iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..seperti yang sampeyan semua tahu, Marc Marquez memulai MotoGP Catalunya pertamanya sejak 2019 dengan hanya mencatat waktu lap tercepat ke-15 dihari Jumat. Doi terpaut 0,8 detik dari pembalap terkencang Johann Zarco dan menurutnya cukup baik dibandingkan Mugello. So….sebenarnya apa basis masalah Honda di Catalunya ? ” Honda kesulitan mendapatkan traksi !!” serunya….

Dari konfirmasi Marc Marquez di Cataluny….doi mengaku terpaksa harus mengubah gaya balapnya akibat keterbatasan kemampuan lengan. Namun dibandingkan Mugello, kondisinya jauh lebih nyaman….

Aku mulai mencoba untuk tidak memikirkan lengan dari putaran pertama, tetapi segera aku rasakan dua atau tiga poin sirkuit di mana aku perlu menyesuaikan posisi riding. Misalnya di Tikungan 3, Tikungan 4, dan dua belokan terakhir. Karena itu tikungan menurun. Tapi di ujung lurus tersebut adalah titik pengereman yang sulit, aku tidak memiliki limit. Untungnya aku dapat mengerem sesuai yang ku mau termasuk riding style-ku….

iklan iwb

“Tetapi masalahnya motor banyak bergerak, aku merasakan getaran saat keluar dari tikungan, disitulah motor sulit dikontrol dengan baik. Tetapi membandingkan Jumat Mugello dan Jumat Montmelo, aku merasa jauh lebih baik disini. Hasilnya lebih kurang sama, tetapi secara umum reaksi tubuhku lebih baik…..” seru Marc via Crash. Terus gimana dengan keluhan kondisi trek yang licin ?? kenapa Honda bisa lebih kencang dibandingkan pagi hari ??

Memang benar dengan traksi sangat rendah, kami kencang. Tapi masalahnya pabrikan lain juga membaik. Terutama masuk T2, misalnya, di sana kami perlu grip jika ingin cepat. Pembalap tercepat menurutku sekarang adalah pasukan Yamaha, dan gapnya tidak kecil, mereka lebih kencang tiga per sepuluh, empat persepuluh lebih cepat dari semua rider….

“Jadi berarti….di sini torsi dan tenaga bukanlah yang terpenting, yang utama adalah bagaimana mendapatkan cengkeraman. Disini Honda kesulitan mendapatkan traksi…so kami berjuang untuk itu. Aku mencoba ban lunak untuk memahami apakah itu opsi tersebut cocok untuk balapan ? dan sepertinya demikian.  Namun aku belum tahu ban mana yang akan aku gunakan nanti….” tutup Marc….(iwb)

iklan iwb
Previous article[Breaking] Kesengsem performa Zarco dan Martin, Pramac Ducati “tampar” kontrak perpanjangan !!
Next article[Breaking] Kawasaki rilis Z900RS versi 2022, woww klasiknya makin kuat cak !
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!