iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Caakkk… Sopo sih yang ora kenal Yamaha R15 V3 ? pasti sampeyan tahu jagoan sport 150cc pabrikan garputala ini. Faktanya motor ini banyak digandrungi oleh biker tanah air karena memiliki desain yang keren dan moge look. Bahkan jika disandingkan dengan motor 250cc, Yamaha R15 V3 secara besar body sama persis cak dengan motor 250cc yang sudah malang melintang di tanah air. Nah kejutan hadir diawal bulan April ini yakni Yamaha meluncurkan New R15 V3 dinegeri bollywood India yang mungkin ada perubahan baru yang disematkan Yamaha untuk motor ini. Wiss biar ora penasaran, simak detilnya dibawah ini…

Untuk versi 2021 ternyata New Yamaha R15 V3 hanya mendapat perubahan warna baru untuk pasar India, jika sebelumnya hanya tersedia dalam empat warna yakni Racing Blue, Thunder Grey, dan Dark Knight Black. Kali ini Yamaha meluncurkan warna baru untuk R15 V3 yakni warna dengan kombinasi merah metalik dan hitam. Jika kita pelototin secara seksama motor ini lebih di dominasi oleh warna merah metaliknya, walaupun ada beberapa bagian part yang diberi sentuhan warna hitam seperti batok headlamp depan, tangki bahan bakar yang diberi kombinasi warna hitam, dan bagian bawah fairing pun dilabur warna hitam.

Yups selain perubahan warna baru, Yamaha tidak melakukan pembaharuan untuk sektor mesin dan tetap mempertahankan spesifikasi mesin sebelumnya yakni masih mengusung mesin 4 stroke SOHC satu silinder 4 katup berkubikasi 155cc berpendingin cairan lalu dibekali transmisi 6 speed. Dengan mesin yang digendongnya tersebut motor ini mampu memuntahkan tenaga hingga 18,6ps di 10.000 rpm dan torsinya sendiri berada di angka 14,1 Nm di 8.500 rpm. Sementara itu sistem pengabut bahan bakarnya sendiri telah mengsung sistem fuel injection. Kemudian untuk spesifikasi teknisnya R15 V3 dibekali dengan diameter piston sebesar 58mm dan stroke dengan ukuran 58.7mm. Jebule ternyata sama plek cak mesine…

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Walaupun R15 V3 masih menggunakan konfigurasi SOHC, tapi inget cak Yamaha sudah menyematkan fitur Variable Valve Actuation alias yang sering kita sebut VVA. Tentunya berkat VVA, stigma bahwa motor SOHC loyo diputaran atas otomatis terpatahkan karena dengan fitur ini tenaga R15 V3 bisa merata baik diputaran bawah, menengah, hingga putaran atas. Selain itu untuk sistem pencahayaannya sendiri baik headlamp, sein, hingga stoplamp sudah full LED. Lalu speedometernya pun sudah full digital dan satu lagi cak yang paling penting, yakni Yamaha telah menyematkan Assist & Slipper Clutch yang memiliki fungsi untuk meminimalisir deselerasi ketika downshift.

Last… Untuk spesifikasi keseluruhan R15 V3 memang berbeda cak dengan versi Thailand dan Indonesia. Hal yang paling kentara terlihat yakni penggunaan suspensi depan yang berbeda, yang dimana untuk versi India belum mengadopsi suspensi Up Side Down alias masih mengusung suspensi teleskopik. Dan yang lebih mengejutkannya lagi ternyata R15 V3 versi India baru mendapat sistem pengereman ABS. Jelas untuk R15 V3 versi India ini memang agak telat cak dari segi teknologi. Nah untuk banderolnya sendiri, Yamaha menjual motor ini di India dengan harga 30 jutaan. New R15 V3 2021 ? Indonesia kapan yo cak warna kayak gini? (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!