iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Siang itu IWB nongkrong didepan komputer. Mata tidak henti-hentinya melihat layar komputer karena exciting banget. Yup…betul cak, tahun itu kisaran 2007. Disebuah Blog legendaris yang sekarang sudah tidak lagi eksis yakni Kafemotor, terpampang bocoran motor yang menurut IWB keren banget. Motor tersebut dikerangkeng disebuah kayu….berbentuk kotak, dan samar-samar warna birunya membuat IWB benar-benar tercengang sebab sasis yang digunakan tebal dan besar. Waaahhh, ediannn iki sih keren puolllllll !!!

Sontak foto tersebut bikin geger. Karena motor ini diduga adalah penantang Honda Megapro dan bahkan Tiger sekalipun. Kenapa ? karena secara spesifikasi diduga akan bakal melompat jauh dari para rival yang sudah terlebih dahulu lahir. Dan saat itu berkembang kabar bahwa bocoran motor Yamaha baru ini disebut sebagai Yamaha Viper. Angkrikkkk tenan, merinding cak IWB. Ya…sebagai biker enom bin muda, rasa angker nama Viper langsung masuk seperti toxic. IWB yang saat itu nunggang Megapro merasakan gejolak adrenalin yang sulit untuk ditahan. “ Asyemm, kudu tuku ikiii.lhaa motorku terasa jadul polll je” seru IWB dalam hati. Dan waktupun tiba….

” Pertama kali gambaran Vixion bocor. Awal isu bernama Viper….”

Motorsport Yamaha 150cc official tersebut resmi menggebrak pasar Indonesia dikisaran Agustus 2007. Dengan menyandang banyak fitur yang membuat IWB “mangap” dimasanya. Lhaa piyee cak..sasis deltabox, mesin SOHC 4 katup, radiator, sistem injeksi dan desain yang fresh ganteng tenan. Dan pada peluncuran tersebut….namanya ternyata bukan Viper, namun V-ixion. Jujur cak, bagi biker awam seperti IWB…nama V-ixion ketika itu terasa aneh. Laahhh kok nggak Viper waeeee seperti isu awallll ? tapi pastinya pabrikan memiliki pertimbangan. Dan terbukti nama yang digadang-gadang sebagai arti Vision atau pandangan kedepan ini booming…..

iklan iwb
iklan iwb

Dijual pertama kali diangka 18,6 juta…..Vixion jadi rebutan. Angka banderol dipasang antara Megapro dan Tiger yang dijual diangka 16 juta dan 20 jutaan sukses membuat line up sport Honda kalang kabut. Terbukti stok Vixion habis. Selalu jadi rebutan dan inilah yang membuat IWB urung meminang saat itu. Kenapa ?? karena demand lebih besar dari produksi, harga dipasaran rusak. IWB masih ingat sempat melipir disalah satu dealer…ada Vixion warna biru sesuai digambar. Nanya kemereka, dengan santai mereka menjawab harga yang dipasang 21 juta. Whaaattttt ?? ngalah-ngalahin harga Tiger ?

Yup..itu faktanya cak. Harga resmi akan berubah ketika permintaan luar biasa sementara produk segelintir. Artinya aksi upping price sudah hadir sejak jaman rekiplik dan itu bukan rahasia umum. Mungkin sudah hukum bisnis. Tinggal kita sebagai konsumen take it ora “leave it”. Dan IWB adalah salah satu yang memilih “leave it”. Apa hasilnya ? hebatnya unit tersebut besoknya sudah raib tanda laku dengan harga segitu. Yup…itulah hebatnya Vixion dimasa lalu….

Sebuah motor yang sukses membawa nama Yamaha menjadi salah satu brand terkuat penantang Honda dikelas sport. Dan dengan dua senjata andalannya saat itu yakni Mio serta Vixion….Yamaha sukses merebut tahta market share roda dua dikisaran 2010 sebelum AHM bangkit dan membalikkan keadaan seperti semula…

Sayang…..Vixion sekarang tidak seperti Vixion masa lalu. Namanya makin meredup dan kurang menjual. Siapa yang salah ? apakah pasar ? apakah karena sport 150cc sudah turun drastis? atau karena pabrikan kurang banyak inovasi khususnya sisi desain seperti masa lalu yang ganteng dan paham keinginan pasar ?

Entahlah. Namun jika kita melihat rivalnya yakni CB150R yang masih jauh lebih baik, bisa jadi faktor desain. Kenapa ? karena soal spek dan fitur…Vixion tidak kalah.  Betul cak…kondisi Vixion saat ini memang sulit. Fakta ini berdasarkan informasi teman-teman atau korelasi IWB…entah owner dealer ataupun jaringan yang berkaitan dengan pabrikan ini. Isunya para dealer ini sampai berusaha menghindari suplai Vixion karena sulitnya menjual motor ini. Opo ora sedih cak…..

