iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Caakkk… Seperti yang sampeyan tahu AHM telah resmi merilis CB650R Neo Sport Café pada pertengahan Maret lalu, dan IWB sendiri sudah mergokin sosok motor ini di Jakarta beberapa waktu lalu. Kemudian kesan pertama IWB terhadap CB650R Neo Sport Café emang bikin dengkul gemeteran cak karena memang motor ini emang uapikk bin guanteng puolll cak pokoke. Lhaaa piyeeee…motor koq gantengnya bener-bener kurang ajar. Jiannn njaluk disampluki sandal swallow ngiwo nengen saking apike. Nah tapi kali ini IWB bakal ngebahas versi full fairing dari motor ini yakni CBR650R versi 2021. Tentunya banyak perbedaan dari kedua motor ini karena memang beda genre dan peruntukan. Seperti apa bedanya ?? simak detilnya dibawah ini…

Perlu sampeyan ketahui CB650R Neo Sport Café dan CBR650R merupakan moge menengah dengan kubikasi mesin 648cc yang diproduksi oleh Honda. Kedua motor ini sama-sama dibekali dengan mesin 4 silinder segaris, namun untuk versi 2021 Honda telah memperbarui motor ini dengan beberapa komponen yang telah dirubah untuk meningkatkan performa motor. Nah cak, kedua varian motor ini sudah mengalami beberapa ubahan yakni di sektor desain dan kaki-kaki seperti update suspensi ke Up Side Down dan eksterior Stoplamp yang mengalami perubahan desain.

Yups CBR650R membawa kesan sport yang kental cak karena dibekali dengan body full fairing tentunya membuat cita rasa yang berbeda dari CB650R Neo Sport Café. Kemudian untuk bagian mesin dan rangka pun sami mawon cak untuk kedua motor ini, yang membedakan yakni dari karakter mesin yang dimana CBR650R memiliki karakter mesin yang bringas seperti supersport pada umumnya. Walaupun motor ini memiliki desain fairing yang sporty tapi jangan dibandingkan dengan CBR600RR yang memang ditujukan untuk keperluan sirkuit…..

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Nah…walaupun kedua motor ini dijejali dengan mesin yang sama namun beda karakter, baik itu CB650R Neo Sport Café maupun CBR650R memiliki daya tarik tersendiri. Yakni jika sampeyan telisik lebih lanjut mesin empat silinder segaris dari kedua motor ini sangat ramah untuk biker yang baru saja naik kelas cak. Dengan demikian, biker yang baru pertama kali mencoba motor besutan Honda ini pasti akan lebih mudah beradaptasi dalam mengendarainya.

Lalu untuk suspensinya sendiri Honda menjejalkan part yang sama untuk kedua motor ini, yakni suspensi Up Side Down untuk bagian depan dengan ukuran 41mm dengan model Showa Separate Function Forks Big Piston (SFF-BP) yang diklaim Honda memiliki peredaman yang lebih halus dan optimal bahkan ketika dihadapkan dengan manuver yang ekstrem. Selain itu untuk suspensi belakang dari kedua motor ini masih sama dengan versi sebelumnya. Yang membedakan hanya dudukan suspensi yang di update agar memiliki peredaman yang lebih optimal.

Handling Honda CBR650R pasti lebih stabil digunakan cornering, hal ini karena posisi Undercowl yang satu paket dengan fairing termasuk kalkukasi aerodinamika yang membuat downforce lebih baik dibandingkan dengan CB650R Neo Sport Café. Selain itu respon ketika berbelok yang berbeda bisa saja karena bobot yang lebih berat dibanding CB650R Neo Sport Café yang tanpa fairing. Kemudian efek lain dari bobot yang lebih berat pun terlihat dari pergerakan fork depan yang lebih lembut jika dibandingkan dengan CB650R Neo Sport Café. Reviewnya demikian pakde….

Walaupun dengan spesifikasi mesin yang sama, baik itu CB650R Neo Sport Café ataupun CBR650R dalam penjualannya pun membidik biker dengan selera yang berbeda cak. Semisal CBR650R dengan desainnya yang lebih supersport tentunya lebih ditujukan untuk biker yang menyukai kecepatan karena karakter mesinnya pun difokuskan untuk mengail power atas. Sementara itu untuk versi nakednya yakni CB650R Neo Sport Café merupakan motor streetfighter untuk biker yang lebih suka turing jarak jauh dan lebih ampuh untuk menaklukan jalur menanjak dan menurun karena karakter mesinnya yang dibuat bertenaga di Rpm bawah…

Last….itulah perbedaan karakter dari CBR650R dan CB650R Neo Sport Café. Sebuah motor dengan basis pengembangan sama namun beda karakter. Kalau sampeyan sendiri pilih mana ?? CBR650R dan CB650R Neo Sport Café ? wiss ah, bubar-bubar…kakehan menghayal abot cak….abottt wkwkwk (RA iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

22 COMMENTS

  1. BCan sebelah udah sepi Cak , liurrr mereka udah kering 😂 yuk keluarin yang baru …biar ada BCan baru lagi dari kaum seberang yang tertindas 😂

  2. Urusan penyaluran power sih paling sproket final gear doang yg beda. Motor naked biasanya lebih rapat gearing nya. Btw, masih lebih cakep Aprilia RS660 kalau menurut selera pribadi ane sih…

  3. Klo 650 saja bs dibikin beda karakter.. kayaknya cbr250rr bisa nih mesinnya d jadikan cb250r dgn karakter bawah yg di utamakan.

  4. ekekekekek

    priittttt Prittttt

    fbh ke malu annya ditaruh di mana ???
    offside banyak cc

    H suuuuuRrrrrrAM

    mueehehhehehehe

    • Kemaluanya ditaro dijidat fby
      Kaya plat nomor vigson

      Ekekekekekekek

      Liat erok bodi bongsor ban melar garpu trlescopic sgde lidi

      Ke badut🤭

      • ekekekekrkr

        600 udah disuntik mati ( cuma dijual dibeberapa wilayah ) gak ada yg minat
        naik ke 650 cc
        terbukti Offisde cc tong

        MT 07 kan awalnya juga segitu dr lahir .lagian cuma 2 silinder

        Ke malu an fbh mau ditaruh dimana ??? Peceex offisde Cbr offside
        ditambah plat nomor dijidat skarang di jiplak juga

        H suuuuRrrrrAM

        muehehehehehe

  5. dua duanya cantikk, kalo mau keluarin cn exmotion mending yg 250cc aja deh karena kalo 150 marketnya udah pada ke matic semua….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here