iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Caakkk…Aprilia resmi merilis sekaligus dua sport bike entry levelnya dengan label Aprilia RS125 dan Tuono 125. Nah kedua motor ini dibuat dengan arah pengembangan layaknya kakaknya cak yakni RS660 dan Tuono 660. Mengingat kubikasinya yang mungil Aprilia mengklaim bahwa motor ini lebih ditujukan untuk biker muda yang ingin merasakan sensasi motor sport fairing. Selain itu Aprilia akan memasarkan kedua jagoannya ini untuk pasar Eropa….

Baik itu RS125 maupun Tuono 125, kedua motor ini mengadopsi sasis dengan material alumunium die-cast yang sama dan mengusung mesin single silinder berpendingin cairan. Tapi perbedaanya cak, blok meisn untuk versi 2021 ini dirombak ulang dengan tujuan untuk mengejar performa yang lincah. Jadi motor ini lebih ditujukan untuk mengejar performa bawah yang responsif dengan mengejar torsi yang agak besar sejak Rpm bawah. Sayangnya cak hingga saat ini Aprilia belum membeberkan spesifikasi detil dari kedua motor ini.

Yups menurut klaim Aprilia, mesin yang diadopsi untuk RS125 dan Tuono 125 mengkombinasikan sistem buangan emisi yang dirombak ulang dengan penyematan katalitik koverter baru agar bisa mengontrol emisi dengan efektif dan mendukung output power yang maksimal. Istimewanya cak, kedua motor ini telah dibekali dengan ECU Marellu MIUG4 dengan sistem transmisi 6 speed yang membuat akselerasi dan bukaan gas lebih cepat.

iklan iwb
iklan iwb

Untuk sektor pengeremannya cak, Aprilia RS125 dan Tuono 125 sudah memakai rem ABS dual channel dari Bosch. Selain itu untuk fork depan dihandel dengan suspensi USD dan untuk bagian belakangnya dibekali dengan suspensi monoshock yang terhubung dengan swingarm bermaterial alumunium. Nah untuk tangki bensin nya sendiri kedua motor ini mampu menampung hingga 14,5 liter bensin. Selain itu ruang bagasi nya pun memiliki kapasitas yang luas cak yang dilengkapi dengan USB port untuk mengisi daya ponsel.

Last… Untuk pilihan warna nya Aprilia RS125 tersedia dua pilihan warna yakni Aprilia Black dan Sintesi Blue, sedangkan untuk Tuono 125 tersedia dalam tiga pilihan warna yang terdiri dari Aprilia Black, Lighting White, dan Arrow Grey. Nah untuk banderolnya sendiri Aprilia belum membeberkan ke publik cak mengingar kedua motor ini belum dipasarkan secara resmi di market Eropa. Apakah mungkin masuk Indonesia ? aromanya sih lemah banget, jadi kita tunggu saja kemunculannya di Eropa nanti…..btw desain Tuono kok kurang yo, piye menurut sampeyan ? (RA iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

15 COMMENTS

  1. Semoga segera dilokalin dan dikecilin cc nya biar harga kompetitif dan terserap market dengan baik. Aamiin Aamiin Allahuma Aamiin

  2. Joss gandos sekali nih budhee pakdhee
    Saingan berat nya all new CBR150R nihh…
    Gandhosss Klingonese tenan ini caakkk….

  3. Deltabox segede gaban ditambah arm banana plus muffler underbelly masih ada USD di depan. Jelas auto ngahatjiang dini ini mbokdheeee……..

  4. 125cc di Eropa buat motor ABG , sebelum mereka diijinkan mengendarai 250cc ke atas.
    Beda disini, cah bayi riding diatas 125cc dijarno

  5. Sebenarnya komponen inti keliatan bagus semua, terutama rangka dan swingArm, Mesine pye mbuh. Tapi Desainnya kok Ndangak munggah ngono ya cuk, dan terkesan tengah bolong kok Terkesan MOchin dgn mesin type GL). jadi aneh de, mending di telanjangi wae jos koyone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here