iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Caakkk… Kabar terbaru datang dari belahan dunia lain, kali ini kalender MotoGP kedatangan sirkuit baru dari negeri Hungaria yang akan menjalani debutnya menjadi tuan rumah MotoGP untuk tahun 2023. Dilalah informasi ini dilayangkan pada awal maret lalu, bahwa bos Dorna yakni Carmelo Ezpelata menandatangani kontrak dengan otoritas setempat Hungaria untuk menyetujui GP Hungaria masuk kalender MotoGP. Tapi baru-baru ini terungkap desain layout dari sirkuit ini yang katanya akan menerapkan standar F1. Wiss biar gamblang, simak detilnya dibawah ini…

Lokasi sirkuit ini berada di sebelah timur Hungaria yakni di dekat kota Debrecen yang merupakan kota terbesar ke dua di negara tersebut. Lalu untuk sampai ke sirkuit ini, dibutuhkan perjalanan menggunakan mobil dengan waktu dua jam setengah dari ibukota Hungaria yakni Budapest. Rencananya sirkuit ini akan dibuat oleh perusahaan Dromo yang bermarkas di Italia. Dromo sendiri memang terkenal sebagai perusahaan yang berspesialilasi dalam arsitektur sirkuit. Selain itu, promotor MotoGP yakni Dorna telah menjalin kerja sama dengan perusahaan ini dalam waktu yang lama.

Yups disinyalir dalam mendesain layout lintasan, para desainer terinspirasi dari sirkuit Assen Belanda, Suzuka Jepang, Termas de Rio Hondo Argentina, dan Philip Island Australia. Sirkuit ini memiliki panjang 5 kilometer lalu dipadukan dengan 15 tikungan. Di sepanjang lintasan, sirkuit ini memiliki beberapa perbedaan ketinggian dan tikungan bervariasi. Lalu yang lebih ngeri nya lagi cak, sirkuit ini memiliki beberapa blind spot seperti layaknya Portimao yang ditakuti para pebalap. Dalam simulasi 3d design video yang dilakukan Dromo, bahwa MotoGP Bike dengan speed rata-rata 184 km/jam bisa memakan waktu 1 menit 38 detik untuk satu kali putaran. Kalo bukan simulasi piro yo kira-kira…

Setelah melihat desain layout sirkuit ini, satu hal yang membuat IWB takjub yakni posisi tribun penonton yang cukup tinggi cak. Efeknya seperti yang diklaim Dromo yakni keseluruhan lintasan bisa terlihat oleh ribuan penggemar MotoGP yang menonton di posisi tribun. Selain itu hotel juga akan dibangun di sekitar sirkuit untuk menunjang tourist dari berbagai negara. Menurut klaim Dromo selaku pelaksana proyek mengungkapkan bahwa konstruksi sirkuit ini akan dibangun sesuai standar Formula 1, dengan rencana seperti itu tentunya sirkuit ini bisa dipakai untuk dua kejuaraan yakni MotoGP dan juga F1.

Last… Gran Prix MotoGP sebenarnya pernah dilaksanakan di Hungaria, yakni pada tahun 1990 dan 1992. Waktu itu dilaksanakan di sirkuit Hungariong yang berlokasi di dekat kota Budapest. Ketika itu kelas 500cc dijuarai oleh Mick Doohan (Honda) dan Eddie Lawson (Cagiva), sedangkan juara kelas 125cc yakni terjadi di tahun 2007 oleh Gabor Talmasci. Pembangunan konstruksi sirkuit baru GP Hungarian ini akan dimulai pada kuartal kedua tahun ini, agar semuanya berjalan sesuai rencana dan GP Hungarian bisa memulai debutnya tepat waktu. Sementara itu total biaya untuk pembangunan sirkuit ini mencapai 65 Miliar Forint Hungaria atau jika dirupiahkan sekitar 3 Trliliun rupiah. Wiss fantastis iki rekk…(iwb)

iklan iwb
Previous articlePara pembalap AHRT siap tempur di Asia Talent Cup pekan ini !!
Next article[Hot Leaked] Terbongkar sosok New Honda CB150R K15P, gileee makin kekarrrrr !!!!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

14 COMMENTS

    • hadeuh iyeu budak, ngaromong naon sih, artikel naon anu d bc oge naon hadeuhhh…
      angger sih anu d bc na oge tetep piston mavet piston macet, da moal ngaruh atuh kana penjualan mah, da angger wae aya wae anu meuli mah. teu ngaruh didinya bc wae oge.

  1. Hungaria masuk eropa utara kah? Negeri Balkan?
    Keren eropa selatan euiyyy, masuk wilayah mediteran. Kulit kecoklatan, matanya n rambutnya gelap. Portuguese, Spanyol, Italia… Wadadidaww… Gadis-gadis hispanis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here