iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….siapa yang nggak penasaran dengan performa new CB150R K15P yang notebene adalah generasi terbaru naked bike 150cc AHM. Motor yang memiliki mesin sama namun ECM berbeda hanya saja generasi sekarang jauh lebih kekar. Rasa penasaran akan top speed masih menjadi poin penting para speed freak walau sebenarnya AHM memang meracik motor ini bukan untuk mencari top speed akibat konfigurasi near square-nya. Tapi ora ono salahe…benerrr horaa cak. Dan kali ini IWB akan mencoba untuk mengadu top speed dua motor beda generasi yakni old CB150R K15N vs New CB150R K15P. Kencang mana ? inilah data sahihnya….

Seperti yang sampeyan tahu Honda sudah merilis generasi terbaru New CB150R dengan segenap perombakan desain dan fitur yang kini lebih gagah tenan cak. Meninggalkan suspensi teleskopik dan sudah dijejali suspensi USD Showa SFF-BP berukuran 37mm….motor ini mendapatkan acungan jempol karena dengan suspensi USD banderol masih ditahan diangka 29 jutaan. Padahal rival dekatnya yakni Vixion standart (mesin belum VVA, swing arm kotak serta suspensi teleskopik) sekarang sudah tembus diangka 27,9 jutaan sedang Vixion R dengan engine lebih besar dan swing arm banana dijual diangka 31,6 jutaan. Artinya motor ini emang value. Tapi kuwiii kan fiturnya? piyee dengan speknya ?

Nahhh, itulah yang banyak dikomentari para biker yang suka top speed. Karakter New CB150R dianggap hanya mengejar torsi dan top speed kurang. Dengan kapasitas mesin 149,2 cc yang didapat dari bore x stroke 57,3 x 57,8 mm….ledakan tenaga adalah 16,9 ps di 9.000 rpm dan torsi 13,8 Nm di 7.000 rpm. Terus apa bedanya dibandingkan dengan versi sebelumnya? ini yang menarik cak. Kenapa ? karena ternyata dari hasil tes cak Aan sebagai Mr Testo yang sudah ngetes performa harian sukses memberikan fakta mengejutkan….

iklan iwb

Yup…dari pengetesan doi, New CB150R K15P terbaru 2021 sukses menorehkan top speed tertinggi diangka 134km/jam. Angka tersebut terbaca dispeedometer yang artinya cukup tinggi untuk ukuran motor dengan limiter pendek dan spek near square. Tapi kuwi kan nang speedometer cakkk, biasanya kalibrasi speedo berbeda dengan GPS untuk alasan safety. Dan memang benar…ketika di cek di GPS race logic, real top speed CB150R diangka 122,9km/jam. Yesss…sudah bisa diduga. Artinya real speed GPS CB150R yang memiliki body lebih gambot mentok diangka 122,9km/jam. Terus gimana dengan CB150R lawas K15N ?

Setelah IWB coba membuka arsip lawas dengan tester dan data alat yang sama…disinilah IWB cukup terkejut cak. Lhoo nyapoooo ? karena ternyata raihan top speed ini justru lebih baik dibandingkan old gen yang notabene lebih langsing soal desain. Yup…dari data cak Aan Otomotif, top speed CB150R versi sebelumnya diperoleh top speed on speedometer 130km/jam atau setara dengan 117,2km/jam. Wowww…..lumayan euy bedanya. Kok bisa yaaa ?? apakah alatnya akurat ? pastinya cak…race logic jangan diragukan. Dan IWB pikir komparasi tersebut sahih karena dilakukan dengan rider yang sama yakni cak Aan yang memiliki bobot cenderung konsisten diangka 65kg. Sebagai gambaran berikut komparasi top speed keduanya…

Honda old CB150R
Top speed spido : 130 km/j
Top speed Racelogic : 117,2 km/j

New Honda CB150R 2021
Spidometer: 134 km/jam
Racelogic: 122,9 km/jam

Last….top speed CB150R terbaru lebih baik dari sebelumnya memang tidak kita duga karena desain body yang lebih gambot dan tanki mekar termasuk shroud kita pikir akan mengebiri performa sang kuda besi. Namun faktanya tidak, justru malah sebaliknya. Dari analisa IWB hal ini tidak lepas dari makin entengnya bobot new gen yang kini hanya 134kg (versi standart) dari sebelumnya 136kg akibat penghilangan kick starter plus pelk yang lebih ringan 0,6kg serta ECM baru menyesuaikan fitur yang kini sudah dijejali gear indicator dan MID BBM. So…Old CB150R vs new CB150R 2021? jebule lebih kencang new CB150R terbaru cak…juozzz tenan ! (iwb)

72 COMMENTS

      • Vixion baru udah ga pernah kelihatan di jalanan.
        Yamaha skrg cuma ngandelin jualan NMAX sama Aerox.
        Lainnya udah ga pada laku.

