iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..Yamaha dimasa lalu adalah pabrikan yang terkenal meracik mesin 2Tak. Bersama Suzuki, pabrikan garputala memilih jalannya sendiri hingga emisi gas buang memaksa seluruh pabrikan beralih ke 4 Tak diawal 2000an mengikuti jejak Honda yang sudah setia dengan 4 stroke engine cukup lama. Namun tahukah sampeyan…..sebenarnya masih ada mesin Yamaha 2Tak yang tetap diproduksi sampai sekarang. Opo kuwiii ? …

Inilah Yamaha YZ250…..motor yang tidak dibekali dengan sistem pencahayaan seperti motor pada umumnya. Motor ini memiliki desain yang ramping dan bobotnya pun cukup ringan untuk ukuran motor 250cc yakni hanya 102kg….nahhh ediann to. Untuk sektor mesin sendiri terbilang cukup istimewa cak, karena motor ini dibekali dengan mesin 2 stroke alias 2Tak 249cc. Power motor ini tembus 36,4PS dengan torsi 41,5Nm…..

Selain itu mesin mengandalkan cooling system radiator termasuk hadirnya sistem reed valve inducted. Nah reed valve inducted atau yang biasa disebut membran yakni katup yang berfungsi untuk mengatur input dari campuran bensin dan udara ke mesin, jadi reed valve merupakan pintu masuk sebelum bahan pembakaran menuju ke ruang bakar. Uniknya cak, sistem reed valve tidak perlu sistem elektronik yang rumit dan hanya mengandalkan vacum pada pergerakan piston. Wiss jadi simple kiee…

iklan iwb

Untuk sektor kaki-kaki nya sendiri YZ250 sudah dibekali dengan suspensi Upside Down untuk bagian depan dari KYB, Selain itu suspensi ini bisa setel sesuai keinginan dengan travel hingga 11.8 inchi. Kemudian untuk suspensi belakangnya dibekali dengan single shock KYB dan dapat disetel dengan travel hingga 12.4 inchi. Sedangkan untuk sistem pengeremannya sendiri disematkan cakram hidrolik dengan ukuran 270mm untuk roda depan, lalu untuk roda belakangnya dibekali cakram hidrolik berukuran 245mm.

Untuk mendukung estetika Yamaha YZ250 juga dibekali dengan beberapa komponen yang dibuat stylish oleh Yamaha seperti cover fork depan, protector disk brake, hingga caliper protector. Motor ini telah dibekali dengan handle bar berbahan alumunium, footstep yang lebar, dan tuas kopling yang dapat diatur jarak mainnya. Itu belum termasuk sasis alumunium yang menjadikan motor ini memiliki bobot yang cukup ringan….

Last….YZ250 sebenarnya dari statusnya diganti YZ450F 4Tak. Namun karakteristik mesin 2 Tak memang sulit dijabanin 4Tak sehingga sampai sekarang Yamaha masih menjual secara bebas dan terbukti respon pasar masih sangat baik. Mungkin karena berstatus off the road sehingga mesin 2Tak tetap aman. Btw…Yamaha menjual motor ini untuk pasar global dengan banderol 7,499 dolar atau sekitar 109 jutaan. YZ250 ? 2 Stroke never dieeeee !!! (iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!