iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…Hari kedua putaran ketiga MotoGP Portimao, Portugal berlanjut……Sesi pembuka hari ini menjadi milik Fabio Quartararo. Sementara pada FP3 ini Marc Marquez terpuruk, apakah kelelahan ??

Di Hari pertama Yamaha dan Ducati bergantian memimpin Free Practice 1 dan Free Practice 2. Sementara itu SuZuki secara mengejutkan mengintai grup teratas dengan kedua pembalapnya, dan tidak ketinggalan Honda juga tampil baik pasca Marc Marquez (Repsol Honda Team) comeback cakkkk.

Kedua sesi pada hari pertama sejatinya berjalan kurang optimal pakdee, karena kondisi track cukup tricky dimana pada sesi Free Practice 1 track belum sepenuhnya kering dan pada Free Practice 2 rintik hujan juga turun jelang dimulainya sesi. Namun catatan waktu para pembalap mulai mendekati rekor sirkuit yang dicetak Miguel Oliveira (Redbull KTM Factory).

Nah…lanjut wis cakkk, Free Practice 3 akhirnya berjalan dengan normal dimana cuaca di Portimao cerah dan track tidak ada gangguan apapun di track alias kering total…Sesi ini dimulai pukul 09.55 hingga 10.40 waktu setempat.

Sejauh ini timing yang terpampang adalah hasil Kombinasi Free Practice 1 dan Free Practice 2, dimana Francesco Bagnaia berada diposisi pertama diikuti Fabio Quartararo, Joan Mir, Alex Rins dan Jack Miller melengkapi lima besar. Posisi ini bertahan hingga 10 menit pertama sesi dan kebanyakan para pembalap mencoba turun dengan kombinasi ban Medium – Medium pakdeee.

Tiga puluh tiga menit waktu terisa, Francesco Bagnaia masih memimpin diikuti Johann Zarco, Fabio Quartararo, Miguel Oliveira dan Joan Mir. Hingga paruh pertama sesi, hanya dua pembalap saja yang memperbaiki catatan waktunya di lima besar cakkk, sementara itu kini para pembalap mulai memasuki pit untuk merancang strategi lainnya dan tentunya mencoba mengkombinasi ban serta set up yang berbeda.

Dua puluh lima menit waktu tersisa, Lima besar kini ditempati Francesco Bagnaia, Johann Zarco, Franco Morbidelli, Fabio Quartararo dan Miguel Oliveira. Sementara itu posisi enam hingga sepuluh ditempati Joan Mir, Alex Rins, Jack Miller, Marc Marquez dan Aleix Espargaro.

Dua puluh menit waktu tersisa, Francesco Bagnaia masih anteng diposisi pertama diikuti Johann Zarco, Aleix Espargaro, Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo. Satu kemudian Aleix Espargaro Naik keposisi pertama dengan catatan waktu 1 menit 39.690 detik. Tiga menit kemudian Luca Marini naik keposisi dua menggeser Johann Zarco.

Lima belas menit waktu tersisa, lima besar ditempati Aleix Espargaro, Luca Marini, Francesco Bagnaia, Johann Zarco dan Franco Morbidelli. Sementara itu para pembalap mulai mamasuki pit untuk terakhir kalinya sebelum time attack pakdee.

Sepuluh menit waktu tersisa, Jack Miller ambil alih posisi pertama dengan catatan waktu 1 menit 39.345 detik, diikuti Aleix Espargaro, Luca Marini, Francesco Bagnaia dan Miguel Oliveira. Satu lap kemudian Miguel Oliveira naik keposisi tiga menggeser Luca Marini. Tidak lama kemudian Fabio Quartararo ambil alih posisi pertama dengan catatan waktu 1 menit 39.044 detik.

Tujuh menit waktu tersisa, Lima besar ditempati Fabio Quartararo, Jack Miller, Franco Morbidelli, Aleix Espargaro dan Miguel Oliveira. Satu lap kemudian Feanco Morbidelli naik ke posisi dua menggusur Jack Miller. Disisi lain Jorge Martin dlosor keras di tikungan 7 dan ia nampak kesakitan cakkk, red flagpun berkibar…sementara itu Pembalap asal Spanyol ini langsung ditandu keluar lintasan dan segera diangkut ambulan untuk pemeriksaan lebih lanjut di Medical Centre. Ngerii tenannn..

Sekitar lima belas menit, sesi kembali berlanjut cakkk..gerombolan para pembalap nampak padat dan di sisa sisa waktu akhir time attack akan dimulai sesaat lagi. Francesco Baganaia naik ke posisi tiga dan Zarco keempat. Time attack terus berlanjut cakk

Bendera finish berkibar, Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) keluar sebagai yang tercrpat dengan catatan waktu 1 menit 39.044 detik

Posisi kedua ditempati Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) dengan catatan waktu 1 menit 39.095 detik.

