iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk……asli IWB terbengong bin doweh saat mendapatkan informasi dari salah satu dealer terbesar Jabodetabek yakni Yamaha SBW bahwa mereka mendapatkan kiriman Yamaha Byson versi terbaru. Versi yang disebut sebagai warna paling update yakni 2021 walaupun status barang kita belum tahu. Namun yang jelas, Yamaha Byson injeksi ternyata masih tetap produksi kendati dalam jumlah yang sangat terbatas. Dan setelah IWB lihat, lhoooo kokk???

Cakep cak….betul, sosoknya terlihat cakep dengan balutan warna merah doff yang dikombinasikan striping minimalis. Yup…. inilah Yamaha Byson Fi 2021 yang menjadi salah satu produk andalan Yamaha di masa lalu. Motor yang pertama kali diluncurkan tahun 2010 dan berhasil mencabik-cabik rasa ego IWB yang selalu fokus pada performa…. namun pada Byson tersebut tidak. Karena kepincut dengan desain yang begitu gagah dan macho motor ini menjadi salah satu tunggangan yang tetap ada sampai sekarang. Kenapa awet bener ? apakah nggak berniat dijual ??

Karena harga jual yang jatuh serta nilai history sikebo BYson Blue Angel yang tidak akan tergantikan oleh nilai uang apapun. Sayang…. setelah itu lahir versi injeksi di tahun 2015,  ternyata itulah detik-detik eksistensi sikepo Byson terancam. Walaupun Yamaha sudah melakukan improvisasi dari sektor engine dengan hadirnya Eco Riding termasuk pengabut bahan bakar injeksi, hanya gara-gara desain motor ini yang dikatakan terlalu India, Byson FI cukup sulit bersaing di pasar…

iklan iwb

Di website resmi Yamaha sendiri sebenarnya memang masih tertera jelas bawa motor ini tetap dipasarkan. Tapi karena sangat sulit mendapatkan atau melihat motor ini di jalanan bahkan di dealer sekalipun, IWB pun berpikir…wahhh kayaknya udah discontinue kieee.  Sebelum pada akhirnya ternyata tebakan kita tersebut tidak terbukti. Setidaknya dengan artikel ini maka sampeyan bakal menemukan sosok dari Byson Fi 2021. Sebuah generasi yang memang masih tetap dipasarkan walau jumlahnya sangat terbatas akibat produksi yang tidak banyak…

Secara garis besar cak, kombinasi warna versi terbaru ini cukup apik karena Yamaha memainkan perannya dengan memberikan sentuhan red matt. Warna merah ini melaburi seluruh body baik Fender, janggut headlamp, tangki hingga buritan. Untuk headlamp memang merupakan kombinasi dual tone color di mana bagian atas dipertahankan warna hitam sementara bagian bawah merah marun. Lalu di bagian samping tangki kita akan menemukan tulisan Byson yang sangat khas dengan kombinasi warna hitam serta stroke putih….

Lalu di area shroud, mengadopsi warna black matte Yamaha memberikan sedikit coretan striping di bagian pangkal atas. Tidak lupa di bagian punggung juga dibenamkan stiker logo Byson. Dari informasi yang IWB terima Byson ini memiliki 3 warna pilihan yakni matte red, matte brown dan matte grey. Btw… untuk dapur pacu masih Sami mawon di mana motor ini mengandalkan mesin SOHC 2 katup yang mampu memuntahkan tenaga hingga 13 PS pada 8000 RPM serta 12,[email protected] Motor ini memang lebih fokus pada kenyamanan riding bukan untuk geber-geberan…

Last…. status motor yang IWB foto ini konon dikatakan NIK 2020. Walaupun memiliki tiga warna namun karena unitnya cukup terbatas….kebetulan hanya warna merah yang diterima oleh dealer Yamaha SBW dari Yamaha pusat. Untuk harga sendiri masih tetap dipatok di angka 22,9 jutaan on the road Jakarta. Apakah ada diskon khusus untuk NIK 2020 ? IWB nggak tahu Jadi kalau memang sampeyan tertarik Monggo kontak saja ke @Yamaha_SBW untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Oh ya…. untuk menjawab rasa penasaran IWB sudah siapkan video lengkap serta foto sosok sikebo Byson warna merah versi 2021. So….new Byson FI ? Asli cak…IWB nggak nyangka ternyata produksi masih jalan walaupun populasinya sangat sedikit. Ini sih menolak punah beneran. Menurut sampeyan apa sih yang membuat motor ini susah bersaing dipasar ? monggo berikan opininya…gazzz (iwb)

Youtube review

Mesin
TIPE MESINAir cooled 4-stroke, SOHC
JUMLAH / POSISI SILINDERSingle cylinder / Tegak
DIAMETER X LANGKAH57,3 x 57,9 mm
PERBANDINGAN KOMPRESI9,5 : 1
DAYA MAKSIMUM9.61 kW / 8000 rpm
TORSI MAKSIMUM12.98 Nm / 6000 rpm
SISTEM STARTERElektrik starter & Kickstarter
SISTEM PELUMASANBasah
KAPASITAS OLI MESINTotal = 1,25 L ; Berkala = 1,00 L ; Ganti filter oli = 1,10 L
SISTEM BAHAN BAKARFuel Injection
TIPE KOPLINGBasah, Kopling manual , Multiplat
TIPE TRANSMISIConstant mesh, 5-kecepatan
Dimensi
P X L X T1990mm X 780mm X 1045mm
JARAK SUMBU RODA1340mm
JARAK TERENDAH KE TANAH170mm
TINGGI TEMPAT DUDUK790mm
BERAT ISI133 kg
KAPASITAS TANGKI BENSIN12,0 L
Rangka
SUSPENSI DEPANTeleskopik
SUSPENSI BELAKANGSwingarm
BAN DEPAN100/80-17M/C
BAN BELAKANG130/70-17M/C
REM DEPANSingle disc brake
REM BELAKANGDrum brake
TIPE RANGKADiamond
Kelistrikan
SISTEM PENGAPIANTCI
BATTERYGTZ4V / YTZ4V
TIPE BUSINGK/CPR8EA-9
iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!