iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Caakkk… Pada akhir Maret lalu Honda Monkey 125 sebenarnya telah diperkenalkan di Negeri Gajah Putih. Tapi sayangnya, pada saat itu Honda belum membeberkan spesifikasi detail dari motor ini mengingat Honda hanya mengenalkan motor ini pada publik Thailand. Nah rumornya ketika itu beredar kabar bahwa spesifikasi mesin dari Honda Monkey 125 akan sama dengan Honda Grom yang sudah lebih dulu rilis di Jepang. Namun akhirnya perkemarin media Thailand baru saja membeberkan spesifikasi detail dari motor ini. Wiss seperti apa spek ne ? simak detilnya dibawah ini…

Seperti yang sampeyan ketahui New Honda Monkey 125 merupakan motor yang mungil dan mengadopsi gaya unik dengan lekukan body yang minimalis. Tapi cak, setelah beredar rumor bahwa mesin dari motor ini menggunakan basis dari Honda Grom ternyata kabar itu memang benar adanya setelah media Thailand membeberkan spek lengkap Monkey 125. Nah menurut spesifikasi yang sudah beredar ternyata Honda Monkey 125 mengadopsi mesin baru dengan peningkatan transmisi dari sebelumnya 4 speed menjadi 5 speed. Jadi wiss sami mawon cak mesine dengan Honda Grom 125….

Sebagai informasi Honda Monkey 125 dibekali dengan mesin 4 Stroke 2 katup silinder tunggal dengan kubikasi 124cc berpendingin udara. Selain itu mesin ini memiliki rasio kompresi 10.0 dengan dimensi Bore 50mm dan Stroke 63.1mm. Nah untuk Output powernya sendiri tidak dibeberkan cak tapi kemungkinan besarnya Output power akan sama dengan Honda Grom 125 mengingat motor ini memakai basis mesin yang sama. Kemudian Monkey 125 dibantu dengan transmisi 5 speed dan kapasitas bahan bakar yang mampu menampung 5.6 Liter bensin. Nah bobot keseluruhan motor ini mencapai 103kg, dan untuk system pengereman sudah menggunakan disc brake baik untuk bagian depan dan belakang. Lalu untuk spek roda memakai ukuran ban depan 120/80 – 12 dan 130/80 – 12 untuk ban belakang.

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Sementara itu perubahan paling kentara selain bagian mesin yakni berkurangnya ukuran sumbu roda yang sebelumnya berukuran 1155mm berkurang sekitar 12mm menjadi 1143mm. Hingga saat ini belum diketahui perubahan ukuran dari sumbu roda tersebut dan ada kemungkinan ini merupakan efek dari diubahnya desain dari Frame Engine yang dicangkokan mesin baru. Atau kemungkinan lainnya cak, bisa jadi dari swingarm belakang yang dipendekan dengan tujuan untuk mengejar kemampuan manuver motor ini.

Last… Di Thailand sendiri Honda Monkey 125 hadir dalam tiga varian warna yang terdiri dari Juicy Yellow, Blazing Red, dan Bold Black. Uniknya beberapa komponen di setiap unit motor ini dilabur dengan warna perak seperti pada bagian tangki, fender depan belakang, dan keseluruhan blok mesin. Nah perlu sampeyan tahu, motor mungil seperti ini memiliki pangsa pasarnya sendiri dan cukup banyak biker yang menggemari Monkey 125. Bahkan di Negeri asalnya sendiri All New Monkey 125 belum dirilis cak dan banyak biker Jepang yang menantikan motor segmented ini. Diduga generasi terbaru ini juga akan menggantikan Monkey 125 ditanah air dimasa depan. Monkey ? motor sultan kiee cakkk…. (RA iwb)

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!