iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…. Baru kemarin IWB tiba di Jakarta setelah 10 hari berada di kampung halaman. Judule refreshing cak, nengok orang tua kesayangan mumpung beliau-beliau masih sehat walafiat sehingga kita harus sempatkan waktu untuk sungkem karena setiap langkah kita tidak pernah lepas dari doa orang tua. Kuwiii penting cak….bukan buat IWB saja, tapi kita semua biar keberkahan selalu datang. Tak ajari iki cak ceritane hehehe. Nahh, yang IWB heran bin ngowoh saat mudik tersebut IWB melihat perkembangan populasi PCX yang nggilani tenan. Termasuk PCX160. Walau kabarnya inden masih mengular siapa menyangka porsi eksistensi dijalanan termasuk nyolok banget. Pertanyaannya…tanda opo ikiii ???

Jawa timur memang terkenal sebagai basis Honda. Namun bukan berarti provinsi ini hondaisme militan (boso opooo ikiii ?). Sebab tren market roda dua di sana juga mirip dengan banyak provinsi di Indonesia. Khususnya kota Tulungagung, kampung IWB yang merupakan sebuah kota kecil di sebelah Selatan Kediri. Ketika Yamaha Mio booming, kota Tulungagung juga menjadi basis populasi Mio yang luar biasa. Di tahun itu Honda beat tidak mampu memukul Mio secara instan. Dari informasi bapak IWB, pasar bekas Mio yang cukup tinggi membuat para konsumen enggan beralih ke Beat. Namun lambat laun, masyarakat di sana mulai bergeser setelah merasakan kenyamanan nunggang Honda beat….

Mesinnya lebih halus, digas dikit ngacir. Motornya juga nyaman kalau kena polisi tidur tidak terlalu ngocok perut…” seru bapak. Ternyata testimoni hampir tujuh tahun yang lalu tersebut menjadi tanda kebangkitan Honda beat di Jawa timur khususnya Tulungagung. Para konsumen mulai bergeser memborong Honda Beat. Terus apa hubungannya dengan PCX ? Polanya sangat mirip dengan Honda beat cak. Kedatangan generasi versi lokal pertama awalnya juga tidak terlalu di respon positif. Analisa ini berdasarkan jumlah populasi yang jomplang dibandingkan dengan rivalnya yakni Yamaha NMax….

iklan iwb

Ketika IWB mudik setahun yang lalu, komposisi maxi skuter di jalanan Tulungagung adalah 9:1….NMax 9 PCX 1. Waahhh, kok jauhhh benerrr. Emang bener cak, faktanya memang NMax sangat kokoh di sana. Lalu setengah tahun yang lalum mulai berubah, komposisi kedua Skutik tetap dikuasai Nmax 155 namun komposisinya sudah berubah menjadi tiga dibanding satu. Dari sini saja IWB sudah mengerutkan dahi, waahh kok makin banyakkkk yo PCX. Dan keterkejutan IWB berlanjut karena satu minggu lalu ketika mudik, komposisi di depan mata lalu lalang maxy skuter berbalik. Maksude ? sudah merangkak 2:1 PCX vs NMax. Whatttt ??? kok bisa yaaaa ?? Itupun Nmax yang menguasai jalan adalah versi lawas…..wahhhh?

Ketika IWB coba tanya ke bokap, apakah pemandangan di jalanan tulungagung bisa menjadi Representatif sesungguhnya populasi sang kuda besi ? ” Iyo….PCX makin banyak yang menyukai. Bisa dilihat di sekitar sini yang punya PCX berapa dan NMax berapa.…” seru bapak IWB. Waaahhh, PCX emang banyak cak. Bahkan di Tulungagung Honda PCX terbaru yakni PCX160 sudah digunakan untuk aktivitas harian buat belanja dagangan dll. Itu belum termasuk cewek-cewek yang banyak menggunakan motor empat katup Honda tersebut dan luput IWB jepret. Pemandangan ini tidak IWB temukan setahun yang lalu di mana populasi maxy di jalanan dikuasai oleh NMax. Sekarang ? kebalik cak…. PCX cenderung lebih banyak dibandingkan dengan NMax. So….tanda apa ini ? apakah sekuat itu Honda di Jawa timur?

