iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkk….ora nyongko cak, diam-diam ternyata pabrikan garputala menggebrak dunia lewat generasi terbaru varian sport retro dengan label FX-X. Yamaha berhasil mengejutkan publik karena ternyata basis desain yang diusung merupakan pengembangan dari produk yang sudah eksis yakni Byson aka FZ16. Diberi label FZ-X, inilah detil yang bisa IWB beberkan kesampeyan semua berikut ini….

Official per kemarin Yamaha India secara resmi meluncurkan produk baru untuk memperkuat line up mereka di motor sport. Motor tersebut berbeda dari beberapa line-up sebelumnya karena mengusung model retro layaknya XSR series. Namun yang unik ternyata Yamaha mengembangkan dari basis sport yang sudah eksis yakni Yamaha FZ16 atau lebih kita kenal sebagai label Byson di tanah air….

Secara umum desain motor ini memang cukup unik karena seperti gado-gado. Soul Byson masih sangat kuat namun desainer berusaha keras untuk mencangkokan beberapa komponen retro yang terinspirasi dari XSR family. Sampeyan lihat saja lampu bulat dengan DRL melingkar. Lalu di area Fender depan ada semacam center braket berbahan almu yang merupakan desain XSR. Tidak hanya itu bahkan knalpot pun dibentuk bulat dengan harapan memiliki soul retro yang cukup kental. Kemudian di bagian suspensi depan Yamaha juga menjejali cover rubber atau penutup inner tube. Secara umum desainnya memang terkesan maksa walaupun kita tetap harus berikan apresiasi. Btw piye dari sisi engine?

iklan iwb

Untuk sektor dapur pacu motor ini masih mengusung mesin yang sama dengan Byson yakni SOHC 2 katup dengan kubikasi murni 149cc air cooled 5 speed yang mampu memuntahkan tenaga hingga 12,2 bhp di 7250 RPM serta torsi pada kisaran 13,6 nm di 5500 RPM. Mesin ini memang identik dengan versi FZ16 dan ini terlihat dari crankcase engine yang diusung. Termasuk frame atau rangka yang masih menganut model berlian atau Diamond serta footstep belakang model pipa yang betul-betul memang identik dengan FZ16. Secara umum….lumayanlah…

Last…Yamaha menjual FZ-X dengan 3 pilihan warna yakni Matt copper, metallic blue dan matte black. Motor Retro berbasis Byson ini diperkenalkan dengan dua tipe yakni versi standar dengan bandrol di angka 117.000 rupe atau setara dengan 22,8 jutaan…. dan satunya adalah versi Y- Connect dengan harga 120.000 rupe atau jika kita konversi kerupiah jatuhnya adalah 23,4 jutaan. Yahhh… sebuah usaha yang patut kita Berikan acungan jempol buat pabrikan India walaupun secara pribadi tidak IWB sarankan buat YIMM membawa motor ini ke tanah air ketimbang malah bikin lelah mereka sendiri nantinya. Lhaaa piyee cak…bagus sih cuma rasane kaku wae lekuk-lekuknya….iki opini pribadi. Nah…kalau menurut sampeyan piye piye, juozz oraa ? Monggo berikan opini dan komennya….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!