iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Caakkk… Upaya yang dilakukan oleh orang-orang hebat diluar sana emang gak ada habisnya. Setelah beberapa tahun belakangan ini mulai merambah kendaraan listrik baik itu mobil ataupun motor yang memang diciptakan untuk mengurangi polusi udara. Dilalah kini telah tercipta konsep baru yang memang berkontribusi dalam menanggulangi polusi udara yang kian memburuk. Konsepne koyo opo sih ? Desainer asal Taiwan yakni Lin Yu Cheng telah menciptakan konsep baru sepeda motor listrik yang ia beri nama konsep Aether. Wiss biar gamblang, simak detilnya dibawah ini…

Kendaraan dengan tenaga listrik memang tidak mengasilkan emisi karbon atau yang biasa kita sebut gas buang. Tapi tahukah sampeyan ? Jika sumber daya listrik yang dipakai untuk pengisian daya kendaraan masih di produksi menggunakan bahan bakar fosil seperti batu bara, maka masih menimbulkan gas buang yang mengakibatkan polusi udara. Dengan kata lain diciptakannya kendaraan listrik merupakan upaya untuk mengurangi tingkat polusi udara. Nah konsep Aether yang dibuat Lin Yu Cheng, menciptakan konsep ini bertujuan agar sepeda motor listrik bisa membersihkan udara ketika dikendarai. Wiss disaring nanti udarane rekk.

Yups konsep yang dibawa memiliki desain futuristik yang menampilkan dua intake menganga dengan posisi berada di depan kaki biker. Nah di dalam intake tersebut terdapat modul filter keramik yang berfungsi untuk menyaring mikropartikel PM 2.5, partikel PM 2.5 dalam bahasa inggris disebut Particular Matter. Nama 2.5 sendiri diambil dari ukuran partikel beracun ini karena memiliki ukuran sangat kecil yakni 2.5 Mikrometer. Partikel ini sangat menyeramkan cakk, karena tanpa disadari dan secara kasat mata mustahil bisa dilihat partikel ini bisa sampeyan hirup dan menumpuk di paru-paru hingga menimbulkan penyakit pernapasan. Bahkan beberapa pihak medis mengklaim partikel ini bisa menyebabkan kematian dini. Wiss serem yo cakk…

iklan iwb
iklan iwb

Berbeda dengan intake pada motor konvensional yang dimana hasil udara nya dimanfaatkan kembali untuk pembakaran. Tetapi udara yang dihasilkan dari konsep Aether ini langsung dibuang ke udara, sehingga membuat kualitas udara yang telah di filter menjadi lebih bersih dan bermanfaat untuk lingkungan sekitar. Selain difungsikan untuk membersihkan udara, konsep ini juga diharapkan bisa menjadi pelopor pengisian daya secara nirkabel atau wireless. Dua charge board atau papan pengisi daya sudah di desain agar terpasang di bagian bawah motor, tentunya dengan desain tersebut memungkinkan pengguna untuk mengisi daya di tempat yang mendukung wireless charge tanpa harus repot membawa kabel untuk mengisi daya baterai motornya. Wiss ora bawa kabel-kabelan cakk.

Last… Desain yang futuristis dan terlihat ada beberapa panel yang besar memang akan berpengaruh pada aerodinamika dan bobot motor. Selain aerodinamika juga bisa berpengaruh terhadap ergonomi yang agresif dan kurang nyaman, mengingat desain konsep motor ini begitu menukik pada bagian depan seperti BMW E-Boxer. Sementara itu untuk lekuk body nya sendiri mirip atau mungkin desainer terinspirasi dari Tesla Cybertruck, mungkin ke depannya konsep ini akan mengalami penyempurnaan. Tapi, akankah desain dan inovasi yang dibuat Lin Yu Cheng akan terwujud dalam waktu dekat ? mengingat konsep ini merupakan eksplorasi kendaraan listrik dan akan membawa perubahan yang besar. Wiss kita tunggu saja cakk kelanjutannya….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

27 COMMENTS

  1. Bloon kalo.. motor listrik bisa mengurangi polusi udara.. 100% idiot.
    PLTU masih pake batu bara. Menambang batu bara.. merusak ribuan hektar kalimantan.
    Produksi litium merusak laut.. penbangan boksit dan nikel juga merusak lingkungan.
    F*ck teori motor listrik ramah lingkungan.

  2. Masalah piston macet..lalu mati mesin terjadi jga di unit aerox lama tetangga saya ..diservice mati lagi..akhirnya sampai diganti gelondongan mesin baru..nah yg berminat nanya bener gaknya silahkan kalo penasaran samaa yg empunyabya..lokasi cuicadas gunung putri, belakang pabrik mercedez, perumahan BSI..ayo kaum gonggonger yg penasaean dan mau studi kasus..silahkeun..jgn cuma nyinyir sma produk lawan…boleh cari duit tapi yg halal cung..

  3. Desainer aneh!!! Ni motor gimana beloknya? Bikin punggung patah. Guyon km!!! Meskipun ini cm konsep!!! Tp gk bklan jauh beda dari produksi massal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here