iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….kalau musuh balung coklek ancen abot cakk, tulang puthul abot tenan sanggane soale proses recovery memang butuh waktu lamaaaaa. Belum lagi saraf sekitar yang sulit pulih 100 %. Itulah yang sekarang mendera Marc. Skill balapnya seperti dikebiri fisik, dan balapan Le Mans pun menurutnya akan butuh usaha keras sebab hingga sekarang Marc Marquez masih sulit belok ke kanan. Duh kepriyeee cakkkk….

Seperti yang kita semua tahu, riding style Marc memang cukup aneh ketika doi rebah kekanan. Hal ini karena kekuatan lengan kanannya masih 50 % ditambah cedera lama yakni saraf bahu yang sudah rusak. Marc sendiri saat kualifikasi lebih lambat 0,437 detik dibandingkan pole seater Fabio Quartararo…..

” Pada hari Jumat aku merasa tidak nyaman, terutama trek kering. Tapi ketika aspal basah, aku merasa lebih baik. Syukurlah setelah itu pelan-pelan pada kondisi kering aku membaik di hari Sabtu, aku lihat dari lap time di FP4. Begitu pula disore hari, Aku tidak terlalu buruk saat sesi kualifikasi, tetapi kondisinya tidak sempurna. Sayangnya, aku tidak mencoba time attacking pada detik-detik terakhir. Tapi aku sangat senang….

iklan iwb

” Jadi seharusnya aku bisa lebih baik walau sulit. Ketika aku melakukan time attacking dengan sedikit putaran dan cengkeraman ban rendah, aku justru bisa menorehkan waktu cukup baik. Hal ini karena aku bisa beradaptasi dengan sangat cepat, itu selalu menjadi kekuatanku. Tetapi jika kamu melakukannya dengan kondisi serba terbatas… artinya kamu harus melakukannya lebih keras, disaat itulah fisikmu terkuras dan pada akhirnya aku menghadapi masalah….” seru Marc. Masalah apa yang dimaksud doi ?

“ Kekuatan otot kiriku mendekati 80 % karena aku terus ngepush melakukan gym, sedang bagian kanan masih 50 %. Terutama bahu belakangku, pada gerakan tertentu aku masih mengalami kesulitan. Saat ini kami berusaha keras dengan latihan khusus. Aku sudah menjalani operasi di bahu ini pada musim dingin sebelumnya dan inipun bahkan belum sembuh 100 %. Saat itu saraf mengalami kerusakan sehingga proses rehabilitasi kini semakin rumit. Nah…khusus Le Mans, sebenarnya tidak semua tikungan aku bermasalah….

” Hanya di beberapa tikungan. Di Le Mans pada tikungan 1, 5 dan 8….belok kekiri aku merasa sangat baik, hampir normal. Tapi kondisi ini juga memiliki efek sebaliknya. Ditikungan kiri aku harus mengimbangi waktu belok kanan yang terbuang. Aku terlalu ngepush ketika kekiri sehingga membuatku kelelahan. Masalah utama adalah belok kanan yang masih sulit bagiku. Pada saat-saat tertentu, aku tidak dapat mengontrol motor seperti yang aku inginkan. Tidak hanya membuatku merasa tidak aman, tapi juga tidak membuatku merasa nyaman. Artinya saat ini tidak semua dibawah kendaliku. Untunglah hari ini aku start dari baris kedua sehingga membuat pekerjaanku lebih mudah, itulah yang ingin kami lakukan….. “ tambah Marc. Terus apa strategi saat race nanti ?

Jika basah, aku akan fokus pada riding styleku setelah start supaya aku bisa cepat dan tepat. Dan jika balapan berlangsung kering….aku akan fokus pada tubuhku, tidak berusaha untuk mendorong terlalu keras di awal agar aku bisa bertahan hingga finish. Jujur aku merasa lebih nyaman saat basah, tetapi aku juga tahu bahwa ini selalu merupakan pertaruhan dan lebih berisiko (crash). Aku sendiri lebih bermasalah ketika race kering, namun kondisi ini sebenarnya baik untuk rehabilitasikau karena aku lebih banyak menggunakan lenganku. Tapi sekali lagi jika disuruh memilih, aku berharap nanti balapan berlangsung basah. Karena Aku merasa lebih baik dan dapat membalap sesuai keinginanku….” tutup Marc. So….artinya apa? buat FBH, berdoalah trek hujan dan usir pawang hujan dari Le Mans biar Marc bisa merangsek kedepan wkwkwkwk. Kita tunggu saja race nanti, horaa sabarrrr….(iwb)

Hasil Kualifikasi MotoGP 2, Le Mans:
1. Fabio Quartararo, Yamaha, 1: 32.600 menit
2. Maverick Viñales, Yamaha, +0.081 detik
3. Jack Miller, Ducati, +0.104
4. Franco Morbidelli, Yamaha, +0.166
5. Johann Zarco, Ducati, +0.277
6. Marc Márquez, Honda, 0.437
7. Takaaki Nakagami, Honda, +0.520
8. Pol Espargaró, Honda, +0.550
9. Valentino Rossi, Yamaha, +0.791
10. Miguel Oliveira, KTM, +1.267
11. Lorenzo Savadori, Aprilia, + 1.658
12. Luca Marini, Ducati, +1.665

Hasil Kualifikasi MotoGP 1, Le Mans:
1. Lorenzo Savadori, Aprilia, 1: 42.550 menit
2. Luca Marini, Ducati, +0.802 detik
3. Aleix Espargaró, Aprilia, +0.868
4. Joan Mir, Suzuki, +0.872
5. Alex Rins, Suzuki, +0.973
6. Pecco Bagnaia, Ducati, +0.980
7. Danilo Petrucci, KTM, +1.307
8. Iker Lecuona, KTM, +1.774
9. Alex Márquez, Honda, +2.596
10. Tito Rabat, Ducati, +3.040
11. Brad Binder, KTM, +3.361
12. Enea Bastianini, Ducati, +3.573

iklan iwb
Previous article” Kita akan sulit bertahan didepan jika hujan…” tukas Quartararo jelang race Le Mans !
Next articleWarm Up Le Mans : Marc Marquez dlosor, Ducati – KTM kuattt !!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!