iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Caakkk… Di zaman yang serba canggih ini, sepertinya semua keperluan dan kepentingan harus bisa dilakukan secara daring alias online agar kita semua ora perlu lagi cak datang jauh-jauh ke kantor tempat dimana kita selalu datang untuk suatu urusan. Nah sekarang ini cak, Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri) tengah menjalankan program baru yang dimana salah satunya yakni mengenai perpanjangan surat izin mengemudi (SIM). Tentunya ini sebuah kabar baik cak untuk kita sebagai pengendara roda dua maupun roda empat, karena untuk perpanjangan SIM sampeyan ora perlu datang ke satpas lagi cak. Wiss gimana programne, simak detilnya dibawah ini…

Dengan diadakannya program perpanjangan SIM secara online, maka kita hanya perlu mengunduh aplikasi yang telah disediakan oleh Korlantas Polri dan kita akses aplikasi tersebut untuk melakukan perpanjangan SIM baik untuk SIM A (mobil) maupun SIM C (motor). Yang istimewanya lagi cak, SIM kita yang sudah diperpanjang secara online nantinya akan diantar langsung ke alamat tempat tinggal sampeyan. Selain itu, dalam pembuatan SIM baru pun bisa melalui online khusunya untuk tahap ujian tulis. Jadi wiss ora cape-cape ke satpas cak…

Yups menurut pernyataan Irjen Istiono sebagai Kepala Korlantas Polri bahwa rencananya program ini akan diluncurkan bulan April ini dan sekarang semua nya sedang dalam tahap finalisasi. Sebenarnya cak, ada empat program yang sedang dikerjakan Korlantas Polri dan salah satunya program perpanjangan SIM secara online, jadi mereka menargetkan bahwa ke empat program ini harus selesai sebelum Lebaran tiba agar masyarakat bisa merasakan manfaat program ini. Kemudian manfaat lain dari program ini yakni bisa mengetahui SIM itu asli atau palsu, pasalnya dari nomor NIK dan nomor SIM nantinya bakal kedeteksi cak dari data registrasi Polri apakah nomor tersebut terdaftar atau tidak.

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Last… Untuk biaya perpanjangan SIM sendiri masih sama cak seperti sebelumnya yang dimana sudah diatur di Peraturan Kapolri Nomor 9 tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi. Kemudian untuk perpanjangan sim C telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), yakni dikenakan biaya Rp 75.000. Sementara itu ada biaya tambahan lain cak seperti tes kesehatan yang dikenakan biaya Rp 25.000 dan asuransi sebesar Rp 30.000, wiss kalo ditotal-total jadi Rp 130.000. Nah kira-kira ngono cak info dari Korlantas Polri, wiss kita dukung sama-sama cak biar programne cepet rampung. Semoga bener-bener landing kieee…..kita tunggu saja !! (RA iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!