iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Caakkk… Sampeyan perlu tahu bahwasannya pada era tahun 80-90an pabrikan garputala alias Yamaha terkenal dengan motor bermesin 2 tak. Yamaha bukan hanya memproduksi motor sport dengan mesin 2 taknya saja. Melainkan Yamaha juga terjun di kelas motor bebek pada masa itu dengan meluncurkan beberapa jagoannya. Sebut saja Yamaha Sigma, Alfa 2R, Force 1, dan F1ZR yang sangat populer dan menjadi idola pada masanya. Namun selain memproduksi motor 2tak Yamaha juga mulai terjun di kelas motor bebek dengan meluncurkan mesin 4 tak. Dan bebek ini dinamakan Crypton, inilah cikal bakal Yamaha ngracik mesin 4 tak versi masspro di Indonesia !!

Perjuangan Yamaha untuk terjun dikelas 4Tak tidak mudah. Kepercayaan publik terhadap kemampuan mereka meracik mesin 4Tak disaat biasanya terkenal dengan mesin 2Tak merupakan tantangan tersendiri Yamaha ditahun 1997. Karena saat itu muncul image kuat bahwa mesin 4Tak adalah Honda bukan merk lain. Sangat dimaklumi karena Honda sudah bermain mesin 4Tak sejak jaman rekiplik cak. Istilahnya master bin ahlinya mesin 4Tak ya Honda….itulah mindset yang terbentuk dimasyarakat umum saat itu. Lawong IWB wae pas ngeliat pertama Crypton juga sempat nyengir…..iki bebek 4tak kok bentuknya kayak F1ZR. Mending F1Z lah…guman IWB saat itu….

Memang cak….Yamaha Crypton mengadopsi basis desain dari Yamaha Force 1 atau F1ZR dan hanya memiliki dua pilihan warna yakni merah dan hitam. Karena Yamaha mengambil basis desain dari Yamaha Force 1 tentunya dengan hal tersebut Yamaha berhasil menekan harga motor ini agar lebih murah karena Yamaha nggak perlu riset dari awal untuk segi desain dan langsung nyomot dari pendahulunya Yamaha Force 1. Selain itu Yamaha juga melakukan strategi ini agar bisa bersaing dari segi banderol dengan Honda C100 yang pada saat itu memakai kubikasi 97cc….

Yang perlu sampeyan tahu cak, ketika itu Yamaha sudah menerapkan teknologi canggih untuk motor ini yakni menerapkan teknologi Engine Balancer yang berfungsi untuk meredam getaran dari mesin motor. Jadi wiss minim vibrasi cak motore. Yups untuk bisa bersaing dengan Honda C100, Yamaha Crypton dibekali dengan mesin berspesifikasi sedikit diatasnya yakni dengan mengusung mesin 4 tak 1 silinder berpendingin udara dengan system pembakaran karburator dan memiliki kubikasi mesin 101,8cc….

Dengan mesin yang diusungnya tersebut, motor ini mampu memuntahkan tenaga hingga 8,2 hp di 8000 Rpm dan torsi maksimal di angka 8,65 Nm di 6500 Rpm yang dibantu dengan transmisi manual 4 speed return. Nah Yamaha memproduksi motor ini dalam rentang waktu dan kubikasi mesin yang berbeda cak. Seperti pada awal kelahirannya pada tahun 1997 dengan kubikasi 101,8cc kemudian pada tahun berikutnya Yamaha melakukan facelift untuk produksi 1998 hingga 1999 dan sedikit menaikan kubikasi Crypton menjadi 102cc…

Sayang sekali lagi, motor 4Tak Yamaha ini tidak bertahan lama. Meski Yamaha berusaha melakukan facelift setahun berikutnya dengan menaikkan kubikasi dari 101,8 menjadi 102cc ditahun 1998…termasuk penggantian rem tromol depan dengan cakram…sampai label belakang ditambah R jadi Crypton R, namun pada ujungnya ditahun 1999….sibebek menyerah. Secara resmi Yamaha menyetop produksi Crypton selamanya sehingga bebek ini bisa kita kategorikan masuk rare item saat ini. Kenapa ? karena umurnya yang sangat pendek dan jumlah produksi juga tidak banyak akibat pasar yang anyep dimasa kelahirannya….

