iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….IWB lumayan terpana oleh tulisan Mat Oxley seorang mantan pembalap Island Man of TT dan juga penulis dibeberapa media balap luar serta pengamat Motogp. Mat yang pernah memenangkan gelar balap paling mengerikan sedunia tersebut mencurahkan hasil analisa dan opininya dengan kembalinya sang raja. Tulisan yang cukup tajam namun juga realistis mempertanyakan…apa yang bisa Marquez lakukan pasca cedera tulang Humerus? secara runut, doi percaya Marc Marquez juara dunia 2021 terbuka namun dengan beberapa catatan. Opo kuwi ? berikut tulisan lengkap Mat yang IWB terjemahkan dari Speedweek berikut ini….

Selama sembilan bulan, MotoGP bagaikan ring tinju tanpa Muhammad Ali, lapangan sepak bola tanpa Pelé atau Formula 1 tanpa Ayrton Senna. Rekor lap MotoGP dipecahkan hampir setiap tahun, tetapi tidak tahun lalu karena orang tercepat di lapangan tidak ada untuk menembus batas. Sekarang Marc Márquez akhirnya kembali, setelah tiga operasi lengan atas dan beberapa saat ketika karirnya tampak hampir berakhir….

Sembilan bulan tanpa balapan, itu waktu yang lama. Dalam kecelakaan serius, keberuntungan adalah satu-satunya poin terpenting dalam sebuah olah raga balap. Beberapa pembalap mencoba melindungi diri saat terlempar dan terhempas kekerikil, tetapi satu hal yang tidak akan pernah bisa mereka kendalikan ketika crash adalah motor mereka sendiri. Itulah nasib buruk yang terjadi pada Marc Márquez Juli lalu di Jerez….dia terhantam roda depan RC213V-nya (secara paradoks, motor yang membuatnya tidak terkalahkan). Motor yang membawanya meraih gelar MotoGP ketujuh dalam delapan tahun…..

Lengan atas bukanlah tulang yang sangat sering terkena di balap motor. Lengan bawah atau pergelangan tangan jauh lebih umum. Bagi juara dunia Superbike empat kali, Carl Fogarty, itu adalah akhir dari karirnya. Saat tiba-tiba dia mematahkan humerusnya di Phillip Island pada tahun 2000. Pelat dan sekrup digunakan, tetapi masalah bahu tetap ada. Dia mencoba mengendarai motor lagi setelah beberapa bulan, dia akhirnya paham semuanya sudah berakhir….

Lengan atas Márquez dalam kondisi yang lebih baik, tetapi bisakah dia membidik gelar MotoGP ketujuhnya tahun ini? aku tidak dalam posisi untuk membuat prediksi, balap motor terlalu gila untuk itu. Namun, hal itu tentu saja memungkinkan. Tentu saja, ada juga keraguan: Bisakah break point mengalahkan kecepatan penuh selama 40 menit di motor MotoGP?

Portimão harus menjawab pertanyaan itu. Tidak ada trek yang mudah dengan MotoGP bike, tetapi Belokan 1 “Autódromo Internacional do Algarve”, di mana pembalap dipaksa meluncur menuju turunan setelah lintasan lurus pada kecepatan 350 km / jam, mungkin memberikan gaya G-Force tertinggi yang akan dialami pembalap motor (bahkan tanpa jatuh sekalipun)….

Ini artinya setiap kali Márquez mengerem masuk tikungan pertama, setidaknya ada tekanan sebesar 1,7 Gaya G yang harus ditahan – itu berarti beban sekitar 120 kg untuk lengan dan pergelangan tangan. Dia sudah tahu ini karena dia pernah ngetes ini sebulan lalu, meski dengan RC213V-S – tanpa rem karbon. Márquez mengambil risiko tahun lalu, kalah taruhan dan menyadari bahwa dia hanyalah manusia biasa. Dan jika dia melihat angka-angkanya, dia akan sadar bahwa dia tidak harus langsung menang untuk merebut gelar pada 2021….

Mahkota MotoGP 2019 jatuh ke tangan bintang Repsol Honda dengan 420 poin. Itu adalah musim terbaik dalam sejarah “kelas utama”: dua belas kemenangan dan enam podium dua dalam 19 balapan itu luar biasa. Jika kita menghitung ulang perolehan poin Joan Mir dalam perjalanannya meraih gelar Motogp 2020 dengan melakukan simulasi menjadi satu musim 19 balapan, dia hanya akan mengoleksi 232 poin. Itu artinya 188 lebih sedikit dari Marquez pada 2019.