        • masak sich……di sekitar tempat ku juga jarang tuh….baik cb maupun viixion…..sdh mulai beralih ke motlis…..saatnya gesits beraksi…hasil karya anak bangsa tulen….

      • Ngimpiiiiiiii…. Sebelah (alias vixion R) top speednya 138 km/j (129 gps)
        Lha wong ADV aja dah berkali2 dilumat ama vixion R.

        Ini new CB 150 R jg bakal dilumat abis.
        wkwkwkwkwkw

    • Cb kencang , pigSon lelet itu juga buat apa…sekarang yang dibutuhkan konsumen itu adalah motor yang gak bikin hidup susah , dan hnd adalah tepat ??

      • Bener tuh @joki
        Konsumen memiliki motor bukan karena alasan ” kencang ” .
        Kalau mau kencang buat apa beli mahal motor baru, baiknya beli Reject 25 bekas 20 juta dapet , beli ninja 250 mono bisa, atau beli CBR 250 single juga bisa atau ninja 250 fi gen 1

      • test drag VIXION vs cb150 vs Bandit
        ? VIXION
        0-60 = 4. Detik
        0-80 = 6.1 detik
        0-100 = 10.7 detik
        Top speed = 137 km/h
        Racelogic = 130 km/h
        ? cb150
        0-60 = 4.1 detik
        0-80 = 7.7 detik
        0-100 = 13.5 detik
        Top Speed 130 km/h
        RaceLogic 117.2 km/h
        ? Bandit
        0-60 = 4.1 detik
        0-80 = 6.6 detik
        0-100 = 11.3 detik
        Top Speed 137 km/h
        RaceLogic 127 km/h

        • Jualan sampean hora payu lek wis nerima ae gk smua org mntingin topspeed motor buat harian itu sing pnting nyaman dan keren, motor ampe topspeednya 320km/h jga ttp kalo yg pake ngkong2 ya ttp ae lemot contoh nyata ngkong rossi ktinggalan ae.

  1. Maen di gear rasio doank, top speed lebih tinggi tapi butuh trak lebih panjang, karena akselarasinya di korbankan.

    Coba wak bandingin sama MT15
    Banyak pemirsa menunggu

    • Nah ini yang menurutku gak sebanding karena sudah offside, harusnya mah di bandingkannya dengan suzuki gsx150 karena sama 150 cc dan gak pakai emblem variabel valve

    • Jadi inget dulu pernah baca di media luar tentang komparasi f430 dan gallardo, si pendukung gallardo seneng karena gallardo menang tapi jelas secara spek beda yang satu 4,3L V8 RWD, yang sebelah 5,2L V10 AWD jadi secara spek gallardo harus dan wajar jika menang

        • test drag VIXION vs cb150 vs Bandit
          ? VIXION
          0-60 = 4. Detik
          0-80 = 6.1 detik
          0-100 = 10.7 detik
          Top speed = 137 km/h
          Racelogic = 130 km/h
          ? cb150
          0-60 = 4.1 detik
          0-80 = 7.7 detik
          0-100 = 13.5 detik
          Top Speed 130 km/h
          RaceLogic 117.2 km/h
          ? Bandit
          0-60 = 4.1 detik
          0-80 = 6.6 detik
          0-100 = 11.3 detik
          Top Speed 137 km/h
          RaceLogic 127 km/h

    • Kalau itu lawannya adalah CBR150R, tapi di kelas ini kayaknya performa tidak menjadi acuan utama, karena dari pengamatan dijalan, user dikelas ini beli motor ini ya untuk komuter sebagai alat transportasi harian, sehingga lebih memilih ke desain dan ergonomi, ini yang belum dijadikan perhatian sama yim

      • ekekekekekek

        sport fairingnya ngeles bilangnya dibuat harian komuter performa gak penting
        lah sport naked juga dibilang sama juga alasannya

        lah kug muter muter gak jelas

        H suuuuuRrrrrAM

        mueheheheheh

    • Ngebul Tapi masih bisa jalan,laa motor sesembahanmu, pistonnya macet, mana bisa jalan,wekekkek…, di kiloin aja tu besi rongsokan…

      • Masih bisa jalan apanya? Yg ada.. Malah gak bisa nyala2 lagi mesinnya. Emang situ baru tau ya kl motor yamehe demen mogok? ?

        • kalo ngebul masih ada pembakaran,brati masih nyala tu mesin,la kalo piston macet,mandeg,siapa yang dorong skrng?,goblok..,yang pasti bukan motor baru tapi pistonnya macet,kllotok2,dongok di piara…,kiloin aja udah tu sesembahanmu,wkkkk…,malu atuh..,salam fitur body getar,brrrrrr…,batok getar, jalan sambil di pegangin tangan,brrrrrr….,gredek matic gak bisa ilang, cat kusam, stiker kusam,

          • Lu pikir ngebul doang?
            Meledug tauuuu.. Kehabisan oliii..
            Hahahaa
            Lu tanyain coba bengkel2 pinggir jalan. Udah biasa mereka dgn komstir oblak yamahe, crankase pecah, injektor macet, sensor fi yg error.
            Gak usah ngomonging body kinclong. Semua jg tau yamahe hanya jago bikin plastik tp msh belajar bikin mesin. Percobaan 150 cc dohc aja msh gagal total meledug di tanjakan sumatra ???

