iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….Berkelana dengan sepeda motor di jalan raya memang menyenangkan dan lebih efisien secara waktu. Dengan dimensi yang lebih kecil, sepeda motor memiliki kemampuan berkendara lebih lincah dan mudah untuk menyalip kendaraan lain, namun juga berpotensi sulit terdeteksi di area blind spot kendaraan lain yang lebih besar….

“Seringkali pengendara kurang berhati-hati ketika berada di samping atau belakang kendaraan yang memiliki ukuran besar sehingga tanpa sadar pengendara sepeda motor berada pada posisi blind spot yang berpotensi terlibat dalam kecelakaan ketika berkendara,” ujar Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) Johanes Lucky.

Blind spot merupakan “titik buta” kendaraan yang tidak bisa dijangkau oleh mata pengendara dan spion standar kendaraan. Untuk menekan potensi terjadinya kecelakaan akibat “titik buta” tersebut, berikut tips untuk mengantisipasinya:

iklan iwb
iklan iwb

1. Pahami dan ketahui area blind spot kendaraan kita dan juga kendaraan lain dengan mengikuti pelatihan safety riding agar mampu memprediksi bahaya apa saja yang dapat terjadi ketika bekendara. Salah satu tempat pelatihan safety riding yang tersedia saat ini bisa ditemui di AHM Safety Riding Park, Deltamas, Cikarang.

2. Pastikan area blind spot kita secara visual dengan melihat ke kanan atau ke kiri sebelum berubah arah atau lajur kendaraan. Alternatif lainnya, dapat juga memasang spion tambahan untuk meminimasi area blind spot kita.

3. Fokus mata dan pendengaran saat berkendara untuk memaksimalkan kewaspadaan kita terhadap lalu lintas jalan. Untuk itu, hindari mendengarkan musik dengan headset saat berkendara serta hindari menggunakan knalpot tidak standar karena berpotensi menurunkan konsentrasi dan kewaspadaan kita saat berkendara.

4. Selalu memposisikan di area luar blind spot kendaraan lain agar terlihat oleh kendaraan lain.

5. Bunyikan klakson atau lampu untuk melakukan konfirmasi kepada pengguna jalan lain bahwa apabila kita berada pada area blind spot-nya dan segera keluar dari area blind spot tersebut.

6. Menggunakan pelengkapan berkendara yang terlihat, sehingga tidak mudah terabaikan oleh kendaraan lain.

7. Selalu jaga jarak aman dengan kendaraan lain saat berkendara.

“Semakin besar suatu kendaraan maka “titik buta” saat berkendaranya semakin luas. Selain memahami posisi blindspot suatu kendaraan, pengendara juga harus menerapkan #cari_aman dalam berkendara sehingga meminimalisir resiko kecelakaan,” tutup Lucky….(AHM PR)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

18 COMMENTS

  1. Ciri ciri Blind spot e ra di tidokna sisann ..kuwe ben lewih antipasi ben ra assl nylonong nututi mobil ,motor liane

    • Area blink Spot.

      -Tepat dibelakang mobil terutama mobil2 besar (area yg tidak terlihat dari sepion pengemudi).

      -Area tikungan.

      -Area Tanjakan/turunan yg tidak bisa melihat arah kendaraan dari depan secara langsung.

      -Area berkabut.

      -DLL yg intinya baik kita maupun pengendara yg lain tidak bisa melihat secara pasti keberadaan kendaraan lainnya.

      Wis gamblang po durung…?!?

      Klw masih belum jelas silahkan datang ke SATLANTAS terdekat untuk mendapatkan ketenangan lebih detail.

  2. Breaking news…!!!

    Quartararo sudah mengakui kesalahannya dan dia juga menyatakan bahwa dirinya layak untuk DIDISKUALIFIKASI.

    • Syukurlah klo dh nyadar

      Apa kabar dg rider bujank tuwex apakah dh nyadar klo dirinya dh jompo gk pantas di lintasan sirkuit

      MuuuuUUUuuuuehehehe……

      • Kalau itu pun TANPA DIMINTA jika Honda tak satupun yang bisa Podium maka secara aturan musim 2022 Honda secara otomatis diberikan hak KONSESI (fasilitas keleluasaan pengembangan karena DIANGGAP TIM PUPUK BAWANG).

        Jika benar-benar terjadi maka ini merupakan kajadian yang SANGAT MEMALUKAN BAGI HRC.

  3. sesekali buat tulisan tentang tips tips atau cara cara seputar motor cakk biar gak bahas soal motogp mu wkwk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here