iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk……sampeyan semua pasti wis ngerti, Yamaha Serow 250 wisssss disuntik mati. Yamaha Jepang memastikan bahwa mereka menghentikan produksi sang legendaris setelah mengaspal lebih dari 3 dekade. So…saat ini mereka menjual pada posisi menghabiskan stok yang ada. Namun tahukah sampeyan, generasi mesin Scorpio tidaklah usai. Mesin SOHC 2 katup yang dianggap master of torque pada masanya ini ternyata masih bertahan lewat Yamaha Tricker. Yup…Yamaha Tricker 250, motor dengan konsep light weight, slim dan kompak tetap dipasarkan tanpa penjualannnya masih bagus. Dan inilah sosok dari Yamaha Tricker 250. Hhmm…kok ganteng yo cakkk…

Sampeyan semua pasti tahu bahwa Yamaha Scorpio 225 di tanah air menggunakan basis engine dari Yamaha Serow Jepang. Namun jika kita bedah lebih dalam lagi Sebenarnya mesin ini tidak hanya digunakan oleh Serow namun Yamaha Jepang juga meracik untuk produk lain bernama Yamaha Tricker 250. Secara umum sampeyan bakal menemukan perbedaan konsep desain dibandingkan dengan Serow 250. Yamaha tricker terkesan lebih slim serta cenderung melakukan pendekatan sebagai motor jalanan bukan Adventure…

Walaupun jika kita menggali lebih dalam konsep pengembangan keduanya sebenarnya cukup mirip dimana Yamaha memposisikan Tricker sebagai freeride playBike yang siap digunakan melibas jalanan pada kondisi apapun. Hal ini bisa kita lihat dari garpu depan yang cukup panjang tanda Tricker memiliki stroke di atas rata-rata. Tidak hanya itu tanda bahwa motor ini siap melibas kondisi jalanan sesulit apapun juga terlihat dari profil ban yang dipilih oleh pabrikan….

iklan iwb

Memiliki bobot 127 kg, sampeyan akan menemukan ban semi dual Purpose untuk Tricker. Bahkan desain knalpot juga dibuat nempel di bawah jok. Secara spesifikasi motor ini memang cukup mumpuni. Menggunakan mesin SOHC 2 Katup…. kompresi hanya 9,7 banding 1 serta ground clearance dikisaran 280mm…. Yamaha tricker 250 mampu memuntahkan tenaga hingga 20 PS pada 7500 rpm dengan torsi di Kisaran 20 nm pada 6000 RPM. Torsinya nampolll kieeee…..lhaa piyeee, bobot 127kg torsi 20Nm, disendal sitik pasti kaburrr cak….

Sayang jika kita mengintip desain tangki harus kita akui Yamaha tricker terlalu mungil. Dan memang kapasitas tanki bensin sang kuda besi hanya mampu menampung hingga 7 liter….. termasuk kecil untuk ukuran motor sport. Konsumsi BBM untungnya masih termasuk irit. Walaupun memiliki kapasitas mesin yang cukup besar yakni 250cc namun dengan 1 silinder membuat Yamaha Tricker bisa menjelajah hingga 38,7 km/liter. Wohh iritt pakdeee..

Last….Yamaha Tricker 250 hanya dijual untuk pasar Jepang, duhh emane rekkk. Karena IWB yakin dengan desainnya yang unik sepertinya tetap bakal dirilik jika dirilis di Indonesia sekalipun. Btw…Tricker 250 dijual Yamaha diangka 476,000 yen atau setara dengan 62,7 jutaan. Wihhh muahaalll. Maklum cak, namanya wae banderol di Jepang. Lawong PCX160 wae iso tembus 45 jutaan. Artinya harga Jepang emang tidak bisa dibandingkan dengan banderol tanah air. So….seperti apa sosok dari Yamaha Tricker 250 ? intip foto-fotonya dibawah ini…hayoo baru ngertiii to sampeyannn hehehhe (iwb)

55 COMMENTS

  1. Klo denger scorpio keingetnya shock ambles klo buat boncengan …
    Dan jd mikir sport kog ambless??

    • ekekekek

      belum pernah lihat motor sport cruising turing ??
      Scorpio itu sport cruising emng begitu konsepnya..bearti Goldwing ambless ???

