iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…lek iki judule jlebut bin mumut cak. Wisss ora ono sisane saking disedot sampe keakar-akarnya alias entek resik. Lhaaaa piyeee…perhari ini setelah sebelumnya IWB berikan bocoran kesampeyan perihal project mobil A-SUV yang diduga sebagai duo kembar Toyota Raize & Daihatsu Rocky Desember 2020 silam, akhirnya terbongkar juga sosok asli Raize yang bertebaran di dunia maya. Betul cak…brosur Raize menunjukkan bahwa Astra bener-bener ngamuk dengan kehadiran produk terbaru mereka Raize yang memiliki fitur jabang bajul nggilani tenan dikelasnya. Seperti apa ? inilah bocoran yang bisa IWB beberkan kesampeyan semua….

Ketika berita motor terasa melempem karena pergerakan agresif hanya ditunjukkan satu pabrikan saja sedang lainnya seperti tiarap megap-megap, kondisi berbeda ditunjukkan prabrikan roda empat yang terkesan sengit dan serem cak. Setelah KIA merilis Sonet yang fiturnya juga serem, kemudian Nissan lewat Magnite yang tak kalah menggiurkan….maka PT TAM dan ADM memasuki akhir April 2021 menggebrak lewat duo kembar Raize dan Rocky. Sebuah mobil A-SUV yang diharapkan mampu mengangkat pamor kedua pabrikan disegmen tersebut….

Pasar A-SUV ditanah air memang sedang hot. Makin cemerlang dan naiknya segmen ini membuat para pabrikan besar roda empat pastinya ngiler. Terbukti walau sudah ada duo kembar Terios-Rush tidak membuat PT TAM dan PT ADM berpuas diri. Yahh memang tetap beda cak mengingat sosok yang sedang kita bicarakan nanti adalah 5 seater A-SUV. Bahkan ada juga yang mengatakan masuk kategori crossover?.soal ini embohlah..sak seneng-senenge sampeyan piye nyebute…

iklan iwb

Sebagai informasi Toyota Raize & Daihatsu Rocky sudah dirilis dipasar Jepang dengan mesin 1.0L Turbo. So?.walau kubikasi kecil tetap nampol powernya. Yang menjadi pertanyaan apakah Indonesia nanti akan mengadopsi dapur pacu yang sama? bisa ya atau tidak. Kalau sampeyan ngikutin isu ini sebenarnya ADM diam-diam sudah menguji mesin 1.0L turbo Daihatsu Thor. Artinya estimasi sementara power akan berada dikisaran?98PS@6000RPM?dan torsi 140Nm. Cukup baik mengingat konon kedua A-SUV ini juga memiliki bobot yang lumayan ringan??

Opsi kedua?bisa saja Toyota Raize & Daihatsu Rocky versi Indonesia dijejali mesin basis dari Duo kembar Agya-Ayla yang memiliki kubikasi 1.2L. Jika yang digunakan mesin kedua LCGC tersebut maka power akan berada diangka 88PS dan torsi 107,8Nm. Hanya melihat spek tentu kita berharap PT TAM dan ADM tetap mempertahankan versi Jepang yakni 1.0L turbo. Toh mereka sudah menguji Thor dan hasilnya cukup puas, bener horaaa. Dan posisi Toyota Raize & Daihatsu Rocky nanti diperkirakan akan mengisi celah antara Terios-Rush serta Corolla Cross. Dan akhirnya seluruh prediksi kita hari ini terbukti…

Brosur resmi PT TAM yakni Raize bocor kepublik dan termonitor dishare oleh cak Indra. Mobil yang akan rilis sebentar lagi tersebut memiliki beberapa varian yang cocok dengan prediksi kita sebelumnya yakni versi 1.0L dan 1.2L. Untuk Toyota Raize 1.2 akan menggunakan mesin berkode WA-E kubikasi murni 1.200cc VVT-i yang mampu memuntahkan tenaga hingga 88PS, ini plek ketiplek dengan prediksi kita sebelumnya. Sementara untuk varian 1.0L….engine mengusung kode 1KR-VET Turbo yang memuntahkan? power hingga 98PS namun torsi melonjak jauh dibandingkan versi 1.2L yakni 112Nm vs 140Nm….

Diluar semua yang gilaa edian tenan fiturnya cak. Untuk varian 1.0L Turbo…PT TAM disinyalir sudah menjejali pelk ring 17inch dengan fitur VSC, HSA, LED dengan halogen Turn lamp termasuk head unit floating touch screen 9inch. Bahkan yang tipe tertingginya yakni Raize GR Sport TSS PT TAM akan menjejali fitur adaptive cruise control, 6 airbag, front departure alert, Pre-collision System, Rear Cross Traffic Alert, Blind Spot Monitoring dan Lane Departure Assist with Steering Assist. Ediannn Astra ngamuk cakkk. Iki yang bikin IWB garuk-garuk alis. Lhaa piyeee cak…Fortuner iso nangis lihat speknya. Kenthirrr tenan euy…

