Iwanbanaran.com – Cakkkkk…….Asli cak pertama kali melihat motor ini IWB sampai mengerutkan dahi, iki janeeee motor opooooo too? desainnya lumayan unik yakni bebek namun ala CRF trail Honda. Bukan CT series ataupun beberapa produk Honda yang kita kenal, tapi bentuknya rada keluar dari pakem sebab nyaris seluruh body bisa kita bilang sebagai bebek tulen. Dan dilalah pada pertengahan Maret ini, generasi terbaru kembali dirilis. Dan inilah bebek Honda bermuka Trail CRF terbaru, mungkinkah masuk Indonesia ??

Sekilas sampeyan akan melihat desain super unik. Kalau diperhatikan secara seksama desainnya betul-betul bebek tulen. Intip saja area engine yang menganut model satu silinder tidur atau horizontal. Begitu juga dengan frame atau sasis yang kental dengan nuansa bebek di mana tulang atas menggendong engine di bawahnya. Bahkan desain footstep pun mengingatkan kita pada sosok bebek Supra. Termasuk ban ataupun velg hingga bentuk jok dan dan stop lamp belakang…

Mungkin yang membedakan dan cukup signifikan dibandingkan dengan bebek yang bertebaran di tanah air adalah suspensi teleskopik yang diusung. Model suspensinya sudah seperti sport tulen yang utuh memanjang dari bawah ke atas. Posisi crown handle juga diatas mengakomodasi kondisi jalan yang mungkin sulit dilalