iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…Miguel Oliveira (Redbull KTM Factory Team) berhasil memenangkan balapan MotoGP Catalunya, Barcelona. Peningkatan yang cukup drastis telah ia tunjukkan dalam dua balapan terakhir. Namun disana ada salah satu wajah yang begitu tegang memperhatikan detik-detik kemenangan KTM di Catalunya. Siapa doi ? siapa lagi kalau bukan Dani Pedrosa…..tangan dingin yang membuat mesin RC16 berubah menjadi mesin brutal tak terkalahkan di Barcelona. Dan inilah detik-detik wajah tegang Dani Pedrosa di Catalunya….

Pabrikan Austria, KTM memulai musim 2021 dengan berjuang habis habisan untuk menemukan feeling terbaik terhadap pembalapnya. Yupss cakkk dalam lima seri awal musim ini, KTM yang musim lalu telah menunjukkan kecepatannya justru tampil diluar harapan karena belum mencetak podium dan capaian terbaik mereka hanya mentok diposisi ke lima.

Namun, pada seri kelima Mugello, Italia. Kedua pembalap pabrikan KTM mendapatkan update sasis baru Miguel Oliveira langsung klop dengan RC-16nya dan sukses mengemas podium kedua cakkk. Sementara rekan satu tim Oliveira, Brad Binder masih belum menentukan kepercayaan diri yang tinggi terhadap update baru tersebut.

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Kemudian di seri Catalunya kemarin, Miguel Oliveira benar benar menunjukkan bahwa doi mampu membuktikan diri bahwa KTM telah kompetitif setelah lepas dari hak istimewa bin Konsensi diakhir musim 2020.

Oliveira yang Memulai balapan dari posisi keempat langsung naik dua posisi di lap pertama, kemudian memasuki lap ketiga ia dengan mudah mengovertake Jack Miller (Ducati Lenovo Team) yang saat itu memimpin balapan.

Oliveira mulai menjaga ritme balapnya sejak lap ketiga, tiba dilap kesepuluh doi mulai mendapat serangan dari Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) dan ia sempat terovertake. Namun dengan sigap ia kembali merebut posisi pertama.

Setelah itu ia terus berupaya keras untuk mencetak gap dari posisi kedua, balapan yang berlangsung selama 24 lap tersebut akhirnya sukses dilalui Oliveira dan berbuah manis dengan Kemenangan perdananya musim ini plus untuk pabrikan KTM.

Pembalap asal Portugal tersebut menceritakan bagaimana susahnya membalap di Catalunya kepada crash.net

“Dari sudut pandangku, sulit untuk memahami apa yang telah terjadi di belakangku. Pada awalnya aku tahu ada beberapa perubahan posisi, ketika ditempat kedua aku mendapatkan celah kecil yang membuatku merasa nyaman dan aku bisa menjaga ban dengan smooth juga aku bisa melakukan balapan dengan baik tanpa melakukan kesalahan,”

“Kupikir itu adalah kunci untuk bisa finis diposisi pertama. Balapan cukup sulit untuk semua pembalap tetapi bagiku, aku menganggapnya ekstra keras karena aku memilih ban depan Hard dan di delapan lap terakhir, terasa sulit untuk tetap bertahan di motor agar tidak terjatuh…

“Awal dari kecepatan balapanku berjalan baik dan sesuai dengan yang kami harapkan. Kami juga berharap Fabio tidak lebih cepat dan jika ia memimpin balapan lebih awal maka, mungkin balapan akan lebih sulit,”

“Jadi ketika ia menyalipku, aku melihat kesempatan untuk tetap bertahan bersamanya dan mungkin sedikit mengganggunya, kemudian aku berhasil melakukannya dan memimpin balapan hingga finish,” tutup Oliveira. Dan hasil akhir ? welldone !!! Tapi apakah itu semua hanya karena rider dan motor ?

