iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Caakkk… Perlu sampeyan ketahui KTM Super Duke R terbaru dibangun memakai lebih dari 90% komponen baru. Terutama yang paling kentara pada Super Duke R ini yakni pada sektor sasis, KTM melakukan inovasi cak agar sasis yang tersemat di Super Duke R ini memiliki bobot yang ringan. Wiss seperti apa sasisne, simak detilnya dibawah ini…

Nah….material untuk sasis motor ini yakni memakai bahan teralis baja. Material baja di motor ini cak memiliki efek lebih terhadap kekakuan selain dari mesinnya sendiri. Selain itu dari segi mesin, posisi twin silinder pun memiliki struktur yang berbeda cak yakni 38mm lebih tinggi dan posisinya sedikit berada didepan. Disisi lain, poros pusat lengan ayun pun ukurannya dinaikan menjadi 5mm. Artine cak, secara keseluruhan pivot diposisikan 43mm lebih tinggi dari sebelumnya….

Dengan perombakan tersebut KTM berhasil meningkatkan pusat gravitasi dan berefek pada meningkatnya antisquat. Perlu sampeyan ketahui istilah antisquat sendiri yakni desain suspensi yang tahan terhadap kompresi yang disebabkan oleh perpindahan massa selama akselerasi. Selain itu subframe belakang pun dibuat dari material aluminium dan komposit, tentunya cak dengan pengaplikasian material tersebut menjadikan subframe lebih kaku dan ukurannya lebih pendek lalu bobotnya pun hanya 900 gram….

iklan iwb

Selain itu untuk swingarmnya sendiri memakai material alumunium hanya di satu sisi dan membuat kekakuan swingarmnya meningkat cak sekitar 15 persen. Lalu untuk kinerja monoshock nya melalui konektor progresif. Kemudian untuk sektor triple clamp mendapat pin baru dan ukuran offsetnya bertambah 4mm cak dari sebelumnya 28mm menjadi 32mm. Dan triple clamp tersebut terbuat dari alumunium tempa yang mampu meminimalisir bobot sekitar 400 gram.

Sedangkan untuk fork depan memakai suspensi dari WP yang berukuran 48mm. Uniknya konstruksi fork dari WP ini sedikit berbeda cak yakni didalamnnya terdapat pegas dengan bentuk kerucut yang berfungsi untuk mengurangi suara bising, dan suspensi ini kekerasannya bisa disetting cak. Sementara itu monoshocknya dilengkapi dengan knob preload dan travel ke roda berkurang cak menjadi 140mm dari sebelumnya 156mm. Kemudian untuk kedua pelk nya mengadopsi desain baru cak yakni memakai bahan alumunium dan bobotnya berkurang sekitrar 300 gram.

Last… Super Duke R juga disematkan kaliper Brembo Stylema yang 90 gram lebih ringan dari kaliper M50 versi sebelumnya. Lalu untuk pengeraman belakang menggunakan kaliper dua piston Brembo. Nah dengan seleuruh komponen sasis tersebut cak secara keseluruhan Super Duke R baru memiliki dimensi lebih panjang yang ditandai dengan bertambahnya jarak sumbu roda menjadi 1.497mm dari sebelumnya 1.483mm. Sementara itu sudut sumbu stang menjadi 25,2° dari sebelumnya 24,9° lalu tracknya menurun menjadi 106mm dari sebelumnnya 107mm. Btw KTM mengklaim cak bahwa bobot Super Duke R terbaru berkurang sekitar 6 kg…….(RA iwb)

iklan iwb
Previous articleAHM rilis aksesories resmi New CB150R versi 2021, optimis tetap jadi idola !!!
Next articleMario SA bidik podium di Valencia, semangattt !!!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!