta Daihatsu Rocky. Setidaknya ketika kita lihat dari shape bumper depannya cak….asli mirip banget dengan Raize. Lek boso kerennya “plek ketiplek”. Mungkin akan ada sedikit sentuhan di bagian grill serta Fog lamp agar tidak terlalu identik. Sementara di bagian bumper belakang juga demikian…

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Walaupun sekilas memang tidak terlalu identik dengan Raize, namun tetap bahasa dan karakter design yang dimiliki new Avanza nanti juga cenderung mengkotak. Bisa saja shape nanti merupakan perkawinan antara Toyota Rush, currrent Avanza serta Raize. Dari sini IWB cukup yakin…. Soal design bisa kita katakan major change. Tujuan grup Astra jelas untuk menggoyang eksistensi XPander yang memang memiliki desain cukup futuristik di kelasnya. Mereka sepertinya paham bahwa konsumen sekarang lebih menyukai design kotak ketimbang membulat. Setidaknya itu yang IWB tangkap. Btw…piye soal dapur pacu ??

Nahhh…. Ini yang masih meragukan karena ada dua suara yang berkembang. Yang pertama generasi terbaru Avanza Xenia nanti bakal menggunakan basis engine dari Raize. Artinya terbuka menggunakan Penggerak depan atau FWD bukan lagi RWD. Konon isunya kenapa strategi ini ditempuh adalah untuk menekan biaya produksi. Dengan mesin yang sama digunakan untuk diversifikasi produk lain tentu akan menekan cost. Tapi yang patut diingat Raize serta Rocky sekarang hanya ada dua varian yakni 1,2 L serta 1 L turbo. Rasanya tidak logis jika sekelas MPV yang membutuhkan tenaga beringas sejak bawah akan menggunakan varian mesin ini. 7 seater pakde…ingat, iki mobil penumpang 7 lho….hanya 1,2L 3 silinder?

Tidak heran ada juga suara kedua yang masuk ke newsroom IWB bahwa mesin akan tetap RWD alias penggerak belakang. Basis mesin masih sama dengan sekarang namun dengan sedikit perombakan. Entahlah mana yang bener. Yang jelas…dari terawangan sementara khusus produksi Avanza versi Veloz akan dilakukan di PT TMMIN Karawang Plant. Estimasi jadwal masspro akan tetap dilakukan pada bulan September atau Oktober 2021. Artinya jika tidak meleset maka terbuka low MPV andalan grup Astra ini akan dirilis sekitar September 2021. Itulah update terawangan sementara IWB terhadap Avanza Xenia dengan kesimpulan bahwa….pendekatan design keduanya dari depan memiliki kemiripan dengan Raize. Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya…..hottt kieee (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!