iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk……Honda memang sedang berjuang keras untuk menyelesaikan masalah mereka atas lemahnya traksi ban belakang. Entry corner yang kurang stabil serta akselerasi keluar tikungan yang tertinggal dari para rival. Nggak heran test Catalunya menjadi moment yang luar biasa bagi Marc sebab untuk pertama kalinya doi turun ke trek selama 87 putaran. Ediann banyak kiee cak. Lemes dong ? pastinya. Dilalah satu poin yang menyita perhatian kita adalah…air box atau ram air fairing RC213V saat test. Kok mirip Yamaha M1 yo cak ?

Komen tersebut dilontarkan netizen pasca Marc jajal beberapa desain fairing RC213V. Fairing ini memang masih dalam tahap testing cak…alias belum fix akan digunakan Honda pada next race. Fairing dengan ram air vertikal bukan horizontal seperti lazimnya RC213V 2021….

“Di sisi akselerasi kami tidak bisa mendapatkan grip dan di tikungan kami tidak bisa menghentikan motor karena ban belakang juga tidak memiliki grip. Jadi ada dua masalah yang berbeda, di dua area yang berbeda, tapi aku pikir solusinya berjalan dengan cara yang sama….” serunya….

iklan iwb

Juara dunia delapan kali ini mengaku lemah pasca test Catalunya. Namun ada tanda positif bagi kemajuan fisiknya yang mampu mencatatkan 87 putaran pada hari Senin. Yup…Marquez menghabiskan waktunya untuk mencoba melakukan ‘perubahan besar’ pada motornya termasuk aerodinamika baru. Kendati sangat kelelahan Marc mengaku bahwa ini sangat penting….

” Aku rasa ini akan penting untuk masa depan tim. Kami bekerja bukan pada perubahan kecil saja seperti setingan dll. Namun test ini merupakan perubahan besar….setiap kali aku keluar trek, kami mencoba memahami arah, mencoba memahami apa masalahnya. Dan ternyata aku bisa membalap dengan cara yang lebih baik  dibandingkan balapan akhir pekan kemarin so….ini positif…” tambah Marc. Untuk fairing, Honda juga jajal desain baru dengan airduct vertikal seperti shape M1. Apa kata Marc soal ini ?

“Kami mencoba banyak hal….seperti yang kamu lihat, motor fairing berwarna hitam. Itu adalah perubahan besar tetapi ini bukan prototipe [2022], maksudku motor ini masih sangat mirip dengan apa yang aku kendarai sekarang. Mesin dan semuanya sama persis. Hanya beberapa perbedaan, balancing motor, di sanalah kami mencoba memahami beberapa konsep untuk masa depan. Kita harapkan dengan ini kami akan punya waktu untuk bekerja lebih pada tes berikutnya di Misano….

“ Salah satu yang kami kerjakan adalah paket aerodinamika, karena kami masih punya satu kesempatan untuk homologasi. Sejujurnya, mungkin kami merasakan perbedaan kecil dan akan mencoba untuk memiliki dua paket berbeda untuk dua sirkuit dan mungkin dalam hal ini kami akan melakukan homologasi sayap berbeda yang dapat membantu motor sedikit lebih kencang disirkuit beda karakter...” tutup Marc…

Last….Alberto Puig (Bos HRC) memastikan bahwa Honda akan berjuang keras untuk kembali. HRC 100 % mendukung pembalap dan tim memecahkan masalah tanpa kenal lelah. ” Dari sudut pandang performa, tidak ada poin positif yang bisa ditemukan. Yang bisa kami katakan adalah HRC dan tim 100% berinvestasi dalam memecahkan masalah ini dan mencoba menemukan serta menciptakan solusi untuk pembalap kami. Honda HRC tidak pernah mencari alasan. Ada masalah, kami harus menyelesaikannya dan kami bekerja untuk memperbaikinya…” tutup Puig…..(iwb)

iklan iwb
Previous articleInvestigasi baju balap Quartararo, hasil mengejutkan !
Next articleMotor Cina makin berani, Chase 700 ini tantang Yamaha MT-07 !!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!