iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…….cukup banyak IWB menerima komen dan surel mempertanyakan perihal status knalpot racing yang disikat tanpa memandang bulu. Mau yang bising sampai adem hingga knalpot racing berstatus street legal juga dihabisin tanpa ampun dinegeri ini. Para followers rata-rata penasaran, kenapa knalpot racingnya sudah dipasangi DB dealer tapi tetap kena tilang ??

Seperti yang sampeyan tahu dalam beberapa bulan terakhir razia knalpot racing memang sangat intens dilakukan petugas cak. Semua kena sikat mau suaranya pelau atau kencang sami mawon ora ngaruh. Pokoke ora standart….itu yang menjadi dasar penindakan. Nggak heran banyak dari sampeyan bertanya ke IWB, cak apakah knalpot racing yang sudah dibekali DB killer aman razia ? jawabannya dengan tegas IWB katakan…ora jamin…

Yup…..jika kita mengaju pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 56 Tahun 2019 tentang Baku Mutu Kebisingan Kendaraan Bermotor Tipe Baru dan Kendaraan Bermotor yang Sedang Diproduksi Kategori M, Kategori N, dan Kategori L, disana jelas dituangkan aturan besaran maksimal yang diizinkan. Pada motor di bawah 80 cc maksimal 77 dB, 80 – 175 cc maksimal 80 dB, dan di atas 175 cc maksimal 83 dB. Metode pengujian ini adalah ECE R-41-01. Tapi itu berlaku untuk motor baru cak, ketika motor akan diproduksi….

iklan iwb
iklan iwb

Sementara petugas dilapangan seringkali menggunakan pijakan dan undang-undang yang berbeda. Artinya petugas masih bisa menindak motor dengan knalpot racing walau tanpa dB meter, yakni dengan cara pengamatan langsung berlandaskan Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Nomor 22 Tahun 2009. Isi bakunya adalah….menggunakan knalpot tak sesuai standar bisa diganjar Pasal 285 Ayat 1. Bunyi pasal tersebut yakni….

” Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah)…”

Jadi kuwi cak landasan penindakan diluar masalah desibel suara. Makanya kalau sampeyan nanya….Knalpot racing sudah adem kenapa tetap kena tilang ??? karena sudah ada perubahan atau modifikasi. Dan memang jika acuannya dari sana bahkan alur ban yang sudah menipispun juga akan kena, speedometer mati kena ataupun klakson yang tidak bekerja juga akan kena. Jadi tidak spesifik masalah knalpot saja. So..kalau mau aman dari peraturan tersebut berarti motor emang kudu standart ting-ting…kira-kira ngono. Nahh dari sini wis pahamm too, makanya ojo bingung cak….pokoke paling aman tilang sih standart wae…ngono wisss (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

54 COMMENTS

  1. Harusnya Polisi menindak sesuai aturan Kementrian Lingkungan hidup dengan batas² yg sudah di tentukan.. kalau bisa sambangi Perusahan Knalpot Aftermarket diskusi bareng². Jenis knalpot ini sudah sesuai peraturan Kemen. LH walaupun aftermarket ntuh mobil pakai knalpot Racing malah jarang kena Razia 😒😏

  2. Enakan guwa tinggal n hidup di negeri kanguru bro. Jalan mayoritas lengang, adpal oke punya. Malah klakson yang dilarang. Klo gak bener-bener darurat gak boleh maen klakson.

  3. Sebentar, kan itu soal yang “tidak layak jalan”. Sedangkan knalpot yg adem kan layak jalan seharusnya. Disitu gk dijelaskan dimodifilasi/dirubah.

  4. Soanya klo dibiarin bkal dimanfaatin celahnya, ya dri dsain knalpot itu sndiri, mulai yg pkai sumpelan sampai yg katup mekanis. Ujung2nya klo pas ga ada polisi ya brodok brodok suaranya.

  5. Yaudah lah intinya si bli motor ya gausah di oprek2 ga jelas klo buat di jalan umum terutama soal knalpot,pastinya aturan itu Krn banyak keluhan dri masyarakat yg merasa terganggu khususnya dri knalpot racing.