Last….. Sulit memang untuk menyimpulkan karena selama ini kita hanya berpatokan dari pemandangan di depan mata. Maklum cak, akibat Diberangusnya data AISI penjualan, kita hanya bisa menganalisa berdasarkan populasi di jalan Raya. Ini adalah pemandangan di kampung halaman IWB Tulungagung Jawa timur. Tentu saja setiap kota berbeda dan artikel ini tidak bisa dijadikan acuan baku. Namun setidaknya dengan bergesernya tren motor disebuah kota tetap harus disikapi secara serius oleh pabrikan jika ingin tetap mempertahankan dominasinya. Karena suka atau tidak populasi tiap kota bisa jadi kanker yang menggerogoti pelan-pelan eksistensi produk tersebut seperti kasus Mio dimasa lalu. Btw…kalau kota sampeyan sendiri piye cak, apakah PCX juga mulai unjuk gigi ? monggo share infonya…..(iwb)

111 COMMENTS

  1. tanda arek jatim wes move-on soko cb herex nang pcx cak, gak usah kaget cak jatim iku lumbung terbesar honda

  2. Ko bauk sales jadi nya.. kurang edukasi.

    Apa pun produk Astra laku mas.. jadi jgn bingung lah..

    Cth.

    Mobil , Toyota , Daihatsu .. laku Krn ada astra

    Mobil Honda Senen Kemis penjualan cuma ngandalin Brio LCGC.. Mobilio ,Brv lihat diskon gede gedean Krn susah laku…

    Motor , Honda yg laku Krn ada astra…

    Mobil mewah , BMW vs Mercy ..

    BMW yg laku .. Krn ada Astra nya..

    Jadi yg banyak Fans nya Astra….

    • Motor honda laris manis tanjung kimpul.

      Salesnya tetep aja kebelinger. . . . ?????

      Pabrikan honda yamaha n suzuki ketawa bareng hahahahahahahahha???????

  3. Produk berteknologi tinggi yg Terjamin Kualitasnya pasti akan disukai masyarakat..jadi tidak perlu heran

    • Mueheheh masa? Gua pake cm sebentar dan gua menyesal beli produk cap sayap kualitas kek mocin ?

      • hahah mx king aja haus oli punya ane.. digroup juga bnyak yang bilang, sebutannya clan vampire oliee diasil silinder…. harus pke sae yang 10-40 dan itu baru 1-1500 km.. udah tidak menyentuh dipstik..

  4. Semua produk Astra selalu lebih laku dibandingkan kompetitor. Astra internasional, Astra Honda Motor yang terbaru paling moncer Astra Zeneca. Ratusan juta lakunya.

    • iyaaa bro amplop terus… sikat bro terus koar koar bro.. gue dukung loeeee… ga ada loeee ga rame group ini.. semangat broo..

  5. Yamaha (dan juga Suzuki) dealernya kebanyakan adalah bisnis keluarga) sehingga manuvernya sangat ketinggalan dan tidak tertata dengan jelas.

    Contohnya, meningkatkan penjualan dg cara buka showroom sampai malam..

    Helloww???

    • Iya bener analisamu Brow, gw baru ngeh setelah kerja di Kalimantan (Kalteng mutasi ke Kaltim dan skrng Kalbar)

  6. Artikel ini di sponsori oleh ngahaem ? amplup mana amplup nya… Jual harga diri demi amplup ?

    • Waahhh kalau ini sih udah bisa kena pasal UU ITE tentang pencemaran nama baik Pasal 27 ayat (3) dipidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau denda paling banyak Rp750.000.000,00 (tujuh ratus lima puluh juta rupiah).

      Jadilah netizen yg bijak jangan hanya karena jempol mu, sehingga kamu terpaksa merasakan nyamannya tidur diHotel Prodeo #CMIIW

      BTW kalau dapet duit 750jt mo beli apa ya? ?

