iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Caakkk… Soal emisi gas buang sepeda motor memang menjadi hal yang sudah biasa, dan setiap negara pun memiliki aturan tersendiri cak soal emisi gas buang. Tapi baru-baru ini cak di negeri singa alias Singapura memiliki aturan baru dan akan diberlakukan beberapa waktu kedepan. Ngerinya cak, aturan ini akan memberangus motor tua yang berseliweran disana. Wwaaahhhh….emang nyapoooo??

Sepertinya motor tua bakal tidak berumur panjang di Singapura. Hal ini konon sebagai upaya untuk memperbaiki kondisi lingkungan yang semakin memburuk, negara Singapura melalui National Environment Agency (NEA) bakal lebih memperketat standar emisi untuk semua sepeda motor khusunya motor konvesional yang terdaftar di Singapura sebelum tanggal 1 Juli 2003. Jelas cak motor pada tahun tersebut memang terbilang cukup tua dan untungnya masih bisa digunakan hingga 30 Juni 2028 mendatang asalkan gas buang sepeda motor memenuhi aturan standar emisi yang berlaku di Singapura saat ini.

Kemudian mulai 1 April 2023 mendatang cak, Singapura akan memberlakuakn aturan kebisingan terbaru secara nasional agar nantinya cak aturan ini berefek pada aturan emisi gas buang yang lebih ketat. Selain itu aturan standar emisi yang ketat juga berlaku untuk sepeda motor asing dari luar Singapura. Tentunya cak aturan ini akan sedikit merepotkan warga Malaysia kuhusnya Johor yang bekerja di Singapura dengan kendaraan motor setiap harinya. Lalu untuk hal tersebut, uji emisi akan diberlakukan di Malaysia sebelum kendaraan motor memasuki wilayah Singapura.

iklan iwb

Yups aturan itu sendiri akan dilakukan secara bertahap cak yakni pada 1 April 2023 mendatang dan seluruh motor yang beredar dan beroperasi di Singapura harus memenuhi standar Euro 5. Nah sayangnya cak, setelah tahun 2028 semua sepeda motor yang terdaftar dibawah tahun 2003 dilarang beroperasi cak alias tidak boleh digunakan sama sekali di negeri singa…..😑

Sementara itu cak, biker pemilik motor tua atau motor dengan registrasi dibawah tahun 2003 sangat disarankan untuk melakukan pencabutan registrasi motornya tersebut. Karena biker yang melakukan pencabutan registrasi akan mendapat insentif sebesar SGD3.500 atau sekitar 37,1 jutaan. Tentunya cak dengan uang tersebut diharapkan biker bisa membeli motor baru yang sesuai dengan aturan emisi gas buang Euro 5. Sebagai informasi, insentif ini menyasar 60% dari 27.000 sepeda motor yang memenuhi syarat yang berlaku dan insentif hanya diberikan hingga 5 April 2023. Motor tua diberangus? Waahhh kalau sih mau-mau aja cak lawong insentifnya guedeeee….bener horaaa🤣 (RA iwb)

iklan iwb
Previous articleMakin kenthirrrr, BMW perkenalkan Traction Control dengan kameraaaa !!
Next articleAdu kencang old CB150R vs New CB150R 2021….hasilnya sangat mengejutkan !!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!