iklan iwb

Iwanbanaran.com – Horaaaa iso diapusiii cakkkkk…Bloggerrr tuwo kok dilawannn, iyo ora pakdeee wkwkwk. Yang jelas, dukungan sampeyan semua memang juozzz gandozzz tenan. Tanpa sampeyan Iwanbanaran wiss entek ora nyiso cak….dan ini juga berlaku untuk menyelidiki tiap gelintir pergerakan serius pabrikan. Tersirat namun tidak tersirat. Dan semua pelan-pelan mulai terkuak. Opo kuwiii ? bukti bahwa mesin Honda PCX160 memang disiapkan untuk digunakan juga pada Vario 150. Mrongosss tenan rekkk-reekkk. Penasaran ? simak detil investigasi IWB yang dibantu salah satu mekanik Honda followers IWB berikut ini….

Pada artikel sebelumnya IWB sudah membeberkan kesampeyan perihal bengkel yang membeberkan rahasia konfigurasi ketika mereka membongkar mesin terbaru new PCX160. Mereka terkejut karena menemukan konstruksi yang arahnya sangat jelas yakni, mesin terbaru ini diracik untuk melangkah lebih jauh jika diperlukan. Maksude ?

Konstruksi mesin PCX160 oleh insinyur Honda dibuat ready VTEC jika dibutuhkan dimasa depan. Artinya jika Honda mau, mesin sekarangpun bisa dipasangin VTEC jika Honda mau. Namun seperti ada alasan tertentu sehingga mereka masih menahan enggan tampil all out. Dengan kata lain mesin PCX terbaru ini adalah mesin yang memiliki potensi lebih besar soal performa. Mereka mengaku terkejut karena menemukan desain noken as bahkan jalur dudukan selenoid yang sekarang masih ditutup…..

iklan iwb

” Honda sudah nyiapin untuk VTEC, ya?kalau saya pribadi dan tim keday rider sudah bisa nebak ini kedepannya Honda PCX160 4 klep bakalan ada versi VTEC-nya. Cumaaa?ada tapinya, selama PCX160 masih booming penjualannya kayaknya bakal belum dikeluarin. Atau bisa saja tiga tahun kedepan baru versi VTEC-nya dikeluarin. Jadi kalau feeling kita neh Honda sangat berhati-hati untuk memberikan mesin ke konsumen, jadi nggak all out?masih ada yang ditahan. Atau mungkin VTEC nggak dipasang untuk nguber harga jual supaya lebih murah?.? seru cak Yoyo punggawa keday ride…

Nahh…itu tentang VTEC, dan tahukah sampeyan ternyata IWB menemukan adanya kontruksi engine yang arahnya jelas adalah Vario ready. Ahhh seriusan cakkk IWB??

Bener cak, konfirmasi ini dilayangkan cak CC (sebut saja demikian), salah satu mekanik Honda yang mengaku terkejut ketika memongkar mesin PCX160 karena disana ada dua lubang sebagai dudukan drat untuk rem tromol Vario series…

” Assalamualaikum cak Iwan, Salam dari aceh. Kita menemukan 2 lubang kosong yang ada di mesin pcx 160, kemungkinan lubang yang sudah ada drat nya ini untuk dudukan tali rem new Vario 160. Vario kan masi pakai rem tromol cak iwan, kalo di vario 150 posisi baut itu tempat gantungan tali rem nya cak…Trimong geunaseh cak iwan.. sudah mau balas chat saya. Salam jos gandoz dari pembaca setia IWBblog dr aceh….” serunya. Waallaikumsalam wr wb….iki info yang paling juozzzzz gandozz tenan !

” Konstruksi Vario 150…..”
” Ditemukan lubang drat tak terpakai yang diduga dudukan rem untuk next Vario 160….”

Dan benar cak, kalau sampeyan perhatikan digambar pertama maka sampeyan akan menemukan adanya dudukan drat…lubang tak terpakai pada PCX160. Dengan indikasi dan sodoran konstruksi ini bisa kita pastikan mesin ini akan menjadi next engine Vario 150? Wisss ora usah ragu manehh. Sik-sik….vario 150? jangan-jangan malah jadi Vario 160 cakkk?? bisa jadi hehehe………kuwiii analisaaaaaneee. Salah yo sepurane cak namanya wae prediksi. Tapi sayang kenapa nggak sekalian double diskbrake wae yo cak. Apa karena Aerox juga masih tromol? emboh cak….

Last……bukti diatas semakin menguatkan dugaan awal IWB bahwa mesin PCX160 akan menjadi basis engine untuk Vario 150 ataupun ADV150 dimasa depan. Dan seperti penamaan PCX160…IMHO nama Vario dan ADV pun juga berpotensi menjadi Vario 160 serta ADV 160. Itu belum seberapa karena jika strategi ini belum ampuh juga, bisa saja dimasa depan Honda akan mencangkokkan VTEC untuk jabanin VVA yang menjadi keunggulan rivalnya. So…Vario 150 4 katup ? IMHO hanya masalah waktu….seru kieeee (iwb)

49 COMMENTS

        • Baca yang bener bro…skr masih pcx 160 vario 160 kan belom…dr pertama keluar vario 125cc th 2012 pake mesin bekas pcx 125 tahun 2008 – 2012. Pcx naik kelas 150cc mesin lamanya di kasih ke vario…yg bener vario itu pake mesin turunan pcx

    • Mengutip pernyataan Engineer Honda Motor :

      “Pakai variable valve tapi power, torsi, dan efisiensi bbm masih kalah, buat apa? Yang ada malah rugi gesek, rugi bobot, rugi sparepart”
      “Untuk saat ini saya rasa belum perlu”

      HMMMM… betul juga ya.

