iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..gamblang sudah penantian kita. Fix perhari ini Yamaha Eropa resmi meluncurkan New YZF-R7 lengkap dengan gambar detil dan sekilas spesifikasi yang ternyata secara fisik dikatakan lebih slim dibandingkan R25 sekalipun. Konfirmasi ini tentu mengejutkan tanda Yamaha bekerja keras agar new New YZF-R7 memiliki koefisian drag sebaik mungkin mengingat mesin yang disandang hanyalah 2 silinder. Seperti apa ? intip sosok detilnya dibawah ini….

Setelah kita berhasil membongkar Yamaha new R7, akhirnya per hari ini Yamaha Eropa resmi meluncurkan sosok yang disebut sebagai versi fairing MT-07 tersebut. Diversifikasi engine dan frame yang memang betul-betul dicangkokkan oleh Yamaha pada generasi R7 ini akhirnya terbuka secara gamblang. Tidak usah kita bahas kembali background atau History kenapa Yamaha meluncurkan R7 untuk menggantikan eksistensi R6 yang sudah disuntik mati…. tapi yang jelas fix memang motor ini betul-betul identik dari sektor dapur pacu ataupun frame serta komponen lain….

Yup….betul cak, inilah Yamaha R7 yang difokuskan untuk meramaikan pasar 650-700cc middle weight dua silinder. Namun yang berbeda adalah pendekatan yang dilakukan oleh Yamaha pada R7 Di mana mereka murni memposisikan motor 2 silinder ini sebagai sport fairing yang racy. Pendekatan yang dilakukan oleh Yamaha berbeda dibandingkan dengan dua Rival lainnya yakni Honda serta Kawasaki yang juga memiliki motor di segmen yang sama lewat Ninja 650 serta CBR650R (4 silinder tapi range harga sama). Maka untuk R7 Yamaha memilih stang dengan posisi underyoke….

iklan iwb

Untuk frame sendiri basisnya sama dengan MT07 yakni model tubular Steel termasuk swing arm model banana dengan lubang di bagian tengah. Namun yang berbeda adalah suspensi depan di mana R7 sudah mengadopsi USD berukuran 41mm dengan preload dan rebound. Selain itu crown handle juga berbeda dibandingkan MT07 karena Yamaha R 7 menggunakan stang clip on atau jepit. Alhasil sudut putar kemudi juga lebih pendek dibandingkan dengan MT 07. Jika Yamaha MT-07 mencapai 24,5 derajat maka untuk Yamaha R7 hanya 23,7 derajat. Yang menarik Yamaha juga merubah wheelbase…

Untuk mendapatkan kelincahan manuver… Yamaha merevisi wheelbase R7 sedikit lebih pendek dibandingkan dengan MT07. So…jika wheelbase MT07 adalah 1400mm maka untuk R7 adalah 1395mm. Selain itu karena distribution weight berubah di mana untuk R7 lebih berat bagian depan Maka Yamaha juga melakukan perombakan ulang di bagian suspensi belakang. Dikatakan lebih stiff atau kaku sehingga memiliki kestabilan lebih baik dibandingkan dengan MT 07. Itu belum termasuk posisi footstep depan yang sedikit digeser ke belakang guna menyesuaikan ergonomi riding supersport. Dipercaya perombakan ini memberikan fell riding yang lebih baik. Terus bagaimana dari sektor dapur pacu?

Untuk mesin seperti yang sudah pernah IWB bahas sebelumnya motor ini menggunakan basis mesin MT07 yakni 689cc CP2 (Twin). Yang menarik ternyata peak powernya juga mirip cak. Dari konfirmasi yang IWB peroleh ledakan tenaga New R7 berada dikisaran 73,[email protected] dengan torsi [email protected] Wowww…jebule sami mawon cak,  power tidak mengalami perubahan dibandingkan dengan MT07. Padahal IWB berharap setidaknya R7 bisa tembus di angka 75 hingga 80PS. Ternyata faktanya tidak. Wahhh kecewa dong, mosok sami mawon?

Eittt… Tunggu dulu cak. Walaupun di atas kertas secara spesifikasi Sami mawon namun Yamaha mengklaim R7 memiliki top speed 16 km per jam lebih tinggi dibandingkan dengan MT-07. Hal ini ditunjang oleh kalkulasi aerodinamika yang lebih baik (fairing), penggunaan ECU baru serta adanya tweak pada intake duct, knalpot serta sistem injeksi. Selain itu Yamaha juga melakukan perombakan di bagian gir rasio untuk memperbaiki akselerasi. Berita Bagus lainnya adalah Yamaha R7 sudah dijejali fitur assist and slipper clutch. Sementara untuk quick Shifter hanya bisa dilakukan untuk hanya menambah gigi itupun bersifat opsional atau harus ada ada biaya tambahan…..

Yamaha R7 dibekali velg palang 10 dengan desain sama yang digunakan MT-07. Untuk ban sendiri ternyata sama dibandingkan dengan versi naked di mana ban belakang adalah 180/55’17 dan 120/70’17 depan. Yang surprise cak dari konfirmasi beberapa media luar, ternyata lebar R7 sangatlah kompak. Mereka sebut slim karena motor ini walau kubikasi 700cc namun dimensinya dikatakan lebih slim dibandingkan R125 serta R25/R3 sekalipun. Wwwoooww…..kompak berarti cak…

Last….Yamaha menawarkan R7 dengan 2 pilihan warna yakni hitam serta icon blue. YZF-R7 baru akan didistribusikan mulai Oktober 2021 dengan estimasi harga di Kisaran 8000 Euro atau jika kita konversi ke rupiah jatuhnya adalah 139,7 juta. Harga ini tidak bisa dipandang murah Karena Honda CBR650R yang memiliki mesin 4 silinder 650 cc dengan power 90 PS dijual oleh Honda di angka 8.049 Euro atau 140 jutaan. Sedang Kawasaki Ninja 650 (2 silinder) dijual diangka 6899 Euro atau 120 jutaan termurah. Nah… untuk memberikan gambaran inilah gambar detail dari Yamaha new R7 yang desain memang galak banget. Semoga saja next R25 seperti ini…bener horaa cakk ?? (iwb)

iklan iwb
Previous article[HOT] Rossi makin mantap pilih Ducati untuk Aramco VR46 Motogp, kenapa bukan Yamaha ??
Next articleSenyum kepuasan Jack Miller setelah menyamai record Casey Stoner !
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!