Hasil poin Mir memang rendah, tetapi tidak jauh di bawah Andrea Dovizioso, yang menjadi runner-up di belakang Márquez pada tahun 2017, 2018, dan 2019.

Itu memberi tahu kita bahwa Marquez memiliki margin yang cukup untuk bangkit. Memang, 2021 bukanlah 2019, tetapi tidak banyak yang berubah sejak dia memenangkan gelar terakhirnya. Karena tidak ada yang memecahkan rekor lap (hanya hitungan lap balapan). Dan bahkan jika perolehan poinnya 40 persen lebih rendah dari tahun 2019, dia akan tetap menjadi juara dunia – dengan asumsi bahwa para pesaingnya tetap berada di level yang sama seperti tahun lalu, dan itu bisa saja terjadi.

Jika lengan kanan atas dapat sepenuhnya menahan tekanan ketika race, maka aku rasa dia memiliki peluang untuk mengejar gelar dunia. Banyak orang melihatnya seperti itu.

“Dengan Marc semuanya ada di planet yang berbeda. Ketika dia memakai helmnya dan keluar lintasan, kamu tahu bahwa sesuatu akan terjadi – sesuatu yang istimewa…” seru ,” manajer tim Repsol Honda Alberto Puig. Apalagi Pembalap pabrikan Ducati, Jack Miller, juga pernah menegaskan…” Perbedaan sangat besar ketika kamu membalap sendiri atau membalap seperti mendorong pisau selama 20 lap dengan 22 orang…” tukas Miller

Jadi apa yang bisa dilakukan Marc Márquez akhir pekan ini?

Ada tiga faktor yang perlu dipertimbangkan: Márquez menjalani tes di Portimão pada bulan Maret, jadi dia tahu arahnya. Stefan Bradl mengendarai RC213V Marquez pada final musim 2020 di Portugal di posisi ke-7, 15 detik di belakang pemenang, hasil terbaiknya tahun itu. Bradl telah menyatakan bahwa dia tidak akan terkejut jika Márquez naik podium pada hari Minggu.

Yup…kuwi cak sekilas tulisan Mat Oxley, seorang mantan pembalap sekaligus jurnalis. Tulisan yang sangat tajam dan mantap. Dengan kata lain Mat sepertinya cukup yakin jika lengan humerusnya baik-baik saja potensi Marc merebut juara dunia 2021 cukup terbuka. Nah…kalau sampeyan sendiri piye cak, setuju dengan opini Mat atau nggak ? monggo berikan opininya….(iwb)

iklan iwb
Previous article[History] Siapa Pabrikan penguasa Gelar Konstruktor di sejarah MotoGP ? jebule…..
Next articlePuasa nunggang motor ugal-ugalan ? baca artikel ini cak !
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

49 COMMENTS

    • Walaupun Marc bisa juara dunia musim ini..dia tak melakukannya dengan cepat , tapi opelaaaaaann dan sangat menyakitkan lawan
      Mueeeehehehehehe 😂👍

      • Marc gak perlu buru2 memenangkan podium Seri….masih panjang waktu buat dia menikmati ritme balapan sembari melalui beberapa proses
        Mueeeehehehehehe 😂

        • Dunia tak perlu dikejutkan oleh kemenangan Marc di Portugal….Dunia hanya butuh melihat aksi Marc diatas motornya , sekalipun masih pelan dan malu2
          Mueeeehehehehehe 😂

          • Dan dunia membutuhkan Beringasnya Marc…pada Sri ke 8 hingga akhir musim , disinilah Dunia ingin kembali menyaksikan…Tropy Cantik berada diGenggaman Marc
            Mueeeehehehehehe 👍😂

    • Masih ada 8 hingga 10 tahun lagi kedepan yang akan dilewati Marc , artinya….masih ada digenggaman Tropy Cantik Juara dunia sedikitnya 4 – 5 x lagi .
      Artinya lagi….Fenomenal Marc akan Semakin Sempurna dengan perolehan titel Juara dunia 15x
      Mueeeehehehehehe👍😂

      • Pabrikan lain silahkan ambil kemenangan di Portugal atau sirkuit2 lainnya dalam 5 6 seri awal , karena setelahnya….kalian gakkan lagi punya kesempatan
        Mueeeehehehehehe 😂

