iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Caakkk…Rossi, sosok idola yang dipercaya menjadi ikon Motogp selama hampir dua dekade. Sepak terjangnya yang luar biasa dan memberi angin segar balap yang sebelumnya kurang popular menjelma menjadi balapan bergengsi yang ditonton jutaaan orang didunia. Hal ini tidak lepas dari prestasi The Doctor serta hiburan yang diberikan. Namun tahukah sampeyan, jika kita membicarakan prestasi siapa menyangka diatas kertas ternyata record Vale berpotensi disalip Marc Marquez. Dan inilah Data Pebalap MotoGP dengan Gelar terbanyak sepanjang masa update 2021….

Seperti yang sampeyan ketahui kejuaraan balap motor Grand Prix yang bermula sejak 1997 lalu terbagi menjadi tiga kelas, yakni kelas 125cc, 250cc dan MotoGP. Tapi faktanya cak, ada beberapa kelas yang telah dihapus oleh Federation International De Motorcyclism (FIM) yakni kelas 350cc, 50cc, dan sidecar yakni kelas yang dikendarai oleh dua orang pembalap. Yup kelas utama dari kejuaraan ini yakni MotoGP yang sebelumnya dikenal dengan kelas 500cc. Sekilas info buat sampeyan, bahwasannya MotoGP merupakan kejuaraan tertua karena telah diselenggarakan dari tahun 1949 oleh FIM namun pada tahun 1997 regulasi pembagian kelas dirubah seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Kemudian pada tahun 2002 pun regulasi dirubah kembali yakni dengan menghapus mesin 2Tak 500cc ke 4Tak 1000cc.

” Agostini…..”

Nah ngomongin soal gelar juara dunia MotoGP tentunya ada beberapa pembalap yang sudah merebut titel terbanyak sepanjang karirnya di MotoGP. Bahkan di setiap tahunnya baik itu kelas terendah sampai kelas MotoGP pasti selalu menghadirkan juara dari klasemen dengan poin terbanyak di akhir musim. So…kali ini IWB akan membeberkan ke sampeyan siapa saja rider dengan gelar terbanyak sepanjang karirnya di MotoGP, wiss simak penuturan IWB dibawah ini…

Pembalap pertama yakni siapa lagi kalau bukan Giacomo Agostini yang merupakan pembalap legendaris karena berhasil menyabet gelar juara dunia 15 kali sepanjang karirnya. Sejak debutnya di tahun 1964 Giacomo Agostini berhasil mengumpulkan gelar 7 kali di kelas 350cc dan 8 gelar di kelas MotoGP yang pada saat itu masih kelas 500cc. Istimewanya cak, hingga saat ini belum ada rider yang melampaui pencapaian Giacomo Agostini bahkan sejak 1977 yang merupakan debut terakhirnya pada masa itu. Yahh, karena memang regulasi balapnya berbeda. Dulu pembalap boleh ikut kelas berbeda dimusim yang sama….

” Angel Nieto….”

Kemudian pembalap berikutnya yakni Angel Nieto yang berhasil meraih 13 gelar selama karirnya sebagai pebalap MotoGP. Angel Nieto berhasil mengumpulkan 7 gelar di kelas 125cc dan 6 gelar di kelas 500cc. Sayang kabar menyedihkan datang pada 3 Agustus 2017 lalu yang dimana sang legenda MotoGP ini menghembuskan nafas terakhirnya. Angel Nieto sendiri digunakan untuk menggantikan nama Aspar Team sebagai wujud penghormatan kepada sang legenda.

Pembalap ketiga bertengger sang legenda hidup sekaligus ikon MotoGP hingga saat ini siapa lagi cak kalo bukan Valentino Rossi. Dengan berhasil mengoleksi sebanyak 9 gelar, masing-masing gelar berhasil ditorehkan di kelas 125cc dan 250cc sedangkan tujuh gelar lainnya berhasil diraih di kelas utama MotoGP. Nah sampai musim 2021 ini Vale masih membalap di kelas MotoGP dengan membela tim Petronas Yamaha SRT….