      • LEBAYY…….

        KRN ARTIKEL NYA CUMA PAKE PERASAAN BUKAN PENELITIAN, MAKANYA BNYAK PENDAPAT YG MACAM2. SAMPEAN INI DIKIT2 LAPOR, DIKIT2 LAPOR, DASAR CEBONG. WKWKKQKKKWKWQK

  7. Jualan pakai cara-cara setan gak berkah deh, masa demi amplop rela dijadikan budak, mending contoh jualan nya yamaha yg berkah dunia akhirat ?

  8. Epbeyek dan salesnya kozel kozel, cupu nyerang personal yg punya warung, klo nmex laku ya bikin blog sendiri bikin artikel sendiri ttg yamalu, wkwkwk bocah bocah

  9. Populasi PCX meningkat resikonya populasi Vario dan adv makin burem /makin berkurang ???

    Ane orang Jatim liat di dealer Vario makin numpuk makin menurun penjualannya karena pada beralih ke PCX ??

  10. Lek2 ngetokno nk sampean ki sales ngahaem. Kan ono berita lianne seng luweh penting Lek. Jujur ae yo Lek aku ki wes bosen ndelok blogmu seng kyo ngene, aku ki ndisek seneng moco blogmu kro blog sebelah. Tpi saiki aku luweh seneng moco blog sebelah sebabe blog sebelah edukatif

    • kok sak pemikiran yo mas. jujur mbiyen seneng tenan moco blog e kang iwan. tapi makin kesini kok makin ngetoki banget nek lebih berat sebelah. jadi kesan ne wes ora netral mas. iki sekedar kritik yo cak iwan. ojo baper. meskipun sampean mikir e “ah wes ora ngaruh di tuduh berat sebelah, di tuduh ora netral. tapi tetep lo cak kabeh kui enek waktu ne. sampean saiki koyo lagi mbakar geni neng sekam cak. iki gor sekedar kritik wae cak aku sebagai pembaca blog e sampean.

    • Tak pikir yo mung Aq seng mbatin, ancen sales hon hon cak Iwan khi wes wes, penonton kecewa…

  11. Populasi Honda PCX160 ?nggilani? tenan di Jatim, tanda apa ini ??

    TANDA RACUN SAMPEYAN BENAR BENAR MUJARAB CAK…….! HI HI HI

  12. Itu nmax nya pas di rumah, krn ketemunya pcx ya motret pcx yg sama berkali kali. Cb aja cek gambar di atas. Jgn2 motretnya mbil nunggang nmax ??? pke kaos monster energy yamaha

  13. Trlepas comen apapun seseorang kenyataannya di jawa timur PCX160 memang sdh sngt bnyk populasinya klw diliat memang sexy saya aja jujur pngn minang tp trkendala istri marah ? karena bru ambil vario tahun lalu

  14. ITU Tulungagung Kang! Surabaya dan Sidoarjo masih dominan New Nmax Kang! Mungkin pengaruh inden!

  15. Pcx tarikannya memang jos cak apalagi yg 160 saya sudah coba sendiri cak dilalah tante kemaren baru reyen, btw saya dirumah pakainya nmax cak dan saya comparasi tuh keduanya, memang gak bisa bohong cak..tarikan pcx bisa dibilang lebih enak

  16. Bagus juga tuh ga ada motor nmax..dr bbrpa ratus kayaknya pcx smua tu.mantap..laris manis….

  17. bolehlah sampeyan kalau sekarang jadi sales / pembantu honda… semua sudah tahu sampeyan itu sales honda…. tp sg penting jualan secara berkah dan tidak memakai cara menjelekan kompetitor.. haram….

    • semangat terus bro.. biar ampau dapet dari yimm..

      ga ada loe ga rame di group ini..

      biar mas iwan dapet adsense dan trafficknya naik terus dan uang mengalir terus.

      semangat bro.

  18. Cak. q fbh, motor q cb150 karo vario, kluargaku kabeh motore honda. Kita puas karo produk honda. Tapi nek blog sampean isine ngene iki, q kok samar blog sampean d tinggalne… ?