Last… Hingga sekarang ini hanya segelintir biker yang mampu mempertahankan motor ini dan merawatnya. Sementara itu sebagai pioneer dari mesin 4 taknya Yamaha, motor ini juga terkenal dengan motor yang ekonomis dan mudah dalam perawatan. Sebuah gambaran perjuangan pabrikan yang tidak kenal menyerah walau gagal berkali-kali. Keunggulan Yamaha dimasa lalu adalah orang-orang yang bercokol didalamnya merupakan sosok inovatif. Cukup banyak produk yang menjadi saksi sejarah tidak cemerlang dipasar namun disitulah proses menuju sukses ditandai dengan Mio gen awal hingga Vixion yang meledak dipasar. Yup….Ketika Yamaha masih dipegang YMKI (Yamaha Motor Kencana) sebelum pada akhirnya dilebur menjadi YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacture). Crypton ? inilah mbahnya motor 4tak Yamaha ! (iwb)

Spesifikasi Lengkap Yamaha Crypton

  • Tipe Mesin: 4-stroke bendingin udara, silinder tunggal mendatar
  • Volume silinder: 101,8cc (1997); 102cc (1998-1999)
  • Sistem bahan bakar: Karburator; MIKUNI VM 16
  • Diameter × langkah (bore × stroke): 49 × 54 mm
  • Rasio kompresi: 9:1
  • Power maksimum: 8,2 hp/8.000 rpm
  • Torsi maksimum: 8,65 Nm/6.500 rpm
  • Tipe Kopling: Otomatis, sentrifugal, tipe basah, plat majemuk
  • Sistem transmisi: Manual, 4 percepatan return (N-1-2-3-4)
  • Kapasitas oli mesin: 1 liter
  • Dimensi (panjang × lebar × tinggi): 187 x 65,5 x 105 cm
  • Jarak sumbu roda: 119 cm
  • Jarak terendah ke tanah: 13 cm (1997): 12 cm (1998-1999)
  • Berat kendaraan: 92 kg (1997), 95,1 kg (1998-1999)
  • Rangka: Pipa, underbone
  • Suspensi depan: Teleskopik
  • Suspensi belakang: Swing arm dengan peredam kejut ganda
  • Ukuran ban depan: 70/90-17 38P (2,50-17 inch)
  • Ukuran ban belakang: 80/90-17 44P (2,75-17 inch)
  • Rem depan: Tromol (1997); Cakram dengan piston ganda (1998-1999)
  • Rem belakang: Tromol
  • Sistem pengapian: AC CDI
  • Battery (accu / aki): 12V-5Ah
  • Busi: NGK C6HSA / DENSO U20FS-U
  • Sistem Starter: Elektrik dan kick starter
iklan iwb
Previous article” Aku menderita…..” seru Marc Marquez !
Next article[Warm Up Portimao] Celaka ! Marc Marquez paling buncit dibelakang Rossi !!!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

14 COMMENTS

  1. hahaha crypton saya masuh ada sampai sekarang. mesinnya bener2 awet ,walaupun di awal beli dulu cacat pabrik di bagian tromol belakang.

  2. Cryton tarikan memang yahud, getaran mesin salut.. tapi rpm tengah – atas molor, speed biasa,

    Shogun tromol tarikan awal molor, begitu speed ke 1/9 an ban depan bisa ngangkat, getaran mesin lumayan la jika jalan, rpm ngisi terus sampai tinggi (+130km on Speedo)

    Suara mesin hualusss banget…

  3. Crypton disirikin soalnya suara balancer nya berisik, mesin bunyi nguing nguing selain itu kalo mau motor 4T kencang, ya beli Shogun kebo, mau irit ya Astrea Grand, mau beda ya Kaze .Crypton bukan pilihan utama.
    .
    VegaR model F1ZR baru bisa diterima pasar

  4. rangkanya lincah tuk nyelip2an maupun salip2an dan stabil di high speed. mesinnya dgn balancer itu halus ga getar kek vibrator walau dibore-up sampe 150cc. Beli bekas 2juta, dandanin 15juta juga masih WORTHED.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here