  6. Pake sakura slash + dB killer di R15 V3 aman² aja lewat/sebelahan sama patroli lalin heuheuheu. Bilangnya cuma bisa dibeli di pabrikan, sesuai standar pabrik dan udah diklaim gak bising wkwkwkwk

  7. sok gaya ganti knalpot racing
    sok kayak pembalap
    kalo gw lebih ke polusi udara

    knalpot pabrikan udah dibuat sedemikian rupa agar sesuai regulasi

    lah knalpot racing mana peduli kaya gituan
    modal suara adem
    ramah lingkungan ga?

  8. mbek dongo ne lagi bahas desibel malah larinye ke knalpot ngebul
    emang dasar ye, bego ude kagak ade obat

  9. gw sering banget liat supra sama beat pd ngebul terus cover knalpot ngampleh ngampleh
    motor baru tp cat kusam

  10. 1 lagi, klu ganti knalpot berarti sdh tdk ada katalik konverternya jd jg sdh melanggar jg ttg standar euro

  11. Owalahh semua kok dibuat musuhan,, klo rante nggak bunyi namanya matic, vixion yang motor bagus aja kemrosak kan ada rantenya, knalpot semua ngebul klo jalan, wong ada pembakaran cuma ada yang sempurna dan nggak sempurna, kenapa mesti diributin cobalah sejalan wong nasibnya sama cuma bisa pakai,,,

  12. Kreatifitas tapi dilarang sama negara sendiri.
    Kalo secara suara setuju ditilang tapi sesuai sop. Tapi kalo soal ketahanan kan sudah di riset sama pabrikan.
    Secara teori kalo knalpot racing di pakai balap harus memiliki durabilitas tinggi karena di geber rpm tinggi.
    Nah kalo dipakai di jalan umum ya harusnya ga ada masalah, rata rata cuma main di rpm tengah

  13. Lagian mau seberapa kenceng sih di dalam kota sampai perlu ganti knalpot racing?Pake knalpot standard aja gak bakal top speed kok.

  14. Kalo aturan kendaraan di Indonesia masih berdasarkan pengamatan ya susah cak, misal ada part yg rusak tp g mampu beli di dealer (karna mungkin harga dealer lebih mahal), jd beli part aftermarket, tp karna aturan g standar jd kena tilang (padahal fungsinya sama), yaa wassalam..
    Ada juga kasus motor yg lepas spakbor belakang diganti pakai mudguard (plat nomor di mudguard/tidy tail), ttp kena tilang, padahal fungsinya sama, di moge malah banyak jg yg sudah pake mudguard utk motor bawaan.. masa iya kena jg?

  15. kalau sesuai konsep penegakan hukum yg berlaku adil, maka penegakannya berlaku dari hulu sampai ke hilir dong ya, jgn disisi pengguna aja tp sisi produsennya & penjualnya baru adil dah tuh

  16. Standart itu artinya yg bagaimana? Standart atau ORI? Kalau spion diganti aftermarket yg fungsinya standart atau malah lebih baik, bagaimana?

  17. ujungnya ya duit..temen ane pake gl standard knalpot standar kena..lah emang suara gl pro dari pabriknya begitu…sampe bingung sendiri…wkwkwk…duit duit..lahan lagi…

    • lah mutusi?? selera modif hanya knalpot brong doang ?? trs geber2 ga jelas dijalan kyk sembalap gt mksudnya ?? haha,

  18. Coba deh nonton vid Ante*nk Katr*os pas wawancara sama pak pol ttg motor kastem dan knalpotnya. Pak polnya mesti ngebolehin dengan syarat UU 56 Tahun 2019. Kalo di lapangan, kalian tanya ttg UU tersebut mesti ga dijawab sama pak pol.

  19. Coba deh nonton vid Ante*nk Katr*os pas wawancara sama pak pol ttg motor kastem dan knalpotnya. Pak polnya mesti ngebolehin dengan syarat UU 56 Tahun 2019. Kalo di lapangan, kalian tanya ttg UU tersebut mesti ga dijawab sama pak pol.