Tentu tidak !! namun ada tangan dingin dibelakangnya yakni Dani Pedrosa. Yup…Dani begitu tegang memantau dari layar monitor detik-detik Oliviera finish pertama. Pedrosa yang memiliki pengalaman luar biasa di mesin V4 sudah tahu sebelumnya bahwa KTM memiliki potensi menang. Kenapa ? karena mesin ini kencang dan powerfull. So…kuncinya adalah….handling masuk dan keluar tikungan, termasuk keluar tikungan plus manajemen ban. Dilalah….Dani mampu membuat mesin RC16 makin bersahabat dan tidak underster. Hasilnya ? terbukti sudah…

Last…Dani Pedrosa adalah pembalap yang precise. Sepak terjangnya di Honda sebenarnya juga sangat baik namun rider mungil ini seperti dikutuk. Susah meraih juara dunia disaat kecepatannya tidak diragukan. Pengembangan RC dimasa lalu juga banyak mendapatkan masukan dari Dani sebelum Marc Marquez gabung dan merubah Honda jadi mesin liar. Celakanya lagi, Alberto Puig yang menggantikan Suppo sebagai Manajer HRC Motogp kurang menyukai Dani sehingga pembalap luar biasa ini ditendang. Disinilah KTM jeli langsung menarik Dani jadi test rider dengan hasil yang sampeyan bisa lihat hingga sekarang. So…welldone Dani-KTM !! (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

44 COMMENTS

  1. ekekekeekek

    Mak makues pernah berujar

    dia berawsia pindah pabrikan jika Dani Sukses ngembangin KTM

    nah loh

    H suuuuuuRrrrrAM

    muehehehehe

  2. ekekekekekek

    beberapa pabrikan tersenyum balapan di catalan tapi

    balapan di Catalan ada yg menyisakan duka

    Tim Resol ( Spanyol) Pembalap ( Spanyol) harus menelan ke maluan luar bisa menjadi sejarah satu satunya gagal finish memalukan di kandang sendiri catalan ( area spanyol)

    H suuuRrrAM

    mueheheheh

  3. ekeekkekeke

    Disinyalir Resol rebul mulai goyah setelah Hasil memalukan di GP Catalan ( Area Spanyol)

    H suuuuuuRrrrrAM

    muehehehe

    • Cak haji pinter banget diksi n frase nya, sehingga kabar berita itu seolah bukan sesuatu yang Men93rikan

  4. ekekekekej

    kalau Dani bisa merubah KTM jadi friendly

    kenapa Dani gak bisa merubah Rcveleng jadi Bisa belok

    Fix bearti yg bu bu bu suk ndaHON

    H suuuRrrrrAM

    muehehehehe

  5. honda dri dlu kan memang begitu, bobrok manajemen manusianya

    rossi pahlawan mereka di era akhir 2 tak dan awal 4 tak aja di depak aplg pedrosa

    lupa daratan mereka ketika marc juara berkali kali itu bukan krna motornya tapi krna kemampuan marc itu sendiri, skrg marc pengkor maka pengkor jg performa honda di motogp

    alex marquez yg menolong wajah honda musim lalu dari hampir tidak meraih podium pun di depak ke satelit, mereka malah lebih memilih pol lebih memilih ngulang lgi ngajarin org baru dri awal

    skrg ketika ace rider mereka cedera bru mereka sadar apa yg org² katakan kemarin bahwa mereka terlalu marc sentris itu benar adanya

    emang bobrok man mangement di honda. bagus aja sih pedrosa bisa punya andil membuat performa ktm semakin mantap, biar sadar org² di honda itu

    • ekekekekek

      yg jelas

      Produk dr Prototype sampai massallanya

      bo bo bo soukkkkkkk

      kalau menang yg disorot motornya, kalau kalah yg ddisalahkan manusia pembalapnya

      ndaHON bisa juara pakai embel embel syarat dan ketentuan curang oprex regulasi mewek ngancam

