iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..siapa yang ora gelisah ketika balapan baru dimulai namun motor sudah mleduk mengalami masalah. Itulah yang terjadi pada Franco Morbidelli saat FP1 di Losail Qatar. Yamaha M1 mengeluarkan asap dan banyak rumor mengatakan bahwa katup menjadi biang utama problem yang terjadi. Pertanyaannya….benarkah rumor tersebut ?? apakah penyakit katup kembali mengintai ??

Dari video yang beredar…..motor Franco Morbidelli mengalami masalah karena asap pekat keluar dari knalpot tunggangannya di FP1 Qatar. Tentu kita penasaran…apa yang terjadi dan gimana tindakan tim untuk mengantisipasi masalah ini tidak terjadi kembali ? Benarkah masalah katup seperti masa lalu ?

Morbidelli memang lumayan gelisah cak karena hingga sekarang belum diketahui sumber masalah utama. Tapi doi percaya masalah kali ini tidak seekstrim sebelumnya….

iklan iwb

Aku mengalami masalah yang sama di kedua motorku pada FP1, yang untungnya bukan masalah besar. Kami memutuskan untuk mengganti satu mesin sebagai tindakan pencegahan untuk [sesi] malam. Namun yang terpenting tidak ada mesin yang ditarik dan kami akan terus menggunakannya, so kami telah menyelesaikan masalah…..” cetus Morbidelli. Pertanyaannya….bagaimana doi bisa begitu pede bahwa mesin tidak ada masalah ?

” Aku yakin itu bukan masalah besar karena teknisiku mengatakan demikian. Kasus ini tidak seperti masa lalu di  Jerez.  Kalau tahun lalu tiba-tiba mesin mati, sedangkan tahun ini aku berhenti karena melihat bendera orange dan black flag dengan nomerku. Aku tidak merasakan apa pun pada mesin. Jadi aku yakin masalahnya berbeda dengan tahun lalu...” tukasnya lagi. Morbidelli juga membantah ada lampu peringatan di dasbornya, seperti yang terjadi selama kegagalan katup tahun lalu….

Last…Franco Morbidelli mampu bangkit pada FP2 dengan meraih posisi terkencang ke 7, lumayan cak ketimbang sebelumnya. Morbidelli mencetak lap time lebih lambat +0.554detik dibandongkan rider terkencang Jack Miller. So…semoga saja mesin mleduk bukan sinyal negatif dalam perjuangan Yamaha menjadi kampiun Motogp 2021….kita lihat saja…(iwb)

DOHA MOTOGP, QATAR – FREE PRACTICE (2) RESULTS
POS RIDER NAT TEAM TIME/DIFF LAP MAX
1 ^17 Jack Miller AUS Ducati Team (GP21) 1’53.145s 13/15 348k
2 ^18 Francesco Bagnaia ITA Ducati Team (GP21) +0.313s 15/15 348k
3 ^19 Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP21) +0.392s 17/17 356k
4 ^3 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1) +0.438s 15/16 344k
5 ˅1 Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP21)* +0.448s 17/17 354k
6 ˅5 Aleix Espargaro SPA Aprilia Gresini (RS-GP) +0.501s 10/11 344k
7 ˅2 Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1) +0.554s 11/15 343k
8 ˅6 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) +0.568s 15/17 343k
9 ˅6 Maverick Viñales SPA Monster Yamaha (YZR-M1) +0.727s 18/18 343k
10 ˅1 Stefan Bradl GER Repsol Honda (RC213V) +0.769s 18/18 350k
11 ^4 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM (RC16) +0.799s 16/17 347k
12 ˅6 Danilo Petrucci ITA KTM Tech3 (RC16) +0.824s 15/16 344k
13 ˅5 Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) +0.867s 17/17 342k
14 ^3 Valentino Rossi ITA Petronas Yamaha (YZR-M1) +0.967s 18/18 347k
15 ˅5 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V) +0.982s 9/13 348k
16 ˅3 Alex Marquez SPA LCR Honda (RC213V) +1.003s 13/16 347k
17 ˅5 Pol Espargaro SPA Repsol Honda (RC213V) +1.060s 13/15 351k
18 ˅2 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16) +1.092s 13/15 351k
19 ˅5 Enea Bastianini ITA Avintia Ducati (GP19)* +1.371s 14/16 347k
20 ˅9 Luca Marini ITA Sky VR46 Avintia Ducati (GP19)* +1.535s 16/17 346k
21 = Lorenzo Savadori ITA Aprilia Gresini (RS-GP)* +1.826s 11/17 339k
22 ˅3 Iker Lecuona SPA KTM Tech3 (RC16) +2.224s 15/15 346k

Advertisements
iklan iwb

48 COMMENTS

  1. Kobongan mesti ..tak siapke elpiji 3kg sekalian tak ambilke minyak dr kilang biar tambar panasss.. solusinya curang lagi aja . Fans nya masih bangga og meski curang .
    Sapa tahu ntar menang klo curang

    • Jelas cepet dolll…
      Motoh jipih tontonan kelas duniyah, mbahe balap seantero belahan duniyah… Ra sah beceh meneh kowar2 piss town match chat beritah globallll menungso pun weruh yahemah mesine ngebulllll sing awit 2008…
      Koweh esuk wan bengi beceh sing ketok wong piroh..?
      Ngeh.. Ngehhh.. Ngeehhh.. Haayyyyuuuemmmm

  2. Sudah terbukti yahaha untuk motor kompetisi balap saja tidak durable, apalagi untuk produksi masal.. dunia sudah mengetahui nya

  3. Rasanya kok ga mungkin sebuah motor balap tiba² keluar asap banyak tp si pembalap ga merasakan perbedaan pada motornya,pasti dr sisi tenaga jelas ada yg hilang ketika sebuah motor balap tiba2 keluar asap banyak,.. atau morbinya yg ga tau rasa kali yah…

  4. Wah gila ini Yamaha, udah main bocor oli aja. Untungnya masih bisa jalan.

    Kemaren PCX saya ngebul gara2 macet piston ga bisa jalan sama sekali gara2 ngejam alias ceket 😭😭😭

  5. Terjadi saat diakselerasi.. Makanya tak terasa ada drop power.. Tapi jika di saat akselerasi.. Pasti kerasa lek powernya drop

  6. jika dilihat asapnya dan mesin tidak mati tentu bkn dr klep, klep bengkong mesin pasti mati, klo klep pecah pastinya mesin jg mati dan tdk ada asap setebal itu krn oli yg masuk ruang silinder dr klep itu kecil banget, perkiraan ring piston paling bawah (ring penyekat oli) patah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here