Last…..kita berharap akan ada gebrakan dari garputala karena IWB yakin jika Vixy didesain ulang dengan serius dan mengikuti keinginan biker, bukan tidak mungkin nama Vixion akan kembali melambung. Sayang hingga detik ini belum ada indikasi facelift terhadap Vixy. Setidaknya perbulan ini masih negatif karena sepertinya pabrikan masih fokus dan sibuk menggenjot maxy series. Yah…. Semoga tahun depan. Kita berharap tahun depan betul-betul akan ada gebrakan yang membawa motor idola masa lalu ini kembali keposisinya. Sebuah motor yang menjadi benchmark sport 150cc sebelum meredup tergilas jaman dan persaingan yang makin gila. Celakanya pabrikan sekarang seperti menyerah mengelola segmen dengan lambatnya facelift dan membiarkan Vixion babak belur dikamplengin rival. Vixion….nasibmu kini…….(iwb)

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

83 COMMENTS

  1. Lah lok apa kate gk payu, rega ne Yamaha larang gk karuan.

    Vixion R 35 juta ke atas, inden mane (MT-15, WR-15, XSR-155) regane wes gk ditulis diler sangking larang e. Mlaku dilut nang diler suzuki GSX bandit 26 juta, ready.

  2. Vixion yang berminat sedikit, desainernya lagi bangun tidur kali, buat bodi kayak gitu motor macho malah dibikin jadi amburadul githu 😂😂😂😂😂

  3. Wajar kalau semakin redup. Bukan cuma mslh desain saja karena ini subyektif, MT15 /XSR155 yg dibilang bagusan soal desain saja toh penjualannya juga biasa2 saja. Lebih karena arah strategi marketing sport pabrikan biru, terutama divisi sport&moped yg g jelas konsentrasi & pembagian sku produknya. Jadi, satu model bertabrakan dengan model lain sejenis di dalam market share yang sama, atau kasarnya saling bunuh market antara anggota keluarga motor satu pabrikan

    • ekekekekkek

      Serba dilema
      BC Sport Ymh Maticnya jadi laris manis
      BC Matic Ymh Sportnya jadi laris manis

      kenyataan Sport dan Matic Ymh Laris manis tanjung kimpul tambah Sakit Jiwa gerombolan KoboChan

      H suuuuuRrrrAM

      muehehehrheh

    • ekekekekkeje

      Iya Gak payu Vixion 16.800 unit / bulan tragetnya 17.000 unit / bln sih
      dibanding sebelah cb150klotokklotokk cuma 6.800 unit/bulan

      H suuuuRrrAM

      mueheheheh

    • ekekekkekeke

      betul, sebelah aja sampi ngeekor

      Tanki Kondom dinyinyir di jiplak
      stop Kontak pindah di depan juga di ekor

      H suuuuRrrrAM

      mueheheh

    • ekekekekk

      overpret dimana ??? kug tambah laris manis
      – MT 15 XSR Vixion ( 19 HP )
      CBklotok klotok ( 16.9 HP )
      – MT 15 XS Vixiom ( Torsi naik 14.7 Nm)
      CB klotok klotok ( Torsi Turun 13.5 nm)
      – MT 15 XSR Vixion ( Swing arm Banana)
      CBklotokKlotokk ( gak ada swing arm banana )
      – MT 15 XSR Vixion ( ada engine kill swith)
      CB klotok klotokk ( gak ada )
      – MT 15 XSR Vixion ( Deltabox sasis )
      cb150klotok klotok ( tralis biasa )

      lalu belum lainnya…

      H suuuuuuRrrrrAM

      muehehehe

  4. Modelnya yg gak enak diliat sih. Model knalpot yg versi standar jg mbosenin, meskipun yg type R jg gak keren. Klo MT, ya emg mahal bgt. Setidaknya untuk rentang harga yg sekelas, vixion buruk rupa

  5. pengguna New Vixion Advance hadir kang, generasi Vixion terbaik menurut ane.
    emang bener2 idola ini kang motor sejak dulu jaman sekolah udah punya cita2 pngen beli motor ini saking kerennya dan beda dgn motor sport lain di jamannya, sperti melompat jauh dr masa depan kang 😀

  6. Kembalikan ke jaman konservatif aja

    Vixion lampu bulat itu cuantik pol. Berasa lihat motor JDM, ketika mulai tajem2 berasa jadi motor thailand

    Biarlah honda tajem2, yamaha yg tajem2 ada mt15, vixion mah manly/mature aja jangan boyish..
    gak usah plastik2an, tangki plat isi banyak, deltabox silver, posisi berkendara enakin, jok belakang jangan tinggi2

    Ini sih opini pribadi tapi pasar bakal pingin tajem2 haha

  7. Motor sekarang relatif mahal.

    Tapi v ixion ini berjasa , mendobrak motor yang berpendingin angin menjadi radiator.
    Inovasi yang luar biasa.
    Konsistensi inovasi mestti tetap dijaga.

