iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com- Cakkkkk…….ternyata setelah CB150R merangkak naik dengan spek dan harga yang berbeda pula, cukup banyak komentar dilayangkan dibeberapa kanal sosial media mencoba membandingkan sang naked dengan MT15. Maklum cak….motor ini sudah dijejali suspensi depan yang sama yakni USD walaupun secara spek berbeda dimana CB150R sudah SFF BP sementara MT15 masih SFF dengan vendor berbeda pula (Showa vs Kayaba). Nah…dari sana beberapa pertanyaan mampir ke IWB, Honda new CB150R vs Yamaha MT15…pilih mana ??? karena sudah sama-sama merasakan posisi riding dan detil lain…berikut opini yang bisa IWB share kesampeyan…..

Jika sampeyan bertanya tentang milih mana sah-sah saja kita komparasi. Namun sebenarnya jika sampean bertanya dari sisi segmentasi sebenarnya kedua motor sudah berbeda. Karena Yamaha MT-15 pun diracik bukan untuk mengganggu pasar Sport 150 cc yang diisi oleh CB150R. Melainkan motor ini dirilis Yamaha untuk mengisi pasar diatas Vixion. Tidak heran secara ergonomi riding dan positioning juga berbeda dibandingkan dengan Vixion yang terkenal nyaman. Dengan pricing yang juga berbeda karena memang…..MT15 sekali lagi diracik Justru untuk tidak mengganggu pasar adiknya, Vixion. Malah sebaliknya untuk mendukung eksistensi dan daya gempur di kelas 150cc naked. Makanya harganya juga berbeda dan cukup tinggi di kelasnya di mana MT-15 sekarang sudah Tembus di Kisaran 37,1 jutaan….

Sementara itu Honda CB150R sejak pertama merupakan motor yang diracik menjadi penantang Yamaha Vixion. Honda CB150R mulai dari generasi K15A hingga sekarang sudah memasuki generasi K15P…. semuanya tetap dipertahankan dengan plot basis konsep bahwa motor ini merupakan motor harian yang nyaman serta cocok untuk bepergian jarak jauh mirip nyawa rivalnya…Vixion. Tidak heran pada generasi terbaru, Astra Honda Motor justru semakin memantapkan posisinya sebagai motor nyaman dengan cara merubah posisi ergonomi riding jadi lebih comfort dibandingkan dengan old gen K15N. Raiser ditinggiin dan tapper fatbar dibuat sedikit lebih panjang sehingga feel yang kita rasakan memang betul-betul nyaman…..

iklan iwb

Namun dengan dicangkokkannya suspensi model suspensi Upside Down SFF-BP (separate function big Piston) termasuk pergeseran harga yang kini sudah tembus termurah di angka 29,7 jutaan ternyata banyak yang mencoba membandingkan sang Street Fire dengan MT 15. Hal ini cukup dimaklumi karena Yamaha Vixion R yang sekarang di jual Yamaha di angka 31 jutaan memang dipandang tidak berdaya dan sudah lagi tidak Apple to Apple hanya karena urusan suspensi depan. Jadi wajar jika akhirnya beberapa komentarpun sudah merangkak membandingkan CB150R dengan kelas diatasnya yakni MT15. Nah yang jadi pertanyaan sekarang adalah…. pilih mana antara Honda CB 150R terbaru dengan MT 15?

Sebenarnya basis pengembangan kedua motor memang berbeda tujuan. Jika Honda CB150R diracik untuk kenyamanan daily use maka MT15 lebih murni ke lifestyle. Motor yang menggantikan posisi Xabre 150 ini diracik dengan postur gagah seperti Street Fighter tulen. Stang baplang dengan posisi duduk maju ke depan sementara foot step ditarik ke belakang. Asli kalau sampeyan nunggang motor ini feel yang kita rasakan di atasnya adalah gagah. Judule macho cak….. mengintimidasi….. serta laki bener. Apalagi tinggi jok motor juga diatas rata-rata sehingga sampeyan akan merasakan sebuah sensasi motor naked 150 cc yang jangkung..

Namun seluruh kelebihan tersebut memang sedikit menggadaikan kenyamanan untuk jarak jauh. Yang pertama adalah pada area kaki. Dengan posisi foot step agak mundur disaat ergonomi riding atas baplang….stang dekat badan…. posisi Tubuh terasa tidak natural. Efeknya badan akan terasa lebih cepat capek. Ini yang IWB rasakan. Hal ini berbeda dengan ergonomi riding yang ditawarkan oleh Honda pada new CB150R. Posisi ridingnya betul-betul rileks dan mengingatkan IWB pada Yamaha Byson ataupun Vixion. Selain itu dengan tinggi jok berbeda yakni 810mm pada MT15 vs 795mm pada new CB150R juga memberikan kenyamanan berbeda pada saat nongkrong di atasnya. Yup…. CB150R lebih bisa mengakomodasi semua postur tubuh dibandingkan dengan MT15 yang lebih jangkung. Bandingkan saja nanti cak….

Untuk power serta kelengkapan fitur tentu IWB vote MT15. Karena motor ini sudah dibekali swing arm Banana diecast, mesin 155cc VVA (power 19,3PS) termasuk hadirnya ASC….. disaat Honda CB150R (power 16,9PS) masih menggunakan lengan Ayun model kotak serta belum ASC. Tapi memang sekali lagi Honda CB 150 R ini lebih condong diracik untuk motor harian touring jarak jauh. Terbukti motor racikan Honda tersebut juga unggul dari sisi kapasitas tangki BBM yang mencapai 12 liter disaat Yamaha MT-15 hanya 10,4 liter. Termasuk ground clearance CB150R yang lebih tinggi (164mm) dibandingkan MT-15 yang lebih rendah (155mm) tanda CB150R lebih siap digunakan di segala kondisi jalan karena lebih anti gasruk….

Dengan segala sodoran diatas kalau sampeyan mencari motor gaya dengan desain tanpa kompromi khas MT series yang gahar…. mesin lebih Powerful serta kelengkapan fitur yang lebih mumpuni…. dengan budget yang lebih dalam sampeyan bisa mempertimbangkan MT-15 mengingat harga motor ini sudah tembus di angka 37,1 juta. Tapi kalau sampeyan adalah salah satu biker yang mempertimbangkan membeli motor sport naked 150 cc yang cocok buat harian, nyaman untuk jarak jauh, pick up power mumpuni untuk stop and go….desain keren karena sudah lebih muscular…. harga masih dibawah 30 jutaan (versi standart) dengan beberapa kekurangan seperti swing arm kotak, belum ASC… maka Honda CB150R adalah pilihan tepat….

Last……Honda new CB150R vs Yamaha MT15…pilih mana ??? jawabannya semua jelas tergantung selera. Karena sebenarnya untuk segmentasi hargapun Yamaha MT15 memang bukan lawan CB150R. Kalau untuk desain IWB nggak intervensi karena selera orang berbeda-beda….bener horaa cak. Nahhh….ngono kiro-kiro. Piyeee…dari sini wis paham belum kira-kira? semoga bisa jadi referensi dan acuan awal, juozz gandozzzz !! btw kalau sampeyan sendiri pilih mana cak…monggo berikan opininya, gazzzzz (iwb)

iklan iwb
Previous articleJelang balap Le Mans, Yamaha fokus pada sisi braking !
Next article[HOT] Telah lahir Skutik Sangar Asal Cina Taro Imola 2021, lhoo kok keren ??
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!