iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com- Cakkkkk…….ternyata setelah CB150R merangkak naik dengan spek dan harga yang berbeda pula, cukup banyak komentar dilayangkan dibeberapa kanal sosial media mencoba membandingkan sang naked dengan MT15. Maklum cak….motor ini sudah dijejali suspensi depan yang sama yakni USD walaupun secara spek berbeda dimana CB150R sudah SFF BP sementara MT15 masih SFF dengan vendor berbeda pula (Showa vs Kayaba). Nah…dari sana beberapa pertanyaan mampir ke IWB, Honda new CB150R vs Yamaha MT15…pilih mana ??? karena sudah sama-sama merasakan posisi riding dan detil lain…berikut opini yang bisa IWB share kesampeyan…..

Jika sampeyan bertanya tentang milih mana sah-sah saja kita komparasi. Namun sebenarnya jika sampean bertanya dari sisi segmentasi sebenarnya kedua motor sudah berbeda. Karena Yamaha MT-15 pun diracik bukan untuk mengganggu pasar Sport 150 cc yang diisi oleh CB150R. Melainkan motor ini dirilis Yamaha untuk mengisi pasar diatas Vixion. Tidak heran secara ergonomi riding dan positioning juga berbeda dibandingkan dengan Vixion yang terkenal nyaman. Dengan pricing yang juga berbeda karena memang…..MT15 sekali lagi diracik Justru untuk tidak mengganggu pasar adiknya, Vixion. Malah sebaliknya untuk mendukung eksistensi dan daya gempur di kelas 150cc naked. Makanya harganya juga berbeda dan cukup tinggi di kelasnya di mana MT-15 sekarang sudah Tembus di Kisaran 37,1 jutaan….

Sementara itu Honda CB150R sejak pertama merupakan motor yang diracik menjadi penantang Yamaha Vixion. Honda CB150R mulai dari generasi K15A hingga sekarang sudah memasuki generasi K15P…. semuanya tetap dipertahankan dengan plot basis konsep bahwa motor ini merupakan motor harian yang nyaman serta cocok untuk bepergian jarak jauh mirip nyawa rivalnya…Vixion. Tidak heran pada generasi terbaru, Astra Honda Motor justru semakin memantapkan posisinya sebagai motor nyaman dengan cara merubah posisi ergonomi riding jadi lebih comfort dibandingkan dengan old gen K15N. Raiser ditinggiin dan tapper fatbar dibuat sedikit lebih panjang sehingga feel yang kita rasakan memang betul-betul nyaman…..

iklan iwb
iklan iwb

Namun dengan dicangkokkannya suspensi model suspensi Upside Down SFF-BP (separate function big Piston) termasuk pergeseran harga yang kini sudah tembus termurah di angka 29,7 jutaan ternyata banyak yang mencoba membandingkan sang Street Fire dengan MT 15. Hal ini cukup dimaklumi karena Yamaha Vixion R yang sekarang di jual Yamaha di angka 31 jutaan memang dipandang tidak berdaya dan sudah lagi tidak Apple to Apple hanya karena urusan suspensi depan. Jadi wajar jika akhirnya beberapa komentarpun sudah merangkak membandingkan CB150R dengan kelas diatasnya yakni MT15. Nah yang jadi pertanyaan sekarang adalah…. pilih mana antara Honda CB 150R terbaru dengan MT 15?

Sebenarnya basis pengembangan kedua motor memang berbeda tujuan. Jika Honda CB150R diracik untuk kenyamanan daily use maka MT15 lebih murni ke lifestyle. Motor yang menggantikan posisi Xabre 150 ini diracik dengan postur gagah seperti Street Fighter tulen. Stang baplang dengan posisi duduk maju ke depan sementara foot step ditarik ke belakang. Asli kalau sampeyan nunggang motor ini feel yang kita rasakan di atasnya adalah gagah. Judule macho cak….. mengintimidasi….. serta laki bener. Apalagi tinggi jok motor juga diatas rata-rata sehingga sampeyan akan merasakan sebuah sensasi motor naked 150 cc yang jangkung..