  20. Coba deh nonton vid Ante*nk Katr*os pas wawancara sama pak pol ttg motor kastem dan knalpotnya. Pak polnya mesti ngebolehin dengan syarat UU 56 Tahun 2019. Kalo di lapangan, kalian tanya ttg UU tersebut mesti ga dijawab sama pak pol.

  21. Coba deh nonton vid Ante*nk Katr*os pas wawancara sama pak pol ttg motor kastem dan knalpotnya. Pak polnya mesti ngebolehin dengan syarat UU 56 Tahun 2019. Kalo di lapangan, kalian tanya ttg UU tersebut mesti ga dijawab sama pak pol.

  22. Coba deh nonton vid Ante*nk Katr*os pas wawancara sama pak pol ttg motor kastem dan knalpotnya. Pak polnya mesti ngebolehin dengan syarat UU 56 Tahun 2019. Kalo di lapangan, kalian tanya ttg UU tersebut mesti ga dijawab sama pak pol.

  23. Coba deh nonton vid Ante*nk Katr*os pas wawancara sama pak pol ttg motor kastem dan knalpotnya. Pak polnya mesti ngebolehin dengan syarat UU 56 Tahun 2019. Kalo di lapangan, kalian tanya ttg UU tersebut mesti ga dijawab sama pak pol.

  24. Coba deh nonton vid Ante*nk Katr*os pas wawancara sama pak pol ttg motor kastem dan knalpotnya. Pak polnya mesti ngebolehin dengan syarat UU 56 Tahun 2019. Kalo di lapangan, kalian tanya ttg UU tersebut mesti ga dijawab sama pak pol.

  25. Coba deh nonton vid Ante*nk Katr*os pas wawancara sama pak pol ttg motor kastem dan knalpotnya. Pak polnya mesti ngebolehin dengan syarat UU 56 Tahun 2019. Kalo di lapangan, kalian tanya ttg UU tersebut mesti ga dijawab sama pak pol.

  26. Coba deh nonton vid Ante*nk Katr*os pas wawancara sama pak pol ttg motor kastem dan knalpotnya. Pak polnya mesti ngebolehin dengan syarat UU 56 Tahun 2019. Kalo di lapangan, kalian tanya ttg UU tersebut mesti ga dijawab sama pak pol.

  27. Tolong lah pak uu no 22 tahun 2009 itu jgn fokus ke pasal 285 ayat 1 saja,dlm ayat tersebut tidak tertulis kata “standar”

    Tertulis memenuhi persyaratan teknis & laik jalan,dmn dalam uu no 22 tahun 2009 tercantum dalam pasal 48 ayat 4,pasal 49 ayat 2 ttg persyaratan teknis,pasal 52 ayat 1 ttg modifikasi kendaraan yg diwajibkan uji tipe bila ada perubahan daya angkut,dimensi,mesin

    Tidak ada kata “knalpot”

    Ketiga pasal diatas mempunyai aturan turunan berupa peraturan pemerintah no 55 tahun 2012 ttg kendaraan pasal 131 huruf e menyebutkan bahwa kendaraan yg wajib uji tipe adalah kendaraan yg mengalami perubahan dimensi,daya angkut,mesin

    Sekali lagi tidak tercantum kata “knalpot”

    Loncat ke aturan kementrian lingkungan hidup no 7 tahun 2009 ttg aturan kebisingan kendaraan baru (yg mau dijual prosuden/distributor) menggunakan metode ece (economic commission for europe) dimana ada knalpot impor slip on bersertifikat sudah lolos uji ece

    Pasal 3 mengikat setiap penanggung jawab usaha (bukan user,pembeli,pengguna)

    Klo baca2 ini aturan tesnya itu harus diruangan dg alat lengkap & beberapa metode,bukan subjektif apalagi di jalanan

    Ayo ah jangan pake pasal karet yg subjektif

    Sesuai judul aturan saja,jgn keluar dr judul

    Karena butuh kepastian hukum

  28. Spido mati juga dari dulu emang kena. Wes ta lah ra sah kakean ngeles golek alesan. Knalpotmu kui mbudeg i kuping e wong liyo su.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here