  19. matic besar ini bung,, ADV dan Vario kalah pasar sama PCX,, sama – sama nyicil, mending ambil PCX

    itulah realita

  20. Yg pernah baca artikel di 7leopold7 pasti sudah tahu, kalau ada bloger yg rela jual harga diri demi amplop dan mau melakukan apa aja demi amplop

    H….suRAM

  21. matic besar ini bung,, ADV dan Vario kalah pasar sama PCX,, sama – sama nyicil, mending ambil PCX

    itulah realita

  22. Lama kelamaan julukan sales honda khususnya pcx terbukti benar adanya.. bahasnya jualan produk yg itu2 aja. Bloger sekelas iwb artikelnya ngga mutu blas…ngga seprti dulu2,kita penikmat otomotif yg ngga memandang produk tertentu,kita cm btuh informasi tntng otomotif bkn tentang jualan.jngn baper iwb krn pembaca iwb bkn melulu para sales yg debat komennya hny untk menyenangkn yg mmberinya sesuap nasi.

    • Btul artikel nya tidak seperti dulu yg penuh passion tp terselubung di sponsori oleh ngahaem… Semua sudah tahu… Cuihhh

      • Bisa bedakan ngga kata dengki dn masukan/kritikan..klo buat para sales munkin biasa aja artikel sprti ini tp klo buat pembaca yg hny penikmat brita otomotif jelas2 ini keberpihakan..seorang bloger harus fair dr segi brita..bloger otomotif yg dibahas ya otomotif bkn soal jualan.

  23. 4 valpe ..tarikan alus..mesin senyap… siapa yg gak tertarik… bodynya nggak lebay… pokoknya worted!

  24. 4 valpe ..tarikan alus..mesin senyap… siapa yg gak tertarik… bodynya nggak lebay… pokoknya worted!

  25. 4 valpe ..tarikan alus..mesin senyap… siapa yg gak tertarik… bodynya nggak lebay… pokoknya worted!

  26. Ambigu juga sih, mesin lebih halus dari mesin apa ni PCX?

    Kadang yg menerimo peryataan konsumen pun tak lantas mengkroscheck nya ke mesin apa yg lebih halus..

  27. Namanya juga sales bro, di forum pada ngeluh mesin kasar tapi kalo sales ya bilang nya alus ?

  28. Semakin lama perjalanan blog iwb semakin condong kearah pemujaan “Sayap Chiken’ Honda.

    Apapun akan dibikin artikel seandainya menguntungakan honda. Mulai dari motor level entri sampai MotoGP. Artikel brojol mengalir berjilid-jilid dengan tujuan penggiringan opini kalau produk merk Honda lebih segala-galanya dibandingkan dng merk kompititor [Kawasaki-Suzuki-Yamaha] serta menanamkan pemahaman dalam pikiran orang2 kalau orang2 yg milih produk merk Honda, merasa puas dng produk yg dibelinya.

    Cepat-lambat blog IWB akan seperti blog nya Mbah dukun INDOBIKERMAGS. COM yg ditinggal pembacanya.

    • kklo saya liat mas iwb netral,,,ngak bisa disamain mbah dukun yg tendensius

      bukannya membela tp anda mungkin terlalu baper,,?

  29. brarti harusnya populasi di tulungagung cak. buka jatim cak.. soalnya cak iwan ga share data populasi jatim. cuma yg keliatan di tulungagung..

    CMIIW

  30. Saya sudah 12 tahun hidup di jalan naek sepeda motor.. populasi nmax tetap jauh lebih banyak.. kalau memang sudah seimbang seharusnya kelihatan ada PCX 160 yang banyak..tapi sampai sekarang hanya 1-2 biji.. dibandingkan nmax yang sudah seperti matic biasa populasinya..di lampu merah kelihatan adanya cuman nmax..saya Jawa timur juga loh..motor saya Suzuki..ini hanya menyampaikan kenyataan di lapangan yang saya lihat..tidak membela merk..

Comments are closed.