      H suuuuuuRrrrrAM

      muehehehehhe

  6. ekekekekejke

    wajah mbekkHa langsung Hadap tembok

    sambil bilang ” AKUSiapa “

    H suuuuuRrrrrAM

    muehehehehehhe

  7. Pol zonk pindah ke honda. Dlu sesumbar bakal lbh baik dari lorenzo eh dia nya juga hobi nyari akik. Terus sekarang pabrikan yg dia tinggalin bisa juara seri 😂😂😂 dalam benak nya “andai saja aku tidak pindah pabrikan waktu itu”

  8. Aku tipe orang yang tak percaya bahwa seorang rider bisa meracik mesin. Test rider hanya berfungsi memberi masukan. Para teknisi atau insinyur pabrikanlah yang meracik mesin. So,terlalu menganggap test rider seorang pahlawan,menurutku berlebihan. Para insinyur pabrikan lah yang perlu di apresiasi.

    • Test Rider adlh pemberi input sbg materi utk dievaluasi para insinyur. Tanpa info dr test rider maka para insinyur gak punya bahan utk diteliti/dikembangkan.

      Ibarat uji coba obat tanpa kelinci percobaan.

    • intinya kolaborasi, input rider itu penting gak usah jauh2 after-before dani di ktm saja sudah terasa bedanya kok, dari yang sebelumnya barisan belakang perlahan bisa bertarung di barisan depan. Kenapa yang di sorot pembalapnya bukan teknisi/insinyurnya ? ya karena impresi motor yang merasakan pembalapnya , teknisi yang men sett dan insinyur yang meracik secara detail, masa wartawan nanya impresi berkendara ke teknisi/isinyur, ya gak mungkin.

    • Jangan remehkan seorang tes rider apalagi yang sudah memahami seluk beluk sebuah perkembangan suatu motor motogp. Bahkan memakai konfigurasi mesin sama,input dan bocoran akan ada. Ibaratnya dia bisa memberi tahu insinyur…klo motor yang dulu..di rpm segini akselerasi bisa segini, pengereman bisa dgn jarak segini,habis ngerem motor bisa digas segini. Ehhhh …😂

    • Gampang aja, lu bisa lahir jadi orok yang buat ibumu, bapakmu tidak bisa buat orok, tapi Tanpa andil bapakmu ya mana bisa lairan kamu

    • Gini iya mas Sigit

      Mas punya motor drmh, kalo ada masalh mas bawa kebengkel resmi Honda,atau Yamaha ato Suzuki ato apalah merek motor mas. Mereka benerintuh motor sm montirnya.

      Nah nti pada saat montir briefing sm kpl montir, disampein tuh setiap aktivitas mereka.

      Nah kpl montir meeting lg ke atasannya, disampein

      lg tuh setiap aktivitas yg sdh diselesaikn. Begitu seterusnya sampe ke meja pabrikasi.

      Akhirnya dapatlah upgrade motor setiap tahun.

      Makanya pabrikan bikin tim r&d.

      Nah disini mas Sigit perannya termasuk sebagai pebalap,tes penguji jg rider krn turut memberi input data. Makanya mas jgn balap di jalanan, kalo ngak punya wearpack nti tangan dan tulang mu bisa protol😂😂😂

  9. DP mutiara yang dibuang oleh puig, gmana dgn hrc dia slalu bisa bersaing ditop 5 kini bantu KTM jadi saingan utama honda dimotogp.

  10. Aneh..baru nangkring sekali 2 kali…udah pada hasut….

    Honda yg bekali kali juara d salahin….aneh orang orang sini….

    • Itulah..seribu kebaikan tdak berarti ketika 1 keburukan muncul…

      1+1=2

      2+2=4

      3+3=6

      Ketika ;

      4+4=9 — orang akan tereak ; ” begooooo..!”

      3 soal yg benar tak ada pujiann

  11. Dari dulu gue salut sama Dani Pedrosa.

    Tubuh mungil nan lincah perawakan calm.

    Andaikan Pedrosa punya postur tubuh 170cm aj pasti lbh gahar lagi di MotoGP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here