iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…Marc Marquez (Repsol Honda Team) memang gagal menyelesaikan balapan MotoGP Catalunya, Barcelona. Walaupun hanya menuntaskan 7 laps saja Namun secara keseluruhan doi puas atas peningkatan performanya. Dan yang terpenting…kini mereka tahu masalah sebenarnya pada RC213V. Apa gerangan ???..

Catatan rekor buruk The Baby Alien berlanjut, yupss cakkk doi secara mengejutkan gagal finish dalam 3 balapan beruntun bahkan didepan publiknya sendiri ia tidak mampu meraih poin yang cukup penting bagi dirinya sendiri maupun untuk Repsol Honda.

Sejatinya, Marc Marquez memang mengalami kesulitan disepanjang akhir pekan dan terbukti doi sangat bersusah payah untuk menembus sepuluh besar sejak Free Practice 1, praktis ia harus ‘magang’ terlebih dahulu di Qualifying 1.

iklan iwb

Meski telah mendapatkan bantuan Slipstream dari Jack Miller (Ducati Lenovo Team) namun catatan waktu Marc belum cukup untuk menembus Qualifying 2 dan ia akhirnya menempati start ke tiga belas.

Race day pun tiba, Marc yang optimis bisa tampil baik dalam balapan membuktikan kualitas dirinya cak. Yupss doi secara perlahan naik keposisi sembilan di lap pertama dan tiga lap berselang The Baby Alien sudah berada di barisan depan dan menempati posisi empat.

Ia menjalani battle dengan Jack Miller, Johann Zarco (Pramac Racing Team) dan Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini) sebelum dlosor ditikungan ke sepuluh ketika balapan menyisakan 17 lap. Doipun terpaksa menyelesaikan balapan lebih awal.

Kendati demikian, Marc mengakui bahwa ia menikmati balapan yang cukup singkat tersebut dan mengatakan bahwa 7 lap yang telah ia tempuh di Catalunya adalah performa Terbaiknya musim ini.

“Hari ini aku menikmati balapan. Aku bisa menekan sejak awal dan bagiku itu adalah 7 lap terbaikku tahun ini. Aku bisa membalap seperti yang kuinginkan. Di track aku berkata ‘hari ini waktunya mengambil risiko’ karena jika hanya menghabiskan bahan bakar dan ban untuk P12 atau P14 bukanlah styleku,” tegas Marc kepada crash.net

Menurut Marc baru kemarin doi geber Honda RC213V on the limit. Dan justru karena itulah doi akhirnya paham apa yang menjadi problem utama Honda….

“Jadi inilah yang kulakukan. Aku menekan pada lap awal dan aku melakukan beberapa overtake, aku menikmatinya, tetapi begitu semua pembalap berada dalam kecepatan terbaik mereka, kami tidak berada dalam kecepatan yang benar,”

“Aku tahu bahwa 3-4 lap itu kritis, mengendarai motor dengan waktu 1 menit 40 rendah itu bukanlah kecepatanku, tetapi aku berkata ‘jika aku bisa mengikuti mereka 3 lap ini, maka aku akan tetap bisa bersama mereka (grup depan) disepanjang balapan,

“Tetapi di lap-lap tersebut aku mengambil terlalu banyak risiko dan semua terjadi dengan mudah. Aku berada di belakang Aleix Espargaro dan aku kehilangan banyak akselerasi. Kemudian aku mencoba memulihkan rem,”

“Aku tidak membuat titik pengereman yang besar [terlambat], karena Vinales ada di belakangku dan ia mengerem lebih lambat. Namun ia bisa masuk tikungan dan berhenti dengan baik sedangkan aku tidak. Aku mengunci ban depan dan terjatuh,”

“Tentu saja, aku tidak senang dengan hasilnya, namun aku senang dengan caraku menjalani 7 lap itu. Aku lebih suka melakukan 7 lap yang bagus daripada hanya bertahan hingga finish,”

Kejadian apes ini, nampaknya juga membantu Marc menunjukkan dengan tepat di mana Masalah yang ada pada motor RC213Vnya cakkkk..

“Di sisi akselerasi kami tidak bisa mendapatkan grip dan di tikungan kami tidak bisa menghentikan motor karena dengan bagian belakang kami juga tidak memiliki grip. Jadi ini adalah dua masalah yang berbeda, di dua area yang berbeda, tetapi kupikir solusinya berjalan dengan cara yang sama,”

“Kami terlambat mengerem tetapi kami berhenti dengan banyak getaran dan ketika berhenti dengan banyak getaran, hal-hal ini biasa terjadi, seperti aku dan Pol hari ini (dlosorr). Poin lainnya adalah kami banyak kehilangan di sisi akselerasi karena kami tidak mendapatkan grip. Jika kami kalah di sisi akselerasi, Tentu kami juga kalah di sepanjang lintasan lurus.” Tutup Juara dunia 8 kali tersebut….(CB iwb)

iklan iwb
Previous articleMotogp Test Catalunya 2021 : Honda jajal Fairing baru, Suzuki fokus geometri !!
Next articleHonda Hornet 2.0 lahir, good bye suspensi teleskopik !!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!