Posisi ketiga ditempati Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) dengan catatan waktu 1 menit 39.117 detik.

Posisi keempat ditempati Johann Zarco (Pramac Racing Team) dengan catatan waktu 1 menit 39.228 detik

Melengkapi lima besar adalah Alex Rins (Team Suzuki Ecstar) dengan catatan waktu 1 menit 39.328 detik…

Last…Marc terpuruk pada FP3 ini. Ada tiga poin yang menjadi analisa performa Marc kontras dengan hari pertama. Bisa jadi karena lengannya kelelahan…..yang kedua banyaknya crash membuat doi enggan ngepush karena resikonya sangat besar jika terjadi pada doi dan ketiga bisa saja Marc enggan ngoyo untuk ngirit tenaga pada sesi kualifikasi. Entahlah tidak ada yang tahu karena tidak ada keterangan dan komentar Marc perihal posisi terbarunya di FP3. Kita lihat saja sesi berikutnya……(iwb)

PORTIMAO MOTOGP, PORTUGAL – FREE PRACTICE (3) RESULTS
POS RIDER NAT TEAM
1 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
2 Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1)
3 Francesco Bagnaia ITA Ducati Team (GP21)
4 Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP21)
5 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
6 Jack Miller AUS Ducati Team (GP21)
7 Luca Marini ITA VR46 Avintia Ducati (GP19)
8 Aleix Espargaro ITA Aprilia Gresini (RS-GP)
9 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM (RC16)
10 Maverick ViΓ±ales SPA Monster Yamaha (YZR-M1)
11 Alex Marquez SPA LCR Honda (RC213V)
12 Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
13 Pol Espargaro SPA Repsol Honda (RC213V)
14 Valentino Rossi ITA Petronas Yamaha (YZR-M1)
15 Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)
16 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
17 Danilo Petrucci ITA KTM Tech3 (RC16)
18 Enea Bastianini ITA Avintia Ducati (GP19)
19 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
20 Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP21)
21 Lorenzo Savadori ITA Aprilia Gresini (RS-GP)
22 Iker Lecuona SPA KTM Tech3 (RC16)
  • Rookie.
iklan iwb
Previous article[HOT] Yamaha Tricity 300 raih dua penghargaan bergengsi, opo kuwiii ???
Next articleKualifikasi Motogp Portimao 2021 : Fabio Pole, Rins kedua….Marquez kemana ???
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

28 COMMENTS

    • baca data pakai otak dong jangan akai nafsu…
      data bicara kalau Marc stamina belum pulih, dan tidak semudah membalik tangan utk patah Humerus dengan tiga kali operasi… ini balap motor bung yang butuh kekuatan kedua tangan apalagi tangan kanan… coba kalau Marc mau pindah throtel ke tangan kiri persis adaptasi Doohan dg cedera yg dia terima

    • patah humerus dan tiga kali pembedahan bukan kasus yg ringan dan pemulihannya tidak akan secepat itu…
      bisa finish sepuluh besar pada race day saja sudah luar biasa bagi Marc…
      Jangan buktikan apapun pada race day… bermain aman sudah cukup bagi kelanjutan karirnya di masa sekarang jangan sebaliknya, dg bayangΒ² pensiun dini

  1. Mm efek cederanya dah kambuh,apalagi besok. Finish saja dah cukup. Fabio kenceng tp diprank sm vinales besok

  2. Lah lek kemarin pamer otot koyo bull..mosok baru sampe fp sudah kesel.belum kualipikasi belum race. Jebule otote bullsit..ngahngah.

  3. Kayanya si Marc ga pernah ngaruh dah mau start dr nomer brp aja,
    Ujung2 nyosor 3 besar,
    Tp itu dulu, dan semoga ada kejutan skrg,

  4. Banyak banget terlalu overproud ma markus. Ntar pas race besok cuma dibarisan belakang pada ngilang n alibi fans nya πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ inget markus ogah jadi tumbal nonton makanya ogah ngepush motor ntar main pasir kayak adeknya

  5. cerdas dikit bos, istilah jawa DILULU (disuapin), krn media heboh maka pembalap lainnya ngalah dulu pengen liat si Marq pecicilan seakan tak ada lawan, begitu kenyang baru ditampol ke urutan 16

  6. FP3 ini status untuk Q2 atau Q1, dan ini saatnya pembalap lain yg selama ini dianggap dibawah Marq waktunya unjuk gigi, Marq pecicilan lg Crash-Cidera-Autopensiun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here