” Mike Hailwood….”

Kemudian pembalap berikutnya yakni Mike Hailwood yang dikenal dengan julukan Mike-the-Bike berhasil merengkuh jumlah gelar yang sama dengan Valentino Rossi. Perbedaannya Mike merengkuh empat gelar di kelas 500cc, tiga gelar di kelas 250cc, dan dua titel di kelas 350cc. Mike Hailwood menjalani karirnya di MotoGP dari tahun 1959 sampai 1967.

Pembalap selanjutnya yakni Carlo Ubbiali yang berhasil mengoleksi sembilan titel juara dunia. Jelas jumlah yang berhasil diraihnya ini sama dengan pencapaian Valentino Rossi dan Mike Hailwood. Gelar terbanyak berhasil dikoleksi melalui kelas 125cc dengan total enam gelar juara dunia, kemudian tiga titel lain berhasil didapat melalui kelas 250cc. Carlo Ubbiali menjalani debutnya di MotoGP dari tahun 1949 hingga 1960. Berikutnya adalah….

Pembalap asal Spanyol yang diakhir pekan depan akan turun race di seri portimao setelah melewati cedera yang panjang yakni Marc Marquez. Dalam perjalanan karirnya sebagai rider MotoGP Marc berhasil mengoleksi delapan gelar juara dunia, rinciannya yakni satu gelar di masing-masing kelas 125cc dan Moto2, kemudian enam gelar berhasil diraihnya di kelas MotoGP. Nah di usianya yang masih muda tentunya Marc Marquez masih memiliki peluang yang lebar untuk menambah gelar juara dunia nya….

Betul cak, secara angka Marc berpotensi record Valentino Rossi setidaknya dengan dua juara dunia tambahan. Meskipun di tahun lalu cak, Marc harus absen full musim karena nasib sial yang menimpanya di seri Jerez 2020….dengan usia yang terbilang muda yakni 28 tahun….Rossi sepertinya harus benar-benar waspada atas sepak terjang rider HRC. Yup itulah cak deretan pebalap MotoGP yang berhasil meraih gelar juara dunia terbanyak yang dicatatkan sejarah. Nah…kalau menurut sampeyan sendiri piye cak, mampu nggak Marc meggeser record Rossi ? monggo berikan opini dan analisanya…..(iwb)

Data Record Rider Motogp update 2021

iklan iwb
Previous articleKisruh ! Sirkuit Mandalika dianggap langgar HAM oleh PBB ! piyeee ikiii ???
Next articleIWB haturkan Selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1442 H !!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

9 COMMENTS

  1. “Jika Anda tahu alasan Anda jatuh, maka secara mental itu tak masalah,” kata Mick Doohan.

    “Anda akan kehilangan rasa percaya diri ketika Anda jatuh tanpa tahu penyebabnya,” tuturnya lagi.

  2. Riderz kelas GP kudu memiliki iman yang kuat ini caakkk agar bisa support fisik yang juga tahan banting ini rekkk

  3. Ada pembalap setelah mengalami cidera bisa tetap eksis…..ada juga pembalap setelah mengalami cidera sulit untuk bangkit.

    Menurut saya cidera MM yang cukup parah dan terjadi pada bagian yang sangat penting dalam pengendalian laju motor akan tetap punya pengaruh besar terhadap prestasinya ke depan….mungkin sesekali MM bisa podium bahkan mungkin juga juara seri, tapi kalau untuk mendominasi seperti sebelumnya menurut saya masih tanda tanya besar ……tentu sebagai penggemar motogp saya berharap MM tetap bisa bersaing karena saat ini faktanya memang eranya dia….apakah cideranya tersebut akghir dari dominasinya ataukah masih tetap lanjut eranya…..kita saksikan pagelaran motogp seri seri berikutnya…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here