iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Caakkk… Di kejuaraan dunia seperti MotoGP bukan hanya rider yang mendapat gelar juara disetiap akhir musim. Namun ada kategori gelar lain yakni juara dunia Tim dan Konstruktor. Untuk gelar Konstruktor sendiri diberikan FIM kepada pabrikan yang berhasil mengumpulkan poin konstruktor terbanyak di akhir musim. Nah kali ini IWB bakal bahas beberapa pabrikan yang berhasil mengumpulkan gelar Konstruktor terbanyak sepanjang kiprahnya di balap MotoGP. Wiss sampeyan simak detilnya dibawah ini…

Di urutan pertama, pabrikan dengan gelar Konstruktor paling banyak hingga saat ini yakni pabrikan sayap mengepak alias Honda. Sejak memulai debutnya di MotoGP dari tahun 1960 Honda berhasil mengumpulkan total 72 gelar di semua kelas. Rinciannya yakni 25 gelar dikelas MotoGP, 19 gelar di kelas Moto2, 20 gelar di kelas Moto3, 6 gelar di kelas 350cc, dan 2 gelar di kelas 80/50cc. Perlu sampeyan ketahui, sebenarnya FIM telah menghapus kelas 350cc, 80/50cc, dan sidecar di tahun 1997….

Dua jagoan motor Honda yang cukup terkenal dan disegani adalah NSR500 serta RC series yang sekarang menimbulkan kontroversi karena dipandang Marc sentris sehingga sulit dikendarai rider lain. Namun faktanya RC menjadi penguasa di Motogp sejak 2013 dan hanya kecolongan ditahun 2015 serta 2020 dari Yamaha dan Ducati. Ingat cak, ingat konstruktor yo bukan rider. Apakah record ini hanya karena faktor Marc atau memang motornya memiliki potensi besar sedang rider lain tidak mampu mengoptimalkan ? monggo berikan opininya dibawah….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Lalu pabrikan dengan gelar Konstruktor terbanyak berikutnya yakni Yamaha dengan raihan total 47 gelar Konstruktor untuk semua kelas. Yamaha berhasil mengoleksi 14 gelar di kelas MotoGP, 4 gelar di kelas 350cc, 14 gelar di kelas Moto2, 4 gelar di kelas Moto3, dan 11 gelar Sidecar / B2A / B2B. Seperti yang sampeyan ketahui Yamaha menemukan musim keemasannya setelah merekrut rider Valentino Rossi dengan duet Jorge Lorenzo di masa lalu. Tapi sayangnya cak hingga saat ini masa keemasan Yamaha telah sirna, tapi semoga saja di musim 2021 ini Yamaha bisa bangkit kembali pasalnya Yamaha telah memiliki rider yang kuat untuk khususnya untuk Factory Team.

Last… melengkapi posisi ketiga, siapa menyangka MV Agusta berhasil menorehkan gelar juara dunia Konstruktor sebanyak 38 gelar juara dunia. Rinciannya sendiri MV Agusta meraih 16 gelar di kelas MotoGP/GP500, 5 gelar di kelas Moto2, 7 gelar di kelas Moto3, dan sisanya 10 gelar di kelas 350cc. MV Agusta sendiri sudah lama cak mengakhiri kiprahnya di MotoGP yakni di tahun 1976. Sementara itu masing-masing 19 gelar Konstruktor untuk Aprilia dan BMW melengkapi lima besar dalam peraihan gelar Konstruktor terbanyak sepanjang sejarah balap bergengsi dunia. Namun beda dengan tiga pabrikan lain Aprilia dan BMW hanya perkasa dikelas Moto3 dan juga sidecar. Ini beda dengan Suzuki yang bertengger keenam namun dikelas premire 500/Motogp dengan 7 kali juara konstruktor….(RA iwb)

Data Pabrikan dengan Gelar Konstruktor di sejarah MotoGP

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!