    • MM93 asal jgn cengeng. Dulu suka senduk sana sini, hrs siap diseruduk jg dan jatuh lg. Siap2 senasib dgn Doohan

    • Doohan hancur juga tubuhnya dengan motor honda… Marc mau ngikuti jalannya Doohan… hitungan Mat, mudah² tidak akan menjerumuskan Marc ke pensiun dini

  1. Komentar toxic Mbhekye, Abm & Fumicin menunjukan bahwa betapa teraniayanya mereka selama ini dgn Juara dunianya seorang MM93 muehehehehe

    • Buka MotoGP.com.
      terus browse manufaktur winner.
      Lihat bbrp kali Honda jurdun tanpa Marc sejak GP 1949.
      Tulisan ente yang tepat adalah…. inilah akibat mengembangkan motor berdasarkan 1 orang.

    • Dunguuuu..
      Kl pendapatmu bgitu, artinya kau tak punya daya analisa.. dan sebaiknya kembali ke jaman purba.
      Marquez se-jago apapun.. Kl memang motornya tdk powerfull, emangnya bisa dibejek buat ngentutin motor lain? Liat di jerez 2020 ndak bagaimana dia udah terlempar belasan posisi kebelakang langsung tiba2 meneror di posisi 3 sebelum kecelakaan? Itu menandakan betapa powerfullnya motor yg ia pakai namun hanya dia yang bernyali menjinakkan kebuasannya. Atau jangan2 semua pembalap selain dia.. Tak ada nyali?
      😂😂😂

  2. 4 bulan dari operasi terakhir maka secara klinis udah bisa dikatakan fungsional,
    Krn telah melewati batas 12 minggu. Tapi remodelling tulang benar2 sempurna setelah 12 bulan.

    Tapi untuk atlet, anggaplah super human, mgkn bisa maju menjadi 6 atau 8 bulan.
    Jadi race minggu ini benar2 ujian buat marc.
    Moga gak ada crash yg membuat humerusnya terpeluntir keluar (yg punya potensi fraktur spiral)

    • Sering crash buat nyari limit. Sdgkan kemaren di Fp 1-2 dya hanya nyari enjoy n feeling di motornya dgn set up bradl di portimao2020 yg finish ke 7..dan sore di fp2 dya merasa humerus kananya cukup lellah. Yg brarti kemunginan race nya dya ttep gk akan makksa buat finish podium

  3. Juara hanya bonus ya Marc? Kalem aja dulu. Sabar, pelan2 biar gak kaget fisiknya. Kalau 2-3 race lancar baru agak di gas .

  4. Para beha pede banget..
    Padahal markupret ntar sangat kesakitan trus di suruh istirahat lama lagi sama dokter.
    Dan para beha pun gigit jari sambil pegang beha dijemuran wkwkwkkw

  5. Ada Tim Super yg dikomandoi Santi Hernandez. Jadi semua sudah direncanakan dgn sangat rinci.

    Apakah harus menang langsung / gimana ? Semua sudah diatur oleh Tim Repsol Honda.

    Jadi nikmati saja dulu race-nya.
    Good luck

  6. ekekekekke

    # Kawal insiden Jendela
    # Kawal Refund Gaji
    # Kawal matic besar membagongkan

    H suuuuuRrrrrAM

    mueheheheheheh

  7. ekekekek

    Smapai detik ini hingga marqkues mau turun balap lagi

    masih menjadi misteri
    Sebesar dan seberat apa Jendela yg dibuka Mak makues ????
    ( ada yg bisa jawab )

    H suuuuuRrrrrrAM

    muehehehehehehhe

  8. ekekekekek

    H ketar ketir di salip Neng April yg menurunkan Dovi

    alhasil mengizinkan Si semut turun gunung lebih Dini

    H suuuuRrrrrAM

    mueheheheheh

  9. Puig jgn lupakan MM93 bkn balapan sndri,akan byk ada lawan agresive dilintasan ya. Bahkan mreka taw MM g bkl brani agresive lawan mreka.

  10. Artinya jelas simpel. Marquez menjaga supaya ga jatuh, berdoa supaya ga jatuh. Klo sampe jatuh dibagian yang sekarang masih pake sekrup….

  11. CARA TERAAMPUH UTK MENGAKHIRI KARIR MM93 ADDALAH SSEMUA PEMBALAP MENDORONG MM93 UNTUK LEBIH MENGGILA SAAT BERKENDDDARA DDDAN MEMBUAT DDIA KECELAKAAN LAGIII….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here