iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….siapa yang nggak penasaran dengan performa new CB150R K15P yang notebene adalah generasi terbaru naked bike 150cc AHM. Motor yang memiliki mesin sama namun ECM berbeda hanya saja generasi sekarang jauh lebih kekar. Rasa penasaran akan top speed masih menjadi poin penting para speed freak walau sebenarnya AHM memang meracik motor ini bukan untuk mencari top speed akibat konfigurasi near square-nya. Tapi ora ono salahe…benerrr horaa cak. Dan kali ini IWB akan mencoba untuk mengadu top speed dua motor beda generasi yakni old CB150R K15N vs New CB150R K15P. Kencang mana ? inilah data sahihnya….

Seperti yang sampeyan tahu Honda sudah merilis generasi terbaru New CB150R dengan segenap perombakan desain dan fitur yang kini lebih gagah tenan cak. Meninggalkan suspensi teleskopik dan sudah dijejali suspensi USD Showa SFF-BP berukuran 37mm….motor ini mendapatkan acungan jempol karena dengan suspensi USD banderol masih ditahan diangka 29 jutaan. Padahal rival dekatnya yakni Vixion standart (mesin belum VVA, swing arm kotak serta suspensi teleskopik) sekarang sudah tembus diangka 27,9 jutaan sedang Vixion R dengan engine lebih besar dan swing arm banana dijual diangka 31,6 jutaan. Artinya motor ini emang value. Tapi kuwiii kan fiturnya? piyee dengan speknya ?

Nahhh, itulah yang banyak dikomentari para biker yang suka top speed. Karakter New CB150R dianggap hanya mengejar torsi dan top speed kurang. Dengan kapasitas mesin 149,2 cc yang didapat dari bore x stroke 57,3 x 57,8 mm….ledakan tenaga adalah 16,9 ps di 9.000 rpm dan torsi 13,8 Nm di 7.000 rpm. Terus apa bedanya dibandingkan dengan versi sebelumnya? ini yang menarik cak. Kenapa ? karena ternyata dari hasil tes cak Aan sebagai Mr Testo yang sudah ngetes performa harian sukses memberikan fakta mengejutkan….

iklan iwb

Yup…dari pengetesan doi, New CB150R K15P terbaru 2021 sukses menorehkan top speed tertinggi diangka 134km/jam. Angka tersebut terbaca dispeedometer yang artinya cukup tinggi untuk ukuran motor dengan limiter pendek dan spek near square. Tapi kuwi kan nang speedometer cakkk, biasanya kalibrasi speedo berbeda dengan GPS untuk alasan safety. Dan memang benar…ketika di cek di GPS race logic, real top speed CB150R diangka 122,9km/jam. Yesss…sudah bisa diduga. Artinya real speed GPS CB150R yang memiliki body lebih gambot mentok diangka 122,9km/jam. Terus gimana dengan CB150R lawas K15N ?

Setelah IWB coba membuka arsip lawas dengan tester dan data alat yang sama…disinilah IWB cukup terkejut cak. Lhoo nyapoooo ? karena ternyata raihan top speed ini justru lebih baik dibandingkan old gen yang notabene lebih langsing soal desain. Yup…dari data cak Aan Otomotif, top speed CB150R versi sebelumnya diperoleh top speed on speedometer 130km/jam atau setara dengan 117,2km/jam. Wowww…..lumayan euy bedanya. Kok bisa yaaa ?? apakah alatnya akurat ? pastinya cak…race logic jangan diragukan. Dan IWB pikir komparasi tersebut sahih karena dilakukan dengan rider yang sama yakni cak Aan yang memiliki bobot cenderung konsisten diangka 65kg. Sebagai gambaran berikut komparasi top speed keduanya…

Honda old CB150R
Top speed spido : 130 km/j
Top speed Racelogic : 117,2 km/j

New Honda CB150R 2021
Spidometer: 134 km/jam
Racelogic: 122,9 km/jam

Last….top speed CB150R terbaru lebih baik dari sebelumnya memang tidak kita duga karena desain body yang lebih gambot dan tanki mekar termasuk shroud kita pikir akan mengebiri performa sang kuda besi. Namun faktanya tidak, justru malah sebaliknya. Dari analisa IWB hal ini tidak lepas dari makin entengnya bobot new gen yang kini hanya 134kg (versi standart) dari sebelumnya 136kg akibat penghilangan kick starter plus pelk yang lebih ringan 0,6kg serta ECM baru menyesuaikan fitur yang kini sudah dijejali gear indicator dan MID BBM. So…Old CB150R vs new CB150R 2021? jebule lebih kencang new CB150R terbaru cak…juozzz tenan ! (iwb)

iklan iwb
Previous articleSingapura makin ganas, motor tua akan segera diberangus !
Next article[HOT] Rossi berharap bisa membalap di Indonesia, tapi sinyal lemah ?? waduhh
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!