iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….sugeng enjing selamat pagiiii, IWB haturkan selamat berpuasa bagi yang menjalankan. Ora kroso cak…puasa kita sudah masuk hari yang ke 12. Semoga seluruh ibadah kita diterima oleh Allah SWT sehingga kita tidak hanya mendapatkan lapar dan dahaga, amin YRA. Nah…disela puasa ini IWB sedikit ingin membagikan beberapa poin selentingan yang masuk ke newsroom IWB. Iki penting cak soale berkaitan dengan isu hasil terawangan IWB dimana Suzuki disinyalir akan merilis New Gixxer 250 bulan ini. Dilalah cak, sampai tanggal 24 April belum akan aroma jelas peluncuran akan dilakukan. Hingga dari investigasi terbaru…siapa menyangka isu baru masuk bahwa Peluncuran Suzuki GSX-250F di Indonesia disinyalir mundur ?? waaduhhh, ada apa gerangan ? berikut hasil investigasi update IWB….

Seperti yang sampeyan semua tahu sebelumnya IWB sudah membahas pergerakan Suzuki yang cukup mencurigakan dengan arah membawa Suzuki Gixxer 250 SF ke pasar Indonesia. Motor yang sebenarnya mengusung mesin baru yang diracik Suzuki India untuk menggempur pasar Yamaha dan Honda. Dan dari informasinya motor ini memang terbilang ampuh serta disukai para biker India. Mesin yang mumpuni serta dianggap durable termasuk harga yang cukup terjangkau membuat Suzuki Gixxer 250SF bahkan bisa menyalip penjualan Yamaha Fazer. So… itulah kenapa IWB sendiri cukup penasaran untuk membedah sekilas seperti apa sosoknya…

Jika kita membicarakan desain, motor ini memang termasuk kategori sport fairing touring. Desain sendiri cukup agresif karena mengedepankan karakter serba lancip. Lampu depan dibuat sedemikian rupa dengan tetap mempertahankan karakter GSX Family. Sementara headlamp ataupun stoplamp sudah menganut model LED. Kemudian untuk suspensi masih menganut model teleskopik termasuk swing arm belakang model kotak. Untuk kaki-kaki sendiri motor ini sudah mengadopsi ban yang cukup besar yakni depan 110 dan belakang 150…..

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Suzuki GSX R250 SF juga menganut speedometer full digital dengan shape yang masih mewarisi model GSX lainnya. Menjadi ciri dan kekuatan lain Suzuki GSX R250 SF yang cukup laris di India ini juga sudah dijejali fitur Suzuki easy start system yang membuat sampeyan lebih mudah menyalakan motor dengan sekali colek tuas, termasuk hadirnya anti lock brake system dual channel (ABS), hingga piringan cakram yang cukup besar yakni mencapai 300mm. Yang paling unik dari desain motor ini adalah model knalpotnya cak..

Mirip dengan Honda CBR250RR, Suzuki Gixxer 250SF mengadopsi model dual barrel silincer. Jadi ada dua lubang tumpuk cak. Pengereman disuplai oleh Bybre yang konon merupakan anak perusahaan Brembo Italia. Sementara untuk dapur pacu Suzuki Gixxer 250 SF mengusung mesin 249 cc SOHC 4 katup dengan SOCS ( Suzuki oil cooling system) untuk menjamin kestabilan suhu mesin pada kondisi ekstrim sekalipun. Dengan teknologi terbaru Suzuki juga menjejali 6 sensor pada mesin seperempat liter 1 silinder mereka…

Yang pertama adalah O2 sensor, intake air pressure sensor, intake air temperature sensor, throttle position sensor, engine temperature sensor dan crankshaft sensor. Semua sensor ini dikontrol oleh ECM untuk memberikan pembakaran yang sempurna dengan fokus pada efisiensi termasuk respon gas agar spontan dan selalu ada setiap saat. Jadi dengan mesin 1 silindernya motor ini juga lebih baik powernya dibandingkan dengan GSX-250R yang hanya bermain di angka 24,5 PS. Untuk Suzuki Gixxer 250 SF ini mampu memuntahkan tenaga hingga 26,5 PS dengan torsi di Kisaran 22,2 Nm…

Nahhh, disinyalir produk inilah yang akan lahir di Indonesia. Motor yang sangat serius dipelajari Suzuki Indonesia. Dan yang mengejutkan IWB mendapatkan bisikan bahwa sang kuda besi ternyata sudah ada di Indonesia. ” Sstttt, sudah ssttttt, unitnya sudah ada di Indonesia cak IWB….” serunya saat itu. Apakah bisikan ini sahih ? yahhh, namanya juga bisikan cak. Selama belum ada foto real kita anggap sebagai isu hot. Namun jujur cak, dari opini pribadi sepertinya bisikan ini dapat dipertanggungjawabkan. Apalagi dari isu yang berkembang Gixxer 250 yang terbuka menggunakan nama GSX-250F ini akan dirilis bulan April ini. Tapi kok belum ada pergerakan ?

Nahhh kuwii pakdee yang membuat IWB penasaran. Lhaaa piyeee, terawangane soale ora main-main. Ibaratnya cak, IWB sudah masuk ke ring 1 guna mendapatkan terawangan seakurat mungkin. Lhaaa kok sik meleset kieee piyeeeee? ya, jadwal memang dinamis alias fleksibel. Semua situasional alias disesuikan kondisi. Tapi tetap….aroma yang belum tercium jelas khususnya ketika sudah memasuki tanggal 24 April tentu membuat IWB penasaran, sebenarnya jadi dirilis nggak sih ? apa yang terjadi ??

Dan setelah mencari beberapa informasi, ternyata indikasinya memang mundur. Setidaknya dari update yang IWB terima walau ini tidak mutlak. Lhoo maksude ?

Jadi semua memang berkenaan dengan lock down yang kembali terjadi di India akibat gelombang kedua COVID19. Dan sebagai informasi, India adalah pusat produksi Gixxer 250 atau GSX250F yang akan dirilis nanti. Sepertinya ada pertimbangan dari Suzuki Indonesia untuk menahan diri karena status motor yang import CBU India. Walau sekali lagi update IWB ini bisa saja tidak akurat karena peluncuran terbuka dimajukan atau dimundurkan sesuai kebutuhan. Tapi jujur cak hingga tanggal 24 detik ini belum ada undangan apapun dari Suzuki tanda aroma GSX mundur memang makin kuat. Apapun itu stay tune di IWB dan akan selalu IWB update jika ada kabar terbaru. Ocreeeee….(iwb)

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!