    Krn persaingan makin ketat.

    • ekekekekkeke

      – Tigor
      – Megapro
      – CibokeRrrrrr
      – cb150
      tumbang di kaki VIXION
      ( sekarang gerombolan sebelah punya Misi balas dendam menjungkalkan Vixion tapi apadaya Vixion tambah kuat menancapkan kukunya )

      H suuuuuuRrrrrrAM

      mueheheheheheh

      • Mijone sy bikers,bilangin yamaha waspada sama cb150r, Fino dan R25 segera facelift juga ,ingat 250cc 4 silindernya. Buat saingi zx25r yg inden mengular..sampe akan dibuat 400cc.

  8. Designernya yamaha blegug, wkwwkwk

    motor bagus2 kok di desing asal2an, gk ngerto dan geleg2 kepala.
    wkwkwkwkwkwk
    ora nyambung blas designe.
    haduhhh
    bubar wa wess nama vixion. discontinue bae

    • ekekekekekke

      lebih tepatnya Next Upgrade Facelift

      sebelah dikasih nafass dulu …habis itu di Hajar babak belur

      H suuuuRrrrrAM

      muehehrhhrhe

    • ekekekekke

      XSR adalah bagian hidup Vixion sebagai legend of motorcycle
      lampu XSR jadi bahan modif banyak motor

      H suuuuRrrrAM

      muehehehehe

  9. Market sport 150 udh redup jg, buang2 duit klo perang disini.. fokus aja sama kelas yg menjanjikan. Yg penting kreatifitas jgn ikut redup, terbukti mio, vixion, nmax adalah pelopor dikelasnya

  10. Bener banget cak,saya inden tiger revolution 1 bln gak ada kabar, akhirnya pesan vixion warna yg foto pertama itu 2007 akhir dan puas dgn desain dan fitur. Sayang vixion gen akhir kok jelek sekali desainnya ya. Ayolah yamaha jangan main main desainnya,siapa seh desainernya vixion gen akhir itu Jg R25. Kayaknya orang yg sama.

      • Wkwkwk iya honda melempem di gp tapi di penjualan udah 3/4 cuy wkwkwk yg 1/4 itu ampasnya doang dibagi² lagi sama pabrikan lain

  11. Jd inget ambil Vixion lansiran 2010 yg katanya waktu itu emang keren n anak muda banget,dah di modif jd sport fairing nyicil jalan 2 taun di gondol maling di warnet.Trauma ambil motor yg sekiranya booming takut jd inceran maling lagi.

  12. Vixion itu sudah mahal karna bayar designernya.

    Coba jual deltabox sama vva aja, pasti murah, without condom. Yg retro contohnya itu terlalu over price.

  13. Comment:desainer.piksen sekarang kayaknya dari prindapan…wahahaha piksen udh bagus cuma spakbor belakang nya aja yg aneh…

  14. Yamaha sungguh mengecewakan klo urusan design motor sport. Jangan sampe FBY dikecewakan terlalu lama.

    • Tp jujur mas iwan, setidaknya cuma vixion yg masih mempertahankan rangkanya yg kokoh. Walaupun harganya yg melonjak jauh bgt dr awal keluar. Tp salut sih masih pakai rangka bukan kaleng2. Walaupun skrg bodi ama tangki serta catnya g’ seglossy dl. Alias motor plastikan kulit jeruk ama warna cat busuk semua.

  15. Kalo dibilang pasar menyusut, nggak 100 persen bener…buktinya Honda masih keluarin cb150 nya..artinya apa? Market sport 150cc masih di angka ribuan kok… Yamaha aja yg nyerah. Kuncinya desain dan harga…30an jt ke atas di pasar ini sudah berat

  16. Menurut saya pribadi.
    Desain V-ixion terbaik ada pada NVA. Hanya saja kesalahan fatal dari produsen perihal penurunan kwalitas Piston, Ring Piston dan Blok… Yg sdh menjadi rahasia umum yakni JAGO NGEBUL.
    Padahal pada Generasi MX Old 135 dan Vixion diawal kemunculan nya terkenal itu BLOK, PISTON dan RING PISTON sangat SUPERIOR KWALITASNYA.

    MX 135 CW tahun 2006 (Bulan Januari) milik saya msh eksis hingga sekarang dan 100% original. KM 99.999 – 00000 dan kini sudah berada pada KM 18.687. artinya itu motor sdh menempuh 118.687 KM dan kondisi Part mesin masih ORIGINAL 100% (Kecuali busi yg merupakan moving part per 10.000 Km).

  17. Vixion hrs kembali kejalan yg benar, desain itu paling penting. Lihat saja cb150, walaupun mesing klotok2 tapi desain cantik. Makanya lebih laris. Negeri +62 lebih butuh desain daripada kualitas mesin. Kalo vixion. desain oke, inshaallah cb hanya jadi penunggu gudang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here