Namun seluruh kelebihan tersebut memang sedikit menggadaikan kenyamanan untuk jarak jauh. Yang pertama adalah pada area kaki. Dengan posisi foot step agak mundur disaat ergonomi riding atas baplang….stang dekat badan…. posisi Tubuh terasa tidak natural. Efeknya badan akan terasa lebih cepat capek. Ini yang IWB rasakan. Hal ini berbeda dengan ergonomi riding yang ditawarkan oleh Honda pada new CB150R. Posisi ridingnya betul-betul rileks dan mengingatkan IWB pada Yamaha Byson ataupun Vixion. Selain itu dengan tinggi jok berbeda yakni 810mm pada MT15 vs 795mm pada new CB150R juga memberikan kenyamanan berbeda pada saat nongkrong di atasnya. Yup…. CB150R lebih bisa mengakomodasi semua postur tubuh dibandingkan dengan MT15 yang lebih jangkung. Bandingkan saja nanti cak….

Untuk power serta kelengkapan fitur tentu IWB vote MT15. Karena motor ini sudah dibekali swing arm Banana diecast, mesin 155cc VVA (power 19,3PS) termasuk hadirnya ASC….. disaat Honda CB150R (power 16,9PS) masih menggunakan lengan Ayun model kotak serta belum ASC. Tapi memang sekali lagi Honda CB 150 R ini lebih condong diracik untuk motor harian touring jarak jauh. Terbukti motor racikan Honda tersebut juga unggul dari sisi kapasitas tangki BBM yang mencapai 12 liter disaat Yamaha MT-15 hanya 10,4 liter. Termasuk ground clearance CB150R yang lebih tinggi (164mm) dibandingkan MT-15 yang lebih rendah (155mm) tanda CB150R lebih siap digunakan di segala kondisi jalan karena lebih anti gasruk….

Dengan segala sodoran diatas kalau sampeyan mencari motor gaya dengan desain tanpa kompromi khas MT series yang gahar…. mesin lebih Powerful serta kelengkapan fitur yang lebih mumpuni…. dengan budget yang lebih dalam sampeyan bisa mempertimbangkan MT-15 mengingat harga motor ini sudah tembus di angka 37,1 juta. Tapi kalau sampeyan adalah salah satu biker yang mempertimbangkan membeli motor sport naked 150 cc yang cocok buat harian, nyaman untuk jarak jauh, pick up power mumpuni untuk stop and go….desain keren karena sudah lebih muscular…. harga masih dibawah 30 jutaan (versi standart) dengan beberapa kekurangan seperti swing arm kotak, belum ASC… maka Honda CB150R adalah pilihan tepat….

Last……Honda new CB150R vs Yamaha MT15…pilih mana ??? jawabannya semua jelas tergantung selera. Karena sebenarnya untuk segmentasi hargapun Yamaha MT15 memang bukan lawan CB150R. Kalau untuk desain IWB nggak intervensi karena selera orang berbeda-beda….bener horaa cak. Nahhh….ngono kiro-kiro. Piyeee…dari sini wis paham belum kira-kira? semoga bisa jadi referensi dan acuan awal, juozz gandozzzz !! btw kalau sampeyan sendiri pilih mana cak…monggo berikan opininya, gazzzzz (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

128 COMMENTS

  1. Vixion bentar (1 tahun) lagi disuntik mati..
    Krn yamaha mau fokus ke maxi …

    Let see …apakah kabar angin ini benar..

    • Sebenarnya yhm udah sangat kritis saat ini .
      Hanya menunggu waktu Pabrik biru putih berubah warna menjadi merah putih 😂

      • ekekekkekeke

        lebih tepatnya Maxi digabung Vixion berjalan beringin meludahi sebelah
        terbukti
        VIXION area Jatim Ludes
        stock motor di deler Kosong…

        CB 150 udah KOIT duluan gitu, perasaan CeBok150 gak lama feslift udah di Feslift lagi beda dgn Vixion Long Time Everlasting

        H suuuuuRrrrrAM

        mueheheyeye

    • yimm kalo udah kalah gitu, gak ada niat untuk counter attack lagi. Paling kalo nmax udah k.o dan tertinggal jauh juga disuntik mati dan cari pelarian lain 🙃

    • Yg terbiasa oblak itu komstir yamehe.
      Parahnya lg kalau keseringan jarak jauh.. Injektornya macet.
      Bisa bikin motor gak sih tuh yamehe? 😂

  2. USD lebih gedean punya All New CBR150R
    Cobalah cermat melihat dengan seksama dan jeli serta cerdas 👍

  3. kalau desain kalah tapi ngg jauh mas, kekurangan yang perlu diperbaiki di cb menurut saya ada di desain lampu yang terkesan nyatu dengan speedo jadinya agak mengurangi feel keren ketika dilihat dari depan, cuman untuk perform ya jauh lah, kalau cb ini pas untuk yang sekelas saya mas duit standar pengin motor yang lumayan oke jadi ya gitulah 8 juta itu selisih tabungan saya berbulan bulan 🤭🤭🤭

