iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Siang itu IWB nongkrong didepan komputer. Mata tidak henti-hentinya melihat layar komputer karena exciting banget. Yup…betul cak, tahun itu kisaran 2007. Disebuah Blog legendaris yang sekarang sudah tidak lagi eksis yakni Kafemotor, terpampang bocoran motor yang menurut IWB keren banget. Motor tersebut dikerangkeng disebuah kayu….berbentuk kotak, dan samar-samar warna birunya membuat IWB benar-benar tercengang sebab sasis yang digunakan tebal dan besar. Waaahhh, ediannn iki sih keren puolllllll !!!

Sontak foto tersebut bikin geger. Karena motor ini diduga adalah penantang Honda Megapro dan bahkan Tiger sekalipun. Kenapa ? karena secara spesifikasi diduga akan bakal melompat jauh dari para rival yang sudah terlebih dahulu lahir. Dan saat itu berkembang kabar bahwa bocoran motor Yamaha baru ini disebut sebagai Yamaha Viper. Angkrikkkk tenan, merinding cak IWB. Ya…sebagai biker enom bin muda, rasa angker nama Viper langsung masuk seperti toxic. IWB yang saat itu nunggang Megapro merasakan gejolak adrenalin yang sulit untuk ditahan. “ Asyemm, kudu tuku ikiii.lhaa motorku terasa jadul polll je” seru IWB dalam hati. Dan waktupun tiba….

” Pertama kali gambaran Vixion bocor. Awal isu bernama Viper….”

Motorsport Yamaha 150cc official tersebut resmi menggebrak pasar Indonesia dikisaran Agustus 2007. Dengan menyandang banyak fitur yang membuat IWB “mangap” dimasanya. Lhaa piyee cak..sasis deltabox, mesin SOHC 4 katup, radiator, sistem injeksi dan desain yang fresh ganteng tenan. Dan pada peluncuran tersebut….namanya ternyata bukan Viper, namun V-ixion. Jujur cak, bagi biker awam seperti IWB…nama V-ixion ketika itu terasa aneh. Laahhh kok nggak Viper waeeee seperti isu awallll ? tapi pastinya pabrikan memiliki pertimbangan. Dan terbukti nama yang digadang-gadang sebagai arti Vision atau pandangan kedepan ini booming…..

iklan iwb

Dijual pertama kali diangka 18,6 juta…..Vixion jadi rebutan. Angka banderol dipasang antara Megapro dan Tiger yang dijual diangka 16 juta dan 20 jutaan sukses membuat line up sport Honda kalang kabut. Terbukti stok Vixion habis. Selalu jadi rebutan dan inilah yang membuat IWB urung meminang saat itu. Kenapa ?? karena demand lebih besar dari produksi, harga dipasaran rusak. IWB masih ingat sempat melipir disalah satu dealer…ada Vixion warna biru sesuai digambar. Nanya kemereka, dengan santai mereka menjawab harga yang dipasang 21 juta. Whaaattttt ?? ngalah-ngalahin harga Tiger ?

Yup..itu faktanya cak. Harga resmi akan berubah ketika permintaan luar biasa sementara produk segelintir. Artinya aksi upping price sudah hadir sejak jaman rekiplik dan itu bukan rahasia umum. Mungkin sudah hukum bisnis. Tinggal kita sebagai konsumen take it ora “leave it”. Dan IWB adalah salah satu yang memilih “leave it”. Apa hasilnya ? hebatnya unit tersebut besoknya sudah raib tanda laku dengan harga segitu. Yup…itulah hebatnya Vixion dimasa lalu….

Sebuah motor yang sukses membawa nama Yamaha menjadi salah satu brand terkuat penantang Honda dikelas sport. Dan dengan dua senjata andalannya saat itu yakni Mio serta Vixion….Yamaha sukses merebut tahta market share roda dua dikisaran 2010 sebelum AHM bangkit dan membalikkan keadaan seperti semula…

Sayang…..Vixion sekarang tidak seperti Vixion masa lalu. Namanya makin meredup dan kurang menjual. Siapa yang salah ? apakah pasar ? apakah karena sport 150cc sudah turun drastis? atau karena pabrikan kurang banyak inovasi khususnya sisi desain seperti masa lalu yang ganteng dan paham keinginan pasar ?

Entahlah. Namun jika kita melihat rivalnya yakni CB150R yang masih jauh lebih baik, bisa jadi faktor desain. Kenapa ? karena soal spek dan fitur…Vixion tidak kalah.¬† Betul cak…kondisi Vixion saat ini memang sulit. Fakta ini berdasarkan informasi teman-teman atau korelasi IWB…entah owner dealer ataupun jaringan yang berkaitan dengan pabrikan ini. Isunya para dealer ini sampai berusaha menghindari suplai Vixion karena sulitnya menjual motor ini. Opo ora sedih cak…..

Last…..kita berharap akan ada gebrakan dari garputala karena IWB yakin jika Vixy didesain ulang dengan serius dan mengikuti keinginan biker, bukan tidak mungkin nama Vixion akan kembali melambung. Sayang hingga detik ini belum ada indikasi facelift terhadap Vixy. Setidaknya perbulan ini masih negatif karena sepertinya pabrikan masih fokus dan sibuk menggenjot maxy series. Yah…. Semoga tahun depan. Kita berharap tahun depan betul-betul akan ada gebrakan yang membawa motor idola masa lalu ini kembali keposisinya. Sebuah motor yang menjadi benchmark sport 150cc sebelum meredup tergilas jaman dan persaingan yang makin gila. Celakanya pabrikan sekarang seperti menyerah mengelola segmen dengan lambatnya facelift dan membiarkan Vixion babak belur dikamplengin rival. Vixion….nasibmu kini…….(iwb)

 

iklan iwb
Previous articleTantang Yamaha Tricity, Piaggio Rilis skutik roda tiga MP3 400 HPE versi 2021 !!
Next article[HOT] Project Honda K3* adalah Neo Sport Cafe versi Indonesia, tapi beda dari Thailand ????
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!