Last…yang menjadi kekuatan Raize adalah banderol yang sangat terjangkau dengan fiturnya tersebut. Dari rumor yang berembus, PT TAM disinyalir akan menjual tipe tertinggi Raize diangka 260 jutaan. Yahhh….memang terkesan mahal untuk engine 1000cc. Tapi yang patut diingat mesin ini sudah dijejali Turbo sehingga power juga nggak kalah dengan kubikasi mesin 1500cc. Kuwi belum termasuk fitur yang nggilani tenan. Btw…semua memang masih berupa bocoran yang bisa saja meleset khususnya soal banderol. Tapi IMHO akurasinya terbuka diatas 90%. Nah…untuk memberikan gambaran masing-masing varian yang akan dirilis PT TAM termasuk fiturnya, berikut detil komparasi Raize 2021 yang akan dirilis nanti. Ediann moncrott tenan rekkk-rekkk (iwb)

Fitur-fitur Raize 1.2 G
– 1.200 cc WA-VE Dual VVT-i 88 PS 112 Nm
– CVT/5-speed MT
– LED Headlamp with Halogen Turn Lamp
– LED Rear Combi Lamp
– 16 inch Silver Alloy Wheel
– 205/65R16 tyre size
– Body Color Door Handle
– Side Visor
– 7 inch TFT MID
– 8 inch Floating Touchscreen Head Unit
– Digital AC
– Smart Entry with Push Start Button
– Power Mode Switch (CVT)
– Dual Airbags
– ABS+EBD
– Vehicle Stability Control
– Hill Start Assist
– Kamera parkir
– Sensor parkir
– Seatbelt warning untuk semua penumpang
– Alarm with Immobilizer

Fitur-fitur Raize 1.0T G, punya semuanya di atas ditambah:
– 1.000 cc turbo 1KR-VET 98 PS 140 Nm
– Black roof/two tone color option
– 17 inch Two Tone Alloy Wheel
– 205/60R17 tyre size
– Chrome Door Handle
– Turbo Emblem
– 9 inch Floating Touchscreen Head Unit
– Front Soft Pad Armrest

Fitur-fitur Raize 1.0T GR Sport, punya semuanya di atas ditambah:
– CVT only
– GR Sport Body Kit
– GR Sport Emblem
– LED headlamp with Sequential Turn Lamp
– 17 inch Black Alloy Wheel
– Daytime Running Lamp
– Exclusive Leather Steering
– Fabric & Leather Combination Seats
– Auto AC
– Auto Headlamp
– Paddle Shift

Fitur-fitur Raize GR Sport TSS punya semuanya di atas ditambah:
– 6 airbags
– Pre-collision System
– Adaptive Cruise Control
– Front Departure Alert
– Lane Departure Assist with Steering Assist
– Pedal Misoperation Control
– Rear Cross Traffic Alert
– Blind Spot Monitoring

Prediksi harga Toyota Raize
1.2 G 190-210 jutaan rupiah
1.0T G 210-230 jutaan rupiah
1.0T GR Sport 240 jutaan rupiah
1.0T GR Sport TSS 260 jutaan rupiah

38 COMMENTS

    • bukan, ini platform global DNGA (Daihatsu New Global Architecture) joinan Toyota Daihatsu khusus mobil platform A

  1. Power 98PS 1.000 cc turbo segitu mah kalo dikompare dengan produk semerek misalnya rush 1.500 cc, emang beda tipis. Tapi kalo dikompare dengan mesin kompetitor HRV 1.500, jomplang bingits yang punya 120 PS.

      • Betul menurutku performa dari 1.0L Turbo nya masih biasa aja, harusnya bisa sampai 120 HP
        Ato jangan jangan di-downgrade?

    • Ngeriiii compare nya ke HRV,
      Tp emg yg jd keraguan adl mesin 3 cyl nya itu, apakah bs dredam dgn baik getaran nya???,
      Itu yg sering dikeluhkan mesin 3 cyl,

      • Konteks nya juga di kompare power nya sama mesin 1.500 cc ga menyebut merek.
        ” Yahhh?.memang terkesan mahal untuk engine 1000cc. Tapi yang patut diingat mesin ini sudah dijejali Turbo sehingga power juga nggak kalah dengan kubikasi mesin 1500cc. “

  2. Soal harga saja. Blm cucok. Tambah 50 dah dapat mobilio, papanza, terios. 7 seater.
    Tp klo mmg belum ahli nyetir, lcgc jd pilihan terbaik. Siap nyusahin pemakai jalan yg lain.

  3. Fiturnya se ediaan opo sih cak? Lebih edyan KIA sonet deh. Lagian ini 1000 cc, meski turbo, di kecepatan diatas 100 kpj agak ngos2an cak. Udah ada reviewer di youtube, dari unit di jepang langsung, beliau orang indo di yokohama. Tapi di kecepatan low emang senggol gas dikit langsung maju. Begitu cak kata beliau.

  4. Sengamuk”nya toyota masalah Interior lebih mending Duo Korea.. Interior jepang modelnya terlalu konservatif alias sampah..
    Astra ngamuk.???? Kgk, astra yg malu krna duo korea dan china membuktikan dengan harga segitu hrusnya udh dpt fitur lebih dan masih dpt keuntungan.. selama ini duo astra terlalu besar ambil keuntungan tp fitur jauh dr pabrikan lain bahkan dr Mazda sekalipun.

    Sorry to say, mending Kia Sonet / seltos wkwkkwkw

  5. Embuh cak, masih bagusan rush/terios, lebih gagah, sayang interiorny kentang, klo kaya raize…..beugh, pasti mantel dah

Comments are closed.