iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….pasti sampeyan bingung dengan judul diatas, iki maksude chip opo ??? terus kenapa dari India bisa ngaruh ditanah air ? dan apakah ini artinya produksi akan terancam mandeg ? semua akan coba IWB beberkan dari isu hot yang masuk ke newsroom IWB dibawah ini….

Isu perihal chip sebenarnya sudah masuk ke IWB sekitar sebulan lalu pasca India memberlakukan lock down. Namun karena IWB anggap belumsahih dan keyakinan juga nggak terlalu kuat mengingat hanya datang dari satu sumber….maka bisikan info tersebut IWB lupakan. Dilalah cak….sekitar satu minggu lalu, IWB kembali mendapatkan bisikan dengan tema yang sama dari teman…

Beda dengan pertama yang memiliki korelasi dengan vendor, teman IWB ini adalah salah satu owner dealer besar dengan koneksi luar biasa. Dan ternyata informasinya sama….masalah chip sedang dihadapi pabrikan besar karena produksi chip ini tersendat dari negara pembuatnya yakni India. Yakin ? mulai yakin cak…

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Dilalah perhari ini IWB kembali mendapatkan informasi susulan namun beda dengan sebelumnya yang bekerja didunia motor….sekarang dari rekan yang bekerja di mobil. Informasinya dilalah sami mawon cak….problem komponen chip membuat banyak mobil dengan fitur canggih tersendat produksinya. Disini IWB kaget….waahh berarti beneraaannnn tooo. Tiga orang berbeda dengan status high profile mengatakan chip problem. Ediann njaran tenan. Terus btw….iki yang dimaksud chip opo ??

Kalau sampeyan nanya spesifik…tentunya IWB belum bisa mendapatkan konfirmasi apapun karena tidak mungkin pabrikan akan menjawab perihal isu ini. Tapi isu yang masuk ke IWB…chip ini berkaitan dengan banyak hal kelistrikan termasuk software. Salah satu yang masuk isu adalah fitur Y-Connect juga membutuhkan chip tersebut. Makanya jangan heran stok yang melimpah adalah versi non Y-connect. Untungnya pabrikan garputala isunya sudah aman hingga sebulan kedepan karena stok berlimpah dari sebelumnya. Tapi konon ini akan bertahan hanya sampai bulan depan. Sedang Honda ?

Itu yang membuat kita berpikir….apakah tersendatnya produksi PCX160 karena berhubungan dengan chip India ini?? Karena hingga sekarang inden PCX160 masih membludak dan yang paling parah tipe ABS. Herannya produksi seperti tidak bisa berakselerasi. Celakanya perusahaan pemasok chip asal India isunya masih belum bisa menjalankan tugasnya akibat kondisi lock down efek pandemic gelombang kedua di negeri Bollywood. Rentetan terus terjadi dan ini juga berpengaruh atas produksi mobil baru andalan Astra yakni Raize dan Rocky….

Last…chip ini sepertinya berhubungan dengan kinerja kelistrikan, sensor canggih kendaraan termasuk TCS hingga koneksi antara HP ke kendaraan dan banyak hal lain. India memang menjadi negara dengan kemampuan luar biasa didunia otomotif. Bahkan mereka juga memproduksi komponen rem Bybre termasuk Minda yang menyuplai Electrical Switches, Power Sockets, Lever Holder Assemblies, Horns & Lighting dan masih banyak lagi lainnya yang dieksport keseluruh negara dunia. Dengan populasi roda dua kita yang menempati rangking 3 besar di dunia jelas kondisi India membuat mumet para pabrikan besar. Isunya konon sekarang para pabrikan sedang menyiapkan rencana alternatif untuk mencari supplier lain jika lock down India masih berlangsung. Semoga saja ada solusi cak….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!