    • ekekekekek
      .FBH ngomong produk sesembahannya sendiri

      Udah klotok klotok bocor Rembess Ngebulll Meleduk lagi

      H suuuRrrAM

      mueheehhehe

  2. wkkkkkk
    gak berani di adu sama pigson!
    baru 60km/jam udah lihat knalpot pigson
    betapa lemotnya si cb

    • Faktany kencengan mesin vixion vva series drpd near square yg ini,,tp mslhnya koq yg lebih kenceng mlh kurang laku ya?????

  3. Bisa jadi Ridernya lebih enteng bobotnya.. kn abis puasa jd berkurang bobotnya..
    5 kilo apa 3 kilo juga pengaruh.. kalo d tes bersamaan baru sahih.

    • Yamaha crypton dan fizr merupakan motor yang tampangnya EverLasting
      Gw suka banget sama modelnya, dulu di SPBU pernah lihat fizr masih kinyis sayang gak bisa ditawar
      Hahahahahahahaha

        • Yg klotok2 itu aerox dan mt15
          Ngorok pula.
          Mesin suka ngempos macam motor vinales di motogp.
          Di motogp aja memalukan, aplg di produksi massal ???

  4. Faktany kencengan mesin vixion vva series drpd near square yg ini,,tp mslhnya koq yg lebih kenceng mlh kurang laku ya?????

    • Karna orang sini pada mentingin keren dan harga jual tinggi daripada kualitas dan mesin wkwkwkw

    • Desain no. 1. Kencang dan murah serta cc lebih besar tidak jaminan lebih laku. Lirik fino vs scoopy

      • ekekekekek

        yg belu Bocil Bocil kena tipu MedSos
        pengen PanSoS

        H suuuuuRrrrrAM

        muehehehrhe

        • Kebiasaan halu.
          Dimana-mana juga orang tau fino si motor magic jar hanya berdebu di gudang ???

  5. Jangan lupakan tangki yang berubah dari besi tulen jadi elpiji kondoman…tentu ikut nyumbang pengurangan bobot

    • ekekekekekek

      Tangki Kondommm dulu di nyinyirrr egh skarang FBH j*lat ludah

      H suuuuRrrrrAM

      muehehehege

  6. wk wk
    Coba si koltok ini di test diadu sama si pampir oli our mesin poging
    Pasti best banget broor srob

  7. Desain no. 1. Kencang dan murah serta cc lebih besar tidak jaminan lebih laku. Lirik fino vs scoopy

    • ekekekekekke

      fino terus menanjak
      tiap hari ada aja seliweran

      berkebalikan dgn Skopi Seretttt dulu katanya sampai Inden skarang Meluber sampai di Trotoar

      H suuuuuuRrrAM

      meueuehehe

  8. test drag VIXION vs cb150 vs Bandit
    ? VIXION
    0-60 = 4. Detik
    0-80 = 6.1 detik
    0-100 = 10.7 detik
    Top speed = 137 km/h
    Racelogic = 130 km/h
    ? cb150
    0-60 = 4.1 detik
    0-80 = 7.7 detik
    0-100 = 13.5 detik
    Top Speed 130 km/h
    RaceLogic 117.2 km/h
    ? Bandit
    0-60 = 4.1 detik
    0-80 = 6.6 detik
    0-100 = 11.3 detik
    Top Speed 137 km/h
    RaceLogic 127 km/h

  9. ekekekrkekrk

    Penjualan Vixion tetep Anteng cak
    Area JaTim Ludess stock tipis

    berkebalikan dgn C3Bong Klotok klotokkk terjunnnn bebas

    H suuuuRrrrAM

    mueheheheheh

  10. ekekekekrjr

    VIXION = 16.800 unit / bulan
    Cb150 = 6.700 unit / bulan

    Bagaikan nyungsep megap megap

    H suuuuuRrrrAM

    mueheheheehe

  11. ekekekekekk

    tumben nyaplok hasil orang lain

    perasaan dr kmaren2 gak pernah di bikin artikel

    H suuuuuuRrrrrAM

    muehehehehehe

  12. ekekekekek

    Gerombolan Kobo Chan

    dimana nih, kalau perlu test dyno juga
    kan kayak maticnya masa sport kagak

    siapa tahu Test dyno meningkat

    H suuuRrrAM

    mueheheheh

  13. ekeekeeke

    jadi nih critanya mau jualan matic apa sport

    Kobol Kobol

    H suuuuuRrrrrAM

    mueheheheh

  14. Pnjualan vixion anteng.????
    Dri mlut y.si mijone alias mbah darmo.

    qiqiqiqiqiqi……

Comments are closed.