iklan iwb

Iwanbanaran.com ? Caakkk… Soal emisi gas buang sepeda motor memang menjadi hal yang sudah biasa, dan setiap negara pun memiliki aturan tersendiri cak soal emisi gas buang. Tapi baru-baru ini cak di negeri singa alias Singapura memiliki aturan baru dan akan diberlakukan beberapa waktu kedepan. Ngerinya cak, aturan ini akan memberangus motor tua yang berseliweran disana. Wwaaahhhh….emang nyapoooo??

Sepertinya motor tua bakal tidak berumur panjang di Singapura. Hal ini konon sebagai upaya untuk memperbaiki kondisi lingkungan yang semakin memburuk, negara Singapura melalui National Environment Agency (NEA) bakal lebih memperketat standar emisi untuk semua sepeda motor khusunya motor konvesional yang terdaftar di Singapura sebelum tanggal 1 Juli 2003. Jelas cak motor pada tahun tersebut memang terbilang cukup tua dan untungnya masih bisa digunakan hingga 30 Juni 2028 mendatang asalkan gas buang sepeda motor memenuhi aturan standar emisi yang berlaku di Singapura saat ini.

Kemudian mulai 1 April 2023 mendatang cak, Singapura akan memberlakuakn aturan kebisingan terbaru secara nasional agar nantinya cak aturan ini berefek pada aturan emisi gas buang yang lebih ketat. Selain itu aturan standar emisi yang ketat juga berlaku untuk sepeda motor asing dari luar Singapura. Tentunya cak aturan ini akan sedikit merepotkan warga Malaysia kuhusnya Johor yang bekerja di Singapura dengan kendaraan motor setiap harinya. Lalu untuk hal tersebut, uji emisi akan diberlakukan di Malaysia sebelum kendaraan motor memasuki wilayah Singapura.

iklan iwb

Yups aturan itu sendiri akan dilakukan secara bertahap cak yakni pada 1 April 2023 mendatang dan seluruh motor yang beredar dan beroperasi di Singapura harus memenuhi standar Euro 5. Nah sayangnya cak, setelah tahun 2028 semua sepeda motor yang terdaftar dibawah tahun 2003 dilarang beroperasi cak alias tidak boleh digunakan sama sekali di negeri singa…..?

Sementara itu cak, biker pemilik motor tua atau motor dengan registrasi dibawah tahun 2003 sangat disarankan untuk melakukan pencabutan registrasi motornya tersebut. Karena biker yang melakukan pencabutan registrasi akan mendapat insentif sebesar SGD3.500 atau sekitar 37,1 jutaan. Tentunya cak dengan uang tersebut diharapkan biker bisa membeli motor baru yang sesuai dengan aturan emisi gas buang Euro 5. Sebagai informasi, insentif ini menyasar 60% dari 27.000 sepeda motor yang memenuhi syarat yang berlaku dan insentif hanya diberikan hingga 5 April 2023. Motor tua diberangus? Waahhh kalau sih mau-mau aja cak lawong insentifnya guedeeee….bener horaaa? (RA iwb)

35 COMMENTS

    • ekekekekkeke

      owh yg motor ndaHON langsung trun mesin itu
      apa yg klotokkk klotokkk apa yg bocorrrrr ..upsss ngebull bull bull

      ngeboell itu Assssyikkkk

      H suuuuRrrrrAM

      mueheheheheh

      • Jd ingat kata ngabidin.
        Ngebull di rpm 7500 itu normal
        Viksenn.. Oh viksen..
        Udah ngebul, vampir oli pula ?

    • Kapan ya indonesia menerapkan itu, gue punya motor honda astrea prima masih OK, tapi klu diberangus diganti 37 juta ya mau dong khan bisa untuk beli Yamaha Aerox ?????

    • Ruantei kemm ross sackk dipelihara dari jaman tigor2000 hingga CB150R THE NEW KING OF K_em_o_r_o_Z_a_c_k

    • ekekekekkeke

      Real Sultan Y mau ngapain bebas gak pasaran namanya aja Sultan.

      sampai gak tega lihat pabrikan H sebelah mesinya dijualin ke Real Sultan Y , dr pada numpukk digudang mah Dibeli sma Teal Sultan Y

      H suuuuuRrrrrAM

      mueueueuehe

  1. Kayaknya bakal banyak motor legend 2 stroke jadul yg bakalan dijualin ke luar Singapura, misal ke pulau Batam gitu..

      • ekekekekke

        Diobral didiskon tetep horra payu numpukkk digudang
        motor sport ndaHON produksi lawasss yg ngakunya larisss sampai di Lelang tetep SePi Peminat

        H suuuuuRrrrAM

        mueheheheheh

  2. Motor honda udah euro 5 semua…kalo yamaha euro 1 ga tembus…masih keluar asep

    • ekekekekekke

      Yamaha Euro Star 5 king Kipas Kipas Euro

      H ??? Euro not Clasificasion

      H suuuuuRrrrAM

      mueheheheheheh

    • Samplik maning mulut loe kluar asep, rokok tembakau kemenyan mirip knalpot supra wkwkkk

  3. ekekekekke

    Motor Tua itu artinya motor Bapak Bapak

    Aka motor NdaHON

    H suuuuuRrrrAM

    mueheheheheh

    • Iya ya ya ya ya punya gue honda astrea prima masih OK, mau dong diberangus asal diganti 37 juta, dapat motor Yamaha Aerox baru ???????

  4. Nah insentifnya wajib ditiru prov pulau jakarta
    Menurut saya ganjil genap juga sudah merugikan bagi wajib pajak
    Karena tidak ada insentif

  5. Yamaha jelek.. mesinya abal2.. aku beli yamaha hanya untuk jemuran saja..???

  6. Klo di Singapura ya mungkin saja tp disini, di USA, di Indihe, di China di Brasil, di Rusia, di Argentina, di Thailand dan di negara yg wialayahnya luas ya angel nde, kecuali dikota besarnya saja. Klo Singapura ya iyalah gedenya aja cuma se Jakarta.

  7. Motor/mobil listrik jika blm didukung SPBU buat ngecas Baterai yg bisa Fast Charger dibawah 1 jam sepertinya masih sulit diminati masyarakat krn kendala utama adalah Cas Baterai klo ngecas 4 jam baru penuh sulit diterima. Tuker baterai sistemnya gmn, baterai OK di tuker dapet baterai yg bermasalah kan bisa mogok di tengah hutan repot.

  8. HANCURKAN motor? ngebul…

    ga perduli motor muda kek motor tua kek BAKAR smw itu motor? berasap

Comments are closed.