iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..seperti yang sampeyan semua tahu, Marc Marquez memulai MotoGP Catalunya pertamanya sejak 2019 dengan hanya mencatat waktu lap tercepat ke-15 dihari Jumat. Doi terpaut 0,8 detik dari pembalap terkencang Johann Zarco dan menurutnya cukup baik dibandingkan Mugello. So….sebenarnya apa basis masalah Honda di Catalunya ? ” Honda kesulitan mendapatkan traksi !!” serunya….

Dari konfirmasi Marc Marquez di Cataluny….doi mengaku terpaksa harus mengubah gaya balapnya akibat keterbatasan kemampuan lengan. Namun dibandingkan Mugello, kondisinya jauh lebih nyaman….

Aku mulai mencoba untuk tidak memikirkan lengan dari putaran pertama, tetapi segera aku rasakan dua atau tiga poin sirkuit di mana aku perlu menyesuaikan posisi riding. Misalnya di Tikungan 3, Tikungan 4, dan dua belokan terakhir. Karena itu tikungan menurun. Tapi di ujung lurus tersebut adalah titik pengereman yang sulit, aku tidak memiliki limit. Untungnya aku dapat mengerem sesuai yang ku mau termasuk riding style-ku….

iklan iwb

?Tetapi masalahnya motor banyak bergerak, aku merasakan getaran saat keluar dari tikungan, disitulah motor sulit dikontrol dengan baik. Tetapi membandingkan Jumat Mugello dan Jumat Montmelo, aku merasa jauh lebih baik disini. Hasilnya lebih kurang sama, tetapi secara umum reaksi tubuhku lebih baik…..” seru Marc via Crash. Terus gimana dengan keluhan kondisi trek yang licin ?? kenapa Honda bisa lebih kencang dibandingkan pagi hari ??

Memang benar dengan traksi sangat rendah, kami kencang. Tapi masalahnya pabrikan lain juga membaik. Terutama masuk T2, misalnya, di sana kami perlu grip jika ingin cepat. Pembalap tercepat menurutku sekarang adalah pasukan Yamaha, dan gapnya tidak kecil, mereka lebih kencang tiga per sepuluh, empat persepuluh lebih cepat dari semua rider….

?Jadi berarti….di sini torsi dan tenaga bukanlah yang terpenting, yang utama adalah bagaimana mendapatkan cengkeraman. Disini Honda kesulitan mendapatkan traksi…so kami berjuang untuk itu. Aku mencoba ban lunak untuk memahami apakah itu opsi tersebut cocok untuk balapan ? dan sepertinya demikian.? Namun aku belum tahu ban mana yang akan aku gunakan nanti….” tutup Marc….(iwb)

28 COMMENTS

    • tetap menghibur diri,

      udah cukup jurdun 6x

      waktunya ikut ngopi dengan abang STONER

      tetap bahagia wahai FBH, dan tetaplah tebar brosur, meski uang bensinmu sudah habis

  1. Tetap semangat Marc. Berikan yang terbaik. Itu sudah cukup. Juara seri or jurdun itu bonus saja dari yang maha kuasa.

  2. seketika FBH terhentak dan terdiam

    ” Aku ape komen piye yo? sesembahanku ngeluh mbek RCV “

    close halaman IWB

    wkwkkwkwkwk

  3. Bener Kata POL Honda bingung setiap motor mereka masing masing beda developmentment sepertinya jadi tersesat semakin dalam arah pengembangannya . Ya udah saya Salam Batu akik saja

  4. Di saat marq besok ataou taun depan dah mulai 100% fitkembali di saat itu pula rider muda lain dah mulai matang,terlebih Fabio n bagnaia.

  5. bukannya kurang traksi bikin motor maken cepat!?!?!?!

    .

    .

    .

    .

    .

    .

    .

    .

    cari batu akik

  6. Mm tetaplah raja dan bintang..ga perlu ngotot merasakan jadi bintang .ga kaya sblh masih nyari jati diri mau jurdun aja mesti curang

  7. mungkin sudah waktunya mak makes menghabiskan banyak waktu dengan stongos mancing ikan di comberan (pensiun dini) huaaahahahaha

  8. Nah tu makkueZ blg rasa geredek2 pas mo kluar tikungan, getarannya sampai ke motojipi. Awas marc u bsa jatuh hati ma yg ituuuu

    • pembalap perancis itu ada di yamaha dan ducati, dan 2 motor itu beda karakter mesin. anda bisa bilang begitu berdasatkan apa?

  9. Artikel penyemangat beye yg ternyata aerok dikentutin pcx….sama motor bapak2 keok

Comments are closed.