    • wkwkwk sepertinya emang blunder fatal desain vixion terakhir, vixion terbaik menurut ku ya vixion advance yang kira2 jebolan 2017 atau berapalah itu aku lupa, kalau dari samping aku lihat justru cb lebih enak desainnya kesannya kalau orang itu ganteng kalem , kalau MT15 kesannya Gahar, ganteng tatoan kayak ada sisi premannya gitu

      • ekekekekke

        lah CeBong150 aja Bore x Stroke nya aja mirip Perja yg cuma 19 jutaan

        Giman Toh ???

        H suuuuRrrrAM

        mueheheheyey

  4. Ya mendingan mt kemana2 lah desain ok,sasis almunium delta box,swing arm almunium banana,mesin r15….beda harga cuma 7 juta,emang duit 7 juta bisa ganti sasis ama swing arm almunium plus mesin yg bener ????…..

  5. Strategi honda memasang USD di new CB150R dgn positioning harga dikisaran 29-30jt secara tak langsung menghajar 3 varian motor milik yamaha (vixion, xsr, mt) yg dijual diatas 30jtan, dgn jumlah total market sport 150 yg makin kecil skrg dikisaran 10rb lebih byk varian tentu cost nya lebih tinggi

    • ekekekekke

      Gak dilihat nih

      Swing arm banana
      Deltabox Sasis

      yg ada cb megerogoti PeCeex , Adeve dkk

      H suuuuRrrrrAM

      muehehehehheh

    • Ya memang harus d akui price positioning cb ini bgus dan tepat, yamaha kejebak line upnya sendiri, kalau vixion d upgrade yg kemakan mt15, kalau gak d upgrade vixion bakal mati, n cb150 gakda lawan head to head secara market mt15 n xsr155 kecil d banding market vixion n cb150

      • ekekekekeke

        justru CeBok150 akan makan kue saudaranya sendiri grogoti Peceex adeve

        Vixion udah punya
        Deltabox
        Swing arm banana
        yg gak dimiliki sebelah

        H suuuuuRrrrAM

        muehehehehe

  6. Tanda tanda nih apakah pabrikan Y akan gulung tikar.kelas matic dikuasai H semua. Kelas non matic juga dikuasai H. Apakah pabrik Y cikarang akan diakuisisi?dan Y nanti motornya akan CBU langsung dari India?

    terawangan ane kaya gitu cakk, awal 2022

  7. Klo MT disejajarin sama CB terus vixion dianggap ga ada ya?? Vixion sejajarnya ama apa donk? Verza? Viar? 😂

  8. Simpelnya, cb150r itu daily bike, harian, kalem, mengutamakan kenyamanan, makanya desain lebih kalem dibanding gen sebelumnya.
    Sedangkan mt-15 itu streetfighter bike, agressif, desain paling garang di kelas 150cc/125cc, dan lebih punya “soul”. Cocok buat yg ingin tampil lebih, dan suka ngebut.

    • Ya memang beda sasaran pasarnya, mt motor hoby jatuhnya niche market sam dg xsr kalau cb n vixion itu kyk varionya motorsport

      • ekekekekekek

        pantes aja shokbreker kayak batu
        lha wong disamain jok keras Wario Mrongossss

        H suuuuuRrrrAM

        muehehhehee

    • Ingat makin segmented suatu produk pasarnya juga dikit, untung ga seberapa penjualan sedikit ya ga nutup 😂😂😂😂
      Sedangkan posisi cb ga terlalu segmented bisa caplok kue motor batangan lain,

  9. test drag VIXION vs cb150 vs MT-15 vs Bandit
    – VIXION
    0-60 = 4. Detik
    0-80 = 6.1 detik
    0-100 = 10.7 detik
    Top speed = 137 km/h
    Racelogic = 130 km/h
    – cb150
    0-60 = 4.1 detik
    0-80 = 7.7 detik
    0-100 = 13.5 detik
    Top Speed 130 km/h
    RaceLogic 117.2 km/h
    – MT 15
    0-60 = 3.5 detik
    0-80 = 6.2 detik
    0-100 = 10.7 detik
    – Bandit
    0-60 = 4.1 detik
    0-80 = 6.6 detik
    0-100 = 11.3 detik
    Top Speed 137 km/h
    RaceLogic 127 km/h

