iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Caakkk… Balada knalpot racing aftermarket emang nggak ada habisnya, baik itu di Indonesia ataupun luar negeri yang namanya knalpot aftermarket banyak bertebaran di pasaran cak. Tapi yang jadi masalah, masih banyak knalpot aftermarket ilegal dan tidak sesuai dengan aturan yang telah ditentukan oleh masing-masing negara. Karena dalam aturan penggunaan, beberapa negara sudah memberikan lisensi street legal untuk penggunaan harian dan knalpot untuk penggunaan race atau balapan. Wiss dilarang cak kalo knalpotne ilegal…

Sebenarnya ada beberapa jenis knalpot aftermarket yang beredar dipasaran cak, terutama di tanah air banyak sekali pengrajin knalpot pinggir jalan yang mungkin bisa dikatakan ilegal. Tapi dilain hal kita tidak bisa memberantas pengrajin knalpot non merk karena kebanyakan dari mereka menggantungkan hidupnya dari usaha ini. Selain itu, pengrajin knalpot pinggir jalan ataupun perusahaan knalpot lokal tentunya termasuk ke dalam industri kreatif. Nah disini harusnya pemerintah mendukung para pengrajin knalpot diluar sana dengan cara memberlakukan aturan baru soal knalpot racing, karena seperti yang sampeyan tahu aturan soal knalpot racing di tanah air memang masih abu-abu….

” Razia knalpot di Thailand, petugas wajib menggunakan Db meter sebagai dasar penindakan….”

Yups berbeda dengan indonesia, salah satu negara di Asia seperti India mereka memberlakukan aturan yang sangat jelas untuk peredaran knalpot aftermarket. Karena knalpot yang beredar di negeri Bollywood harus disetujui oleh RTO (Regional Transport Office) agar berstatus street legal dan tidak bermasalah jika digunakan untuk modifikasi. Tapi di negara lainnya seperti Thailand, dalam menindak knalpot aftermarket petugas mengukur ambang batas kebisingan dengan Db meter dan jika tidak melebihi batas kebisingan maka pengendara tidak akan ditilang oleh petugas. Catet cak…diukur dengan alat Desibel meter bukan sekedar mengandalkan telinga. Dan petugas menggunakan ini sebagai acuan penindakan….jadi semua berpatokan dari data dan aturan hukum yang berlaku disana. So..semua fair dan bikerpun tidak bisa ngeles sebab ukurannya jelas…..

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Selain itu yang paling parahnya lagi cak, di Malaysia mereka memberlakukan aturan yang cukup keras, yakni dengan mendenda biker yang memakai knalpot yang melebihi ambang batas kebisingan dengan denda RM100.000 yang jika dirupiahkan sekitar Rp 352 juta atau diberi sanksi penjara maksimal 5 tahun. Ediaan moncrot tenan rekk. Tapi nggak masalah karena semua petugas dibekali alat pengukur Db dan jika ada penindakan….semua berdasarkan bukti sahih dengan data dan alat ukur !

” Akrapovic Street legal Ninja ZX25R….”

Secara umum berlaku didunia….jenis knalpot racing aftermarket memang di bedakan berdasarkan penggunaannya cak, jadi ada knalpot yang dipakai untuk harian atau street legal dan knalpot yang digunakan untuk race atau balapan. Jadi tidak benar jika knalpot freeflow dikatakan haram digunakan dijalan raya dan hanya untuk sirkuit. Yup…sampeyan tidak bisa pukul rata. Sebab Street legal vs race track….Kedua jenis knalpot ini tentunya memiliki spesifikasi yang berbeda walaupun kebanyakan biker mengganti knalpot agar performa motor meningkat….

Contohnya knalpot racing street legal yang lebih banyak dipakai untuk keperluan looks dan lebih mengejar suara yang merdu ketimbang memikirkan performa. Berbeda dengan knalpot yang dipakai untuk race yang memang lebih diperuntukan mengail performa motor tanpa memperdulikan polusi suara. Selain itu ada beberapa material yang digunakan untuk membuat knalpot baik itu untuk street legal ataupun race, seperti plat besi atau galvanis, stainless steel, titanium, hingga yang paling mewah serat karbon….

” Para biker Jepang mayoritas pakai knalpot racing street legal…..”
” Foto ini IWB ambil dijalanan Suzuka Jepang….”

Biker diluar negeri mungkin dibuat lebih nyaman dengan berbagai pilihan knalpot racing aftermarket khususnya untuk harian, karena pemerintah disana sudah menetapkan aturan yang sangat jelas dengan memberikan lisensi terhadap knalpot racing yang beredar dipasaran. Bahkan beberapa pabrikan motor pun membuat khusus knalpot racing secara resmi baik untuk harian maupun race. Hampir semua negara didunia demikian. Makanya pas IWB di Jepang negara yang sangat fokus dengan polusi suara, mayoritas biker disana juga menggunakan knalpot racing seperti Akra, Yoshimura, Sakura dan banyak lagi lainnya. Dan mereka aman jaya sebab knalpot tersebut berstatus street legal….

Last……mungkin kedepannya pemerintah kita bisa melakukan hal yang sama seperti negara lain dengan memberikan lisensi street legal agar knalpot aftermarket bisa digunakan di jalan umum. Karena sebenarnya kita sama-sama untung cak jika misalnya knalpot aftermarket dilabeli SNI, yakni biker nyaman dan tentunya ada pemasukan tambahan buat negara dengan menaikan beberapa persen dari harga knalpot karena telah dilegalkan. Selain itu, dengan demikian pemerintah praktis juga mendukung usaha industri kecil masyarakat yang menjadi tumpuan hajat hidup orang banyak. Merk knalpot lokal andalan seperti WRX, ProSpeed, CLD, R9 dll yang tidak usah diragukan lagi kualitasnya pasti akan mengikuti aturan tersebut. Kita dukung berangus knalpot yang memekakkan telinga, namun kita juga dukung knalpot street legal. Piyee menurut sampeyan cak?….(iwb)

Beberapa foto motor di Jepang

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!