Iwanbanaran.com – Caakkk… Suzuki baru saja memboyong hyperbike bongsornya yakni Hayabusa generasi terbaru untuk pasar Filipina. Nah Hayabusa gen tiga ini mengawali debutnya dipasar global pada pekan awal Februari lalu pakde. Lalu infone cak, Suzuki akan memproduksi lokal Hayabusa di pabriknya yang bermarkas di India dengan beberapa part yang didatangkan dari Jepang langsung. Yup dengan diketahuinya Hayabusa memasuki Asia Tenggara, kira-kira kapan yo cak jagoan Suzuki ini ketanah air?

Suzuki memboyong motor ini untuk publik Filipina akhir Juni lalu. Dengan generasi terbaru ini, Suzuki masih tetap membenamkan desain khas Hayabusa dengan dimensi gambot dan tarikan garis yang lebih condong membulat. Meskipun demikian pakde, untuk beberapa sektor body dibuat sedikit lebih tajam agar terlihat lancip dan sporty tanpa meninggalkan karakter desain khas Hayabusa. Selain itu, tampilan fascia depan pun tampil lebih modern dengan headlamp meruncing yang dikombinasikan dengan winshield berdesain menyudut disetiap sisinya.

Yups untuk bagian mesin, Suzuki membenamkan mesin 4 stroke 4 silinder segaris DOHC berkubikasi 1.340cc dengan sistem pendinginan cairan. Dengan spek mesin tersebut, motor ini mampu memuntahkan tenaga hingga 187 Hp di 9.700 Rpm dan torsi maksimal diangka 150 Nm di 7.000 Rpm. Selain itu cak, motor ini dibekali dengan tangki bahan bakar yang mampu menampung 20 liter bensin. Kemudian untuk area kaki-kaki mengusung suspensi depan USD dari KYB dan monoshock untuk roda belakang yang dilengkapi dengan settingan semi-elektronik. Nah Suzuki memberikan label pada suspensi tersebut dengan sebutan Suzuki Intelligent Ride System (SIRS).

iklan iwb

Last… Beberapa fitur elektronik sudah menjadi standar cak di Hayabusa generasi terbaru ini seperti ride-by-wire throttle, traction control, wheel lift control, engine braking, dan riding mode. Sedangkan menurut berita yang beredar, Suzuki Hayabusa untuk pasar Filipina dijual dengan banderol PHP 1.088 juta atau jika dirupiahkan sekitar 325 jutaan. Sedangkan untuk varian warnanya sendiri cak, Suzuki menawarkan tiga pilihan warna yakni Glass Sparkle Black with Candy Burnt Gold, Metallic Matte Sword Silver with Candy Daring Red, dan Pearl Brilliant White with Metallic Matte Stellar Blue. Terus Indonesia kapan ? nahh ini masalahnya cak. Sejauh ini belum ada indikasi PT SIS akan membawa gen baru ini ke tanah air. Jadi monggo bersabar wae…sabar subur pakdeeee (RA iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

3 COMMENTS

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama