iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….ngiluuuu bin bikin mlongo pasca IWB membaca data crash Jorge Martin dari Alpinestars. Pembalap Pramac Ducati yang kini harus menjalani operasi tersebut ternyata memang mendapatkan hantaman yang cukup mengerikan saat terlempar dari motornya. Dari data yang dirilis Alpinestars, bahkan kekuatan yang menghantam tubuh Jorge Martin tembus hingga 26G…sebuah kekuatan yang mampu meremukkan tulang jika wearpack tidak dilengkapi airbag canggih. Data ini menjadi bukti bahwa teknologi Motogp semakin luar biasa untuk melindungi rider…..

Seperti yang sampeyan semua ketahui….Jorge Martin mengalami beberapa patah tulang setelah crash sangat keras pada FP3 di Grand Prix (Tikungan 7). Doi meluncur dan terhantam aspal sebelum kembali terlempar diatas gravel. Saat kecelakaan rider Ducati tersebut bak boneka tak berdaya sebelum para marshal menolong dan dilarikan kerumah sakit. Untunglah doi siuman dan dipastikan menderita patah tulang dibeberapa bagian. berdasarkan data Alpinestars baru terungkap betapa masifnya kekuatan sebenarnya dari kecelakaan tersebut…

Yup…..secara total, kecelakaan Martin berlangsung selama 5,2 detik dan airbag wearpack langsung mengembang melindungi tubuhnya.  Kecelakaan ini menjadikan salah satu kecelakaan terlama durasinya dibandingkan kecelakaan Marc Marquez di Grand Prix Spanyol tahun 2020 kemarin yang berlangsung 3,5 detik. Selain lama, yang mengerikan adalah daya G-Force yang menyerang tubuh Martin. Berulang kali lebih dari 20G dan puncaknya adalah 26G. Gilee serem cakkk….

Padahal sekelas pilot terlatih tanpa mengenakan G-suite, mereka hanya mampu menahan 9G ketika bermanuver. Sementara Jorge Martin ketika terlempar dan salto beberapa kali kemarin puncaknya adalah 26G. Sekali lagi, sebagai perbandingan, kekuatan terbesar yang dicatat oleh Alpinestars adalah 29,9G ketika kecelakaan Loris Baz padaTes Sepang tahun 2016. Dan yang terbesar dalam beberapa tahun terakhir adalah Marquez ketika Q2 di Grand Prix Malaysia tahun 2019 yang tembus 26,27G. Namun beda dengan Loris atau Marc. Jorger Martin durasinya lama….

Last…..Pembalap Pramac ini merasakan empat hantaman 25G dalam waktu tiga detik. Dipastikan jika tanpa airbag Alpinestars, tidak ada keraguan hasil akhir ceritanya akan berbeda cak. Diluar urusan sang khalik gaya ini mampu meluluh lantakan tulang manusia serta berpotensi membuat pembuluh darah pecah. Disinilah fungsi fundamental airbag yang diyakini mampu menyerap energy kinetik sangat signifikan. Btw…Jorge Martin sendiri dipastikan akan absen Motogp hingga Le Mans karena harus recovery dari operasi tulangnya. Serem euy….(iwb)

Foto detik-detik kecelakaan Jorge Martin

iklan iwb
Previous article[Stop press] Honda Rilis Honda New Super Cub C125 Versi 2021, wahh item doff cakkk !!!
Next article[HOT] Honda Pamerkan CB400X Versi 2021, lho kok beda cak ??
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

6 COMMENTS

  1. Ini jika mesin hanya diciptakan untuk kencang di trek lurus, sekali melesat ambyar, ini ciri dari mesin V cak

  2. Kita yang cuma nonton tolong do’akan yang baik”, karena mereka, selain bekerja juga menghibur kita…
    Mari, siapapun ridernya, pabrikan manapun tunggangan nya, kita do’akan semoga slalu sehat. Dan slamat.
    Berbagi kebaikan di bulan penuh berkah.. moga jadi ibadah.

  3. Yang paham tolong beritahu saya, ketika crash (amit-amit), waktu terpelanting baiknya kendurkan otot atau kencangkan otot biar dampak ke tulang jadi ga terllu besar??

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here