iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…. Baru kemarin IWB tiba di Jakarta setelah 10 hari berada di kampung halaman. Judule refreshing cak, nengok orang tua kesayangan mumpung beliau-beliau masih sehat walafiat sehingga kita harus sempatkan waktu untuk sungkem karena setiap langkah kita tidak pernah lepas dari doa orang tua. Kuwiii penting cak….bukan buat IWB saja, tapi kita semua biar keberkahan selalu datang. Tak ajari iki cak ceritane hehehe. Nahh, yang IWB heran bin ngowoh saat mudik tersebut IWB melihat perkembangan populasi PCX yang nggilani tenan. Termasuk PCX160. Walau kabarnya inden masih mengular siapa menyangka porsi eksistensi dijalanan termasuk nyolok banget. Pertanyaannya…tanda opo ikiii ???

Jawa timur memang terkenal sebagai basis Honda. Namun bukan berarti provinsi ini hondaisme militan (boso opooo ikiii 😂). Sebab tren market roda dua di sana juga mirip dengan banyak provinsi di Indonesia. Khususnya kota Tulungagung, kampung IWB yang merupakan sebuah kota kecil di sebelah Selatan Kediri. Ketika Yamaha Mio booming, kota Tulungagung juga menjadi basis populasi Mio yang luar biasa. Di tahun itu Honda beat tidak mampu memukul Mio secara instan. Dari informasi bapak IWB, pasar bekas Mio yang cukup tinggi membuat para konsumen enggan beralih ke Beat. Namun lambat laun, masyarakat di sana mulai bergeser setelah merasakan kenyamanan nunggang Honda beat….

Mesinnya lebih halus, digas dikit ngacir. Motornya juga nyaman kalau kena polisi tidur tidak terlalu ngocok perut…” seru bapak. Ternyata testimoni hampir tujuh tahun yang lalu tersebut menjadi tanda kebangkitan Honda beat di Jawa timur khususnya Tulungagung. Para konsumen mulai bergeser memborong Honda Beat. Terus apa hubungannya dengan PCX ? Polanya sangat mirip dengan Honda beat cak. Kedatangan generasi versi lokal pertama awalnya juga tidak terlalu di respon positif. Analisa ini berdasarkan jumlah populasi yang jomplang dibandingkan dengan rivalnya yakni Yamaha NMax….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Ketika IWB mudik setahun yang lalu, komposisi maxi skuter di jalanan Tulungagung adalah 9:1….NMax 9 PCX 1. Waahhh, kok jauhhh benerrr. Emang bener cak, faktanya memang NMax sangat kokoh di sana. Lalu setengah tahun yang lalum mulai berubah, komposisi kedua Skutik tetap dikuasai Nmax 155 namun komposisinya sudah berubah menjadi tiga dibanding satu. Dari sini saja IWB sudah mengerutkan dahi, waahh kok makin banyakkkk yo PCX. Dan keterkejutan IWB berlanjut karena satu minggu lalu ketika mudik, komposisi di depan mata lalu lalang maxy skuter berbalik. Maksude ? sudah merangkak 2:1 PCX vs NMax. Whatttt ??😱 kok bisa yaaaa ?? Itupun Nmax yang menguasai jalan adalah versi lawas…..wahhhh😳

Ketika IWB coba tanya ke bokap, apakah pemandangan di jalanan tulungagung bisa menjadi Representatif sesungguhnya populasi sang kuda besi ? ” Iyo….PCX makin banyak yang menyukai. Bisa dilihat di sekitar sini yang punya PCX berapa dan NMax berapa.…” seru bapak IWB. Waaahhh, PCX emang banyak cak. Bahkan di Tulungagung Honda PCX terbaru yakni PCX160 sudah digunakan untuk aktivitas harian buat belanja dagangan dll. Itu belum termasuk cewek-cewek yang banyak menggunakan motor empat katup Honda tersebut dan luput IWB jepret. Pemandangan ini tidak IWB temukan setahun yang lalu di mana populasi maxy di jalanan dikuasai oleh NMax. Sekarang ? kebalik cak…. PCX cenderung lebih banyak dibandingkan dengan NMax. So….tanda apa ini ? apakah sekuat itu Honda di Jawa timur?

Last….. Sulit memang untuk menyimpulkan karena selama ini kita hanya berpatokan dari pemandangan di depan mata. Maklum cak, akibat Diberangusnya data AISI penjualan, kita hanya bisa menganalisa berdasarkan populasi di jalan Raya. Ini adalah pemandangan di kampung halaman IWB Tulungagung Jawa timur. Tentu saja setiap kota berbeda dan artikel ini tidak bisa dijadikan acuan baku. Namun setidaknya dengan bergesernya tren motor disebuah kota tetap harus disikapi secara serius oleh pabrikan jika ingin tetap mempertahankan dominasinya. Karena suka atau tidak populasi tiap kota bisa jadi kanker yang menggerogoti pelan-pelan eksistensi produk tersebut seperti kasus Mio dimasa lalu. Btw…kalau kota sampeyan sendiri piye cak, apakah PCX juga mulai unjuk gigi ? monggo share infonya…..(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!