iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….cukup jarang IWB mendapatkan testimoni langsung pengguna motor yang sudah berumur. Karena warung ini memang identik dengan motor baru, lhaaa piyee cak soale lebih menantang dan excitingnya beda. Tapi beda cerita ketika IWB mendapatkan surel langsung dari cak Fendy. Memiliki Beat dengan jarak tempuh hingga 124.000 km..edian tenan, iki yang membuat IWB tertarik. Bahkan speedometer sampai kembali ke nol.  Pertanyannya….gimana suka duka nunggang Beat hingga tembus 124 ribu km ? apakah banyak masalah atau sebaliknya ? untuk mendapatkan jawaban tersebut kita intip saja surel cak Fendy berikut ini….

Asalamualaikum kang Iwan, semoga sehat selalu dan tambah sukses, kang nama saya fendi, saya punya honda beat keluaran th 2016 ni motor menurut saya gila kuatnya, saya pakai kurang lebih 2th km untuk jadi kurir, bukan antar kota lg tp antar provinsi saya tiap hari jalan dr ciputat ke cinere terus keliling jakarta sampai ke balaraja tangerang, klo saya rata-rata per hari sekitar 200km, spidometer terakhir saya pakai itu sekitar 124rb km,, yg salut sama ini motor nggak pernah rewel sama sekali gak pernah mogok, aki baru sebulan yg lalu ganti, mesin belum ngebul,v belt ganti tiap 25rb km, kenalpot jg belum ada bercak minyak masih enak lah, memang tenaga agak kurang sih…

” Oli saya ganti tiap bulan sekali paka enduro matic, service mungkin setahun sekali hehehe. Menurut kang iwan ini motor gmana kang termasuk awet bandel nggak,, saya juga pernah bawa pulang kampung dr ciputat ke purbalingga mungkin sekitar 3 atau 4 kali pp,, saya geber di kecepatan 70-80n lah biasanya perjalanan 10 jam, saya jarang berhenti soalnya, berhenti klo makan aja sama isi bensin, itu pun nggak sampai 1 jam, paling malas saya kalau suruh istirahat, maklum tiap hari juga begitu kerjaanya dari pagi sampai malam di motor, maklum kang saya kerja jadi kurir double jadi harus kejar²n waktu terus. Sepertinya kalau pabrikan mau test motor mending kasih saya deh, bakal d tes maksimal sesuai kondisi indonesia,hehehehe…” serunya….

iklan iwb

Nah dari sinilah IWB tertarik. Lhaa piyee cak…..sehari 200km, opo ora edian. Yang jadi pertanyaan, gimana alkisah kerasan pakai Beat. Pernah doi jajal brand lain diluar Honda ? ini jawaban doi…

Gini kang, saya beli beat sebenarnya buat istri antar anak sekolah, sebelum pakai beat saya pakai merk sebelah yg tipe (disini merk dan tipe IWB sensor biar nggak jadi ajang debat)….ampun kang baru 60km’n mesin udah ngebul aki hampir tiap 3 bulan sekali ganti, siklus ganti oli sama kaya beat, motor beberapa kali mogok, terahir saya pakai itu udah mogok² terus harus turun mesin mungkin, jadi waktu itu saya pakai beat punya istri buat kerja, waktu itu belum gajian jd belum bisa service, mungkin sekitar setahun beli beat, nah pas saya pakai beat buat kerja, motor ***** itu d pinjam adik buat main malam², dan terjadilah hal yg nggak d inginkan…

” Adikku dibegal motor ilang d bawa, tapi alhamdulilah adik nggak kenapa kenapa cuma pada memar mungkin d tojokin, dan akhirnya saya kerja jadi pakai beat terus. Nah setelah setahunan saya pakai beat, saya punya rezeki ngambil motor baru saya ambil honda vario 150 kang, biar di pakai istri antar jemput anak sekolah, tapi setelah setahun pemakaian vario itu, istri saya ngeluh karena ketinggian jadi minta beatnya lagi, jadilah saya kasih kebetulan dulu beatnya beli pakai atas nama saudara dari cianjur terus orangnya juga sudah merantau, saya jadi susah urus pajaknya,, bukan susah juga si males lebih tepatnya, hehehe..

Speedometer ketika nabrak 100ribu km dan kembali angka nol. Sekarang OTW 125 ribu km

” Soalnya motor cuma di pakai buat antar jemput anak yg jaraknya pling 1km. Pajak beat sekarang telat 2th. Ini kang, kemarin sempet saya bawa kerja lagi, spidometer jd 125rb, dulu ketika di bawah 99rb km spidometer klo d nyalain nggak ada muncul –:– , seperti d foto . .maaf habis bajak sawah kang,, soalnya d jalan balaraja ada pabrik yg jalanya kaya sungai kering,, atasnya bersih krna kehujanan kemarin malem jd d lap.. motor nggak pernah masuk rumah ,,panas ya kepanasan hujan ya kehujanan…..

” Nah jd saya sekarang pakai vario sekarang sudah 50rb’n km, tp d masa pandemi ini kerjaan saya sangat jauh berkurang kang, semoga pandemi ini cepat berakhir lah, makasih kang segitu aja, Honda Beat emang jos, maaf klo ada salah kata, dan maaf kalau tulisanya nggak jelas, soalnya saya tulis dari hp, wasalamialaikum kang salam joss gandoss…” tutupnya..

Waallaikumsalam wr wb…juozz gandozz tenan cak Fendy, ediann sama panjang lebar gitu. Ternyata akhir cerita doi puas dengan kebandelan mesin Beat, yaaaahhh…soal ini IWB nggak kaget. Bedanya dulu IWB harus melewati masa menjengkelkan baru tersenyum puas. Yup…IWB pernah mengalami kejadian yang mungkin kurang mengenakkan ditahun 2002 pasca beli Honda Megapro. Baru 6 bulan piston kena karena clearance diluar wajar sehingga suara mesin kayak diesel. Tapi setelah IWB klaim dan part diganti baru….sampai 10 tahun pakai, performa Megy lawas tidak ada dropnya. Ngacirrr cak. Bahkan terakhir IWB jual dengan jarak tempuh sudah tinggi….motor ini Anti ngebul dan juga tidak pernah ganti part vital. Lek judule makin tuwo makin awet memuaskan cak….

Last…kekuatan mesin Honda sepertinya adalah keawetan khususnya dapur pacu ketika sudah berusia sekalipun. Sementara ketika mesin masih seger…kadang aja aja gangguannya walau cuma segelintir. Untuk sport…..masalah klasik dari dulu sebenarnya memang rantai keteng…..bahkan sejak generasi mesin kaizen juga demikian. Untungnya part rantai keteng murah cak. Ini beda ketika kita harus mengalami mesin ngebul yang pastinya akan menguras biaya yang cukup besar karena seringkali berhubungan dengan piston, liner ataupin ring seher. So….nggak heran jika cak Fendy merasa puas dengan Beat-nya sebagai pengguna langsung. Artinya opo ? semua motor punya plus minus dan mungkin nilai plus mesin Honda adalah duralibility-nya yang diatas rata-rata. Beat 124,000 km tetap enak ? nggak heran Honda masih raja mesin 4Tak. Piye menurut sampeyan, punya testimoni juga ketika motor diatas 100K km, monggo berikan komennya…(iwb)

.

iklan iwb
Previous article” Kami tidak menyerah dan akan terus bekerja ” seru bos Suzuki Motogp !!
Next article” Perangkat holeshot membuat startku jauh lebih mudah…” seru Fabio Quartararo
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!