iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Caakkk… Tahun 2021 menjadi tahun spesial cak bagi pabrikan garputala karena sejarah mencatatkan bahwa Yamaha sudah genap 60 tahun berkecimpung di ajang balap Grand Prix dunia. Yup sejak berdirinya Yamaha sekitar 66 tahun lalu motorsport telah menjadi bagian penting cak bagi Yamaha. Bahkan Yamaha langsung terjun balap cak ketika berumur 10 hari dengan motornya YA-1 untuk bersaing di gelaran ketiga Mount Fuji Ascent Race yang dihelat 10 Juli 1958. Nah, lalu seperti apa kisah selanjutnya dari pabrikan asal Jepang ini. wiss simak kisahne dibawah ini…

Perlu sampeyan ketahui, Yamaha menempuh jalan untuk memamerkan produknya yakni melalui ajang motorsport agar produk mereka bisa diketahui publik. Bahkan ketika itu cak, YA-1 yang baru saja dirilis mampu tampil mendominasi dan memenangkan debut balap perdananya….

” Yamaha YA-1…..”

Selain itu kangbro, Genichi Kawakami selaku presiden pertama Yamaha Motor mengungkapkan bahwa “Jika kamu akan melakukannya, cobalah menjadi yang terbaik”, lalu memberikan petuah bahwa memacu Yamaha untuk mejangkau dunia harus dengan Spirit of Challenge alias semangat menghadapi tantangan.

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Yups setelah menjalani balapan perdana di Catalina GP pada tahun 1958 di Amerika Serikat. Kompetisi berikutnya yang dijalani yakni Road Racing World Championship Grand Prix pada seri GP Prancis pada Mei 1961. Selang dua tahun setelah itu cak, pada tahun 1963 Yamaha memenangkan GP pertama di Grand Prix Belgia lewat pembalapnya Fumio Ito yang menggunakan motor RD56 untuk kelas 250cc….

” Yamaha RD56….”

Kemudian ditahun berikutnya, Yamaha untuk pertamakalinya berhasil meraih gelar juara rider dan konstruktor melalui pembalapnya Phil Read di kelas 250cc. Lalu Yamaha berhasil mengumpulkan 511 kemenangan dari tahun 1963 hingga 2020.

Selain itu cak, Yamaha Indonesia memaparkan bahwa “Yamaha Indonesia menyambut dengan bangga perjalanan 60 tahun Yamaha di balapan motor Grand Prix dunia. Motorsport sebagai DNA Yamaha, telah menginspirasi banyak kemenangan balapan yang dihasilkan dan hadirnya produk-produk sport unggulan, termasuk di Indonesia sendiri…

” Banyaknya penggemar Yamaha di seluruh dunia dan di Tanah Air pun ikut muncul karena kecintaan terhadap motorsport Yamaha. Sampai saat ini Yamaha selalu dikenal karena keunggulannya dalam persaingan di pentas balapan dunia,” ujar Antonius Widiantoro selaku Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manucfacturing (YIMM).

Last… Yamaha tidak hanya fokus untuk meraih kemenangan dalam Grand Prix namun Yamaha ikut aktif mendorong budaya motorsport dengan cara menjaga dan mendukung lingkup tersebut. Selain itu, Yamaha turut memberi perhatian kepada pembalap Grand Prix dan seluruh pembalap diseluruh dunia dengan memahami kebutuhan dan menciptakan teknologi untuk berkontribusi dalam menumbuhkan potensi mereka. Untuk menunjukan luasnya tantangan di dunia balapan kangbro, Yamaha mengembangkan teknologi baru dengan perantara racing dan menjadikan prioritas utama untuk mengambil hasilnya yang bermanfaat bagi versi produksi. Dengan panjangnya kiprah Yamaha di ajang balap Grand Prix, Yamaha mengumumkan pada Februari lalu bahwa mereka akan terus bersaing di MotoGP selama setengah dekade kedepan yakni 2022 hingga 2026. So…happy 60th GP Anniversary buat Yamaha…wisss tuwoo euy (RA iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!