      yg Ambles itu shock peceex noh sampai gasruk di coverrr shock retak

      H suuuuuRrrrAM

      muehehehehehe

      • Cover shock cuma baret baret mas, tidak sampai retak kok. Tapi gak tau juga ding, klo pemakaian lebih lama

      • beda bro..
        Goldwing dinaikin ga dinaikin desain jok emang rata.
        klo Scorpio ga dinaikin desainnya nungging ke depan, tapi begitu dinaikin langsung berubah nungging ke belakang.
        makanya disebut ambles

        • ekekekek

          namanya dinaikin ambles,
          Goldwing amblessss, scorpio type motor cruising turing begitu konsepnya

          lihat tuh Peceex Ambless shoknyaa ambles gasruk ke cover retak sampai yg bonceng mlorot kebelakang ..

          H suuuuRrrrAM

          muehehehehe

    • Emang sih Pio kalau boncengan ambles.
      Makin parah kalau bushing Kuningan di link monocross aus.
      Jadi seperti binaraga dg badan depan berotot tapi pantat tepos.
      Kalau tigi seperti atlet tapi tulang kecil.
      Tapi keduanya punya fans yg loyal.

  2. Aslinya ini motor bagus bisa mengangkat lagi konsumen motor sport Indonesia apalagi harga ditekan, dengan menggunakan komponen lokal

  3. Kalau denger scorpio pasti inget lawannya yang suka tangki bocor .rantai kemrosak awok awok awok

  4. ekekekekek

    Yamaha pancen Manteb …

    mau dibikin apa aja keren asal logo Garputala dan Merk Yamaha

    gak kayk sebelah

    H suuuuuuRrrrrAM

    nueheheheheh

  5. ekekekekke

    Merk Yamaha Logo Garputala Keren nya beneran

    gak kayak sebelah Sok sok an Gaya gaya an pateng pecotot gak proposional blass

    H suuuRrrrAM

    mueheheheheheh

  6. ekekekek

    mau dilihat luar dalam oke

    gak kyak Sebelah udah design pateng pecotot gak proposional daleman bosokk

    H suuuuuRrrrAM

    mueheheheh

  7. Mending model ini yg masuk ke sini.
    Cukup pakai mesin RX special 115 cc 5 speed.

    (Malah ingat YT115)

  8. Ojo aneh2 Cak , mau jual dimarih…yang XstraReject sama WaguRiject aj dah bikin pusing .gak ada yang ngeluarinnya dari dealer ?

  9. Moga2 borsePower brosurnya gak nipu2 cak ? tar dibawa ke atas dyno eh malah sama kek Supra 100 ?

  10. Kalau di bawa k indo ….ni motor bakal jadi bengkak Cak….
    Karena yhm indo spesialis biji limbah plastik.
    Mueeeehehehehehe ?

  11. Teknoloji holsot pertamakali ada di sekorpio lek… inilah cikal bakal emwan pake teknoloji sekorpio.. maaf anti nyontek…

  12. Ngganteng cak IWB, simpel dan unik. Coba bisik-bisik ke internal Yahama. Kali aja bisa jadi bahan pertimbangan.

  13. beda di mesinnya.
    tricker 250 berbasis ke serow225 yg dimaksimalkan dgn cara bore-up. scorpio berbasis ke serow225 yg disunat habis2an alias serrow banci. bedanya itu tricker 250 ada part yg namanya engine countershaft alias weight balancer. scorpio tak ada part itu yg hasilnya motornya getar kek vibrator.
    tricker 250 pakai magnet dan spul 3 phase baik untuk cdi maupun pengisian akinya. scorpio malah memakai spul yamaha vega tua baik untuk cdi maupun pengisian akinya.

    • Tapi di crancase scorpio di depan dudukan bandul as ada selah kosong yg cocok untuk dudukan balancer… sama seperti balancer thunder 250 pas di depan bandul as… mungkin yamaha pengiritan part biar bisa jual scorpio segitu murah pada saat itu

  14. Dimari berita apapun jadi bahan olok2, kemampuan hanya sebatas ngomong ga jelas alias ngebully sedikitpun ga mutu. Jepang dg super technology dan menguasai dunia tdk akan butuh jenis2 kaum beginian. WTF ???

Comments are closed.