iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkk……bocorrrr cakkkk, gambar generasi terbaru New YZF R-7 terkuak gamblang membuat kita terperangah. Kenapa ? karena walaupun masih menggunakan frame model tubular Yamaha berhasil melakukannya. Yup….seperti inilah harusnya sosok new R25 nanti, sebuah desain yang IWB katakan keren puoll untuk ukuran mesin 2 silinder dan frame tubular.  Dan disini desainer Yamaha seakan berhasil membuktikan frame pipa bulat bukan penghalang untuk meracik sebuah desain yang padat, dan inilah Penampakan gamblang Yamaha YZF R-7….edian iki baru kerenn !!!!

Sembrono kuadrat cak, mungkin itulah yang bisa kita tangkap atas bocornya sosok Yamaha new YZF R7 yang seharusnya baru dibuka pada tanggal 18 Mei 2021 nanti. Tapi cak…berkat kecerobohan Yamaha USA, kita seperti mendapatkan rejeki nomplok karena jadi tahu desain new YZF-R7. Sebuah desain yang IWB katakan nyaris mirip dengan generasi sebelumnya yakni YZF R6 yang sudah diskontinue. Desain ini begitu agresif karena mampu mempertontonkan lekukan tajam hampir pada semua Sisi body….

Monggo sampeyan perhatikan di area depan yang serba Lancip dengan DRL semi vertical. Bentuk desain ini mengingatkan kita pada karakter desain YZF R series kecuali R25 dan R3. Yang bikin kita penasaran dibagian DRL tersebut sampeyan akan menemukan ruang kisi-kisi yang dicurigai sebagai bagian dari ram air…. termasuk coakan berbentuk U yang mengitari lampu utama model projector tunggal di bagian tengah yang seharusnya sebagai lubang ram air. Asliii…iki desain headlamp paling nyleneh yang pernah IWB temui. Lhaaa piyeee…projie ditaruh diarea ram air….opo ora sadis cak…

iklan iwb

Kemudian jika pandangan kita alihkan di bagian lampu sein, ternyata masih nongol atau tidak terintegrasi dengan fairing. Model lampu seinnya sangat mirip dengan yang dipakai MT-07. Sepertinya semua motor sport Yamaha akan menggunakan lampu sein model LED ini. Kemudian untuk suspensi, beda dengan MT-07 yang teleskopik sebagai basis pengembangan untuk R7….. suspensi R7 menganut suspensi USD berwarna hitam yang dikawinkan perangkat rem dual disk kiri-kanan. Dan satu poin yang cukup menarik bagi IWB adalah lekukan moncong dibagian bawah headlamp….

Sekilas kayak lengkungan mulut ikan lele….unik tapi tetap keren cak. Untuk kaliper rem sendiri sudah menganut model radial…. dengan disk brake Floating non wave. Ketika mata kita sapu di bagian samping fairing di situ secara brilian designer Yamaha mampu menutupi kekurangan frame tubular yang biasanya terlihat kosong. Harus IWB akui mereka berhasil menjalankan tugasnya dengan permainan plastik yang begitu apik sehingga motor terlihat tetap padat. Permainan layer demi layer dari depan hingga belakang. Walaupun masih ada celah kekosongan di bagian atas crankcase…namun secara general motor ini keren…

Dua poin yang memang memberikan feel kuat sebagai R Series adalah lubang kisi-kisi di bagian tanki…. termasuk buritan yang memang betul-betul memberikan karakter R6 dan R1. Untuk swing arm sendiri dipastikan menggunakan komponen milik Yamaha MT-07…. termasuk knalpot midship muffler yang diusung. Jadi jika kita perhatikan secara seksama generasi terbaru R7 ini menggunakan mesin MT-07, swing arm, knalpot, pelk, frame, fender belakang, hingga perangkat disk brake dan kaliper dari sang master of torque. Ini artinya swing arm disinyalir belum menganut model monocross alias tanpa link. Koyone ngono cak…

Last… diperkirakan Yamaha R7 bakal memiliki power pada kisaran 73 HP serta Torsi berada diangka 67Nm. Tapi karena motor ini menggunakan karakter sport fairing yang mengejar top speed bukan akselerasi seperti halnya MT 07…. bisa saja Yamaha YZF R7 bakal lebih powerfull namun torsi sedikit turun. So..mappingnya berbeda cak. Konfigurasi mesin sendiri diduga menganut model 2 silinder CP2 dengan kompresi di Kisaran 11,5 :1 dengan kapasitas murni di Kisaran 689 ccc. Untuk detailnya IWB sudah lampirkan beberapa bocoran screen capture video Yamaha USA dibawah ini. So…new R7? Kalau desain R25 kayak gini pasti langsung melejit, bener ora cak. Kita tunggu saja tanggal peluncuran di 18 Mei nanti….(iwb)

 

iklan iwb
Previous article(Motogp FP2 Le Mans) Zarco terkencang, Pasukan Yamaha bangkit…Marc turun, semua crashhhh !!
Next articleMarc Marquez akui sedikit kuatir jika cuaca Le Mans hujan !!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!