iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..kayaknya makin serius cakkk, gelaran Motogp Mandalika semakin dekat dan persiapan kini dilakukan oleh seluruh komponen untuk menggelar Motogp Mandalika. Yup….MotoGP Dorna Sports sudah melakukan survei di bandara Lombok untuk memastikan kesiapan fasilitas airport. Hal ini sangat penting dilakukan karena kabarnya akan ada 4 pesawat Boeing super Jumbo yang bakal lalu lalang mengangkut peralatan logistik termasuk motor, tim serta komponen pendukung dengan total bobot mencapai 370 ton…ediannnn !!!

Seperti dilansir tempo, Managing Director Dorna Sports Carlos Ezpeleta memastikan bahwa mereka membutuhkan bandara yang mampu menampung 4 pesawat superjumbo Boeing yang memiliki bobot total hingga 370 Ton. Empat pesawat ini akan membawa 600 kontainer yang mengangkut berbagai kebutuhan MotoGP dan WSBK, 210 ton untuk motor dan sparepart-nya, 50 ton adalah peralatan kamera dan lain-lain. Ediann ternyata rumit tenan yo cakkk…

” Harapannya proyek perluasan apron sisi barat, fasilitas terminal kargo serta jalan akses kargo dapat berjalan dengan baik. Bobot 370 ton tersebut termasuk semua motor dari tiga kelas balap seluruh tim serta perlengkapannya.…” seru General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Lombok Nugroho Jati. Menurut informasinya lagi, dari bandara Dorna masih membutuhkan 35-40 truk. Sampeyan bayangin betapa besarnya biaya gelaran balap paling bergengsi ini. Gileeeee….mau menggelar balapan wae sudah dipastikan costnya milyaran rupiah….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

” Untuk sampai ke sirkuit, motor dan material balap tersebut harus diangkut lagi menggunakan truk. Mereka memperkirakan dibutuhkan sekitar 35-40 truk, belum termasuk kebutuhan kargo peliputan media dan jasa pendukung lainnya. Membawa angin segar bagi bisnis kargo di NTB...” tambah Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo. Bahkan untuk melancarkan proses logistik nanti, manajemen Angkasa Pura I sudah melakukan pertemuan dengan para pengusaha bisnis kargo yang tergabung dalam Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos, dan Logistik Indonesia (Asperindo) NTB dalam menyambut ajang MotoGP dan WSBK di Sirkuit Mandalika. Wihh mantapp tenan kiee cakkk. So….untuk memperlancar semua proses maka PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Lombok melakukan beberapa hal sebagai berikut :

  1. Memperluas appron sisi barat termasuk terminal dan akses kargo (menjadi 2.572 meter persegi)
  2. Memperpanjang Runway (landas Pacu) dari 2.750 menjadi 3.300meter
  3. Memperlebar runway agar pesawat berbadan lebar (wide body) sekelas B777 dan pesawat kargo logistik MotoGP aman
  4. Menambah kapasitas apron sisi barat bandara dari sebelumnya 25.553 meter persegi menjadi 50.923 meter persegi sehingga bisa menampung pesawat narrow body lebih banyak
  5. Target dipercepat dari sebelumnya September 2021 menjadi Mei 2021

Yup…itulah sekilas informasi perkembangan Mandalika sirkuit yang terus dipush agar bisa menggelar balap Motogp ataupun WSBK dimusim 2021. Kabarnya project sudah mencapai 70 persen sedang fasilitas konon 90 persen…..dan akan terus digeber agar tuntas secepat mungkin. Status Mandalika sendiri masih masuk homologasi untuk Motogp kecuali WSBK yang resmi masuk kalender balap di akhir tahun atau tepatnya November 2021. Semoga bener-bener terealisasi kieee…..gooo merah putihhh !! (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!