    • Intinya CB150R nyaplok semua porsi kue motor batangan, dikit2 tapi pasti, yang paling kencwng bukan yang paling laris 😂😂😂
      Sabar cak, kenyataan itu memang ga berpihak padamu, sadari nasibmu kawan jangan terus berjuang tetaplah patah semangat

    • Sabar cak, kenyataan itu memang ga berpihak padamu, sadari nasibmu kawan jangan terus berjuang tetaplah patah semangat

    • Sabar cak, kenyataan itu memang ga berpihak padamu, sadari nasibmu kawan jangan terus berjuang tetaplah patah semangat

  10. ekekekekek

    Gambararan Perbincangan berhenti di Lampu merah antara VIXION, cb , MT-15 XSR, Bandit / GSX S

    CB : ‘nih motor gue Dohc ‘
    Bandit/GSX S: ‘Apaan sih nih REAL Dohc’
    Vixion : ‘SoHC superior bosen Jawara
    (tersenyum melihat dohc cb )’

    CB : nih gue pakai USD juga
    MT 15 : Helloo, kemana aja ….
    XSR : Kapan Retro rilis ala neo neo gak jelas itu gue tunggu yg lahir malah elo …
    Bandit : yaelah Neo Retro itu ya sama gue bagusan Gue gak neko neko …

    H suuuuuRrrrrAM

    muehehehehehe

    • Sementara itu
      Gsx s150, bandit 150, gsx r150, r15 vva, vixion r, xsr 155, dan mt 15 lagi pada ngopi bareng karna liat new cb dan cbr mesin nya masih itu2 aja

    • Sabar cak, kenyataan itu memang ga berpihak padamu, sadari nasibmu kawan jangan terus berjuang tetaplah patah semangat

  11. ekekekekke

    CB150 kelihat Overprice banget

    lihat Xabre 150 yg masih diproduksi YIMM nampang WEBsite Yamaha
    Xabre udah dapet Sasis Deltabox & Swing Arm Banana

    H suuuuuuRrrrrAM

    mueheheuehehe

  12. Vigson udah modiar apa cakkk? Kok disandingin sama si MT
    Bkn kah si CB brojol buat ngekill si vigson
    Kalo gitu sukses dong misi si CB
    WKWKWKWKWKWK

    • ekekekekekeke

      Udah dibilang
      Jelek
      gak singkron
      Shroud kedodoran
      belakang sama aja gak ada perubahan

      diketawain byson

      H suuuuRrrrtAM

      muehehehe

  13. ekekekekekek

    MT 15 buat harian sama turing lebih oke
    karena Torsi dan stang MT 15 lebih sigap dan jengat

    bandiingkan Sama C3Bok150R
    yakin itu buat manuver kaku shokbreker keras lagi hajar jalananan gak bagus kayak mau dilontar

    H suuuuuRrrrrAM

    mueheheheheh

  14. ekekekekek

    – Tangki Kondom MT 15 dinyinyirin Dijiplak
    – Kick starter MT 15 gak ada di BC ehh dijiplak juga

    sana bicara sama tembok FBH

    H suuuuRrrrAM

    mueheheheheh

  15. heran ja sih knapa org2 ng’banding2in cb v mt yg memang bkn 1 segmen. klo gitu, existensi vixion gmn, apa dh d anggap…

    • ekekekkeke

      Biasa lah, padahal udah jelas Bagusan jauhhhh MT 15

      Biarin gak dibandingin ViXION
      Bergerilya diam diam membenamkan cb
      dr segi spek pun cb udah ketinggalan sekebon

      H suuuuuRrrrrAM

      mueheheehehe

    • ekekekekeke

      ExMosi
      pantes aja gak didatangin dimari

      liat bentuknya aja sama2 eneg cb150r

      H suuuuRrrAM

      mueheheheheh

  16. new cb keluar, kliatan klo MT15 n XSR operpret..ksian fby dikibulin sesembahannya.pantes gak laku.siap2 tutup dealer

  17. Apa si yang dibanggain H?
    Yo semua pedagang membanggakan penjualan entah produknya ancur apa tidak wkwkw
    Yang penting penjualan moncer,
    Saya ga dapet imbalannya tapi bisa buat ledekin yang penjualannya seupil wkwk

  18. Honda
    Motor banyak
    Mobil dimana man
    Mobil F1 ada
    Pesawat Honda jet siap berangkat
    Robot Asimo ada
    Sirkuit MotoGP Honda Motegi Jepang ada
    Lahhh yamalu punya mongtor bosok di bangga banggain hadeuhhhh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here