    • Dihijack umm… Setelah dibokokir oleh buluguwer nya umm. Nickname nya vision umm

  1. Sayang sekali ya kalo vario160 masih tromol belakang…
    Harga 25 jutaan masih tromol.. padahal supra x 125 yang lebih murah sudah disc brake belakang…

  2. Konstruksi mesin PCX160 oleh insinyur Honda dibuat ready VTEC jika dibutuhkan dimasa depan. Artinya jika Honda mau, mesin sekarangpun bisa dipasangin VTEC jika Honda mau.
    Betul Kang, Honda masih mau lihat seberapa pinternya FBH u dibodohi dengan teknologi engine matic yg blm Vtec.

    • Dibodohi?? Anda yg bodoh mungkin ya.. tnpa Vtec aja power udh setara. Klo d kasi Vtec sebelah jualan apa?? Please klo dongo jgn terlalu

      • Bro2 yg dungu alias Goblok itu anda, kalau PCX dibenamkan Vtec harga nya juga pasti jauh melambung TINGGI
        PCX yg sekarang aja ABS nya juga masih single channel, ya itung 2 Cari Cuan yg lebih tinggi selama engine non Vtec dan abs single channel bisa diterima konsumen dungu seperti anda!!

        Faktanya PCX 150 2 valve non vtec blm mampu geser dominasi Nmax. Sekarang coba dengan engine” NANGGUNG” 4 VALVE NON VTEC.

  3. Penting ga gredek cak..lagipula mamak2 ga peduli mw pake teknologi apa,ato mw gmn mesinya,yg pntg keren?gahuull dan “HONDA”???

    • Percayalah, yg kek mesin diesel truk itu semua mesin yiahahaha…mulai dr starter mesin hidup spt mesin jahit, sampai oli menguap di setiap jenis motor 250cc yiahahaha kebawah ??

  4. Klo menurut saya, karena pcx ini produk global, konstruksi lubang untuk tali rem itu sebenarnya untuk mengakomodir spek dari pcx eropa yang masih pke rem tromol,

  5. sayang blm allout om.vtec keluar bagus untuk persaingan merek lain,yg superior akan dikejar pengembangan pabrikan lain.yg di untungkan konsumen jg.

  6. Kenapa demikian ? Karena ADV adalah produk dan model Lokal yang sudah ekspor2an dan berpeluang menerapkan itu….
    ADV memiliki harga yang berada diatas PCX…dan tipe motornya yang gagah maskulin sporty berotot sangat pas dipasangi VTEC
    Mueeeehehehehehe??

  7. PCX kan elegan dan Comfort , gak dikasih VTEC pun gak masalah….wong tanpa VTEC pun udah powerfull.
    DiBrosur
    PCX 15 hp
    Nyemex 15 hp
    Diatas dyno
    PCX 15 hp
    Nyemex cuma 12 Hp
    Disirkuit
    PCX 117 kmh udah bisa ngintip lewat Spionnya si Nyemex yang 122 kmh dibelakang

    Nah VTEC bolehlah di ADV dulu nantinya
    Mueeeehehehehehe ?

  8. PCX elegan dan Comfort , ga dikasih VTEC pun rapopo…
    Wong dibrosur diDyno dan diSirkuit masih didepan Nyemex
    Mueeeehehehehehe ?

  9. Ms yg jadi 2021 udah sampe 77 persen Cak ?
    Alamat Carut marut ntar tetangga saat Vario anyar brojol
    Mueeeehehehehehe ?

  10. Kita sih nangkapnya, produk yg sekarang di trial ke konsumen sebelum itu vtec di sematkan. Jadi gak usah tunggu trial pabrikan dulu. Product trial dijual juga ok. Why not???

  11. Apakah crankcase mesin PCX 160 & PCX 125 sama ? PCX 125 masih rem tromol,, bisa jadi lubang baut tali rem nya masih ada di PCX160

  12. Motor banyak
    Mobil dimana mana
    Mobil F1 ada
    Pesawat Honda jet siap berangkat
    Robot Asimo ada
    Sirkuit MotoGP Honda Motegi Jepang ada
    Lahhh yamalu punya mongtor bosok di bangga banggain buahhahahahahaha

  13. Sekarang aja dah mencrett ngejar pake pepea…apalagi vtec di pasang…
    Auto cat ulang versi pelangi agar bisa kejual ?

  14. Mengutip pernyataan Engineer Honda Motor :

    ?Pakai variable valve tapi power, torsi, dan efisiensi bbm masih kalah, buat apa? Yang ada malah rugi gesek, rugi bobot, rugi sparepart?
    ?Untuk saat ini saya rasa belum perlu?

    HMMMM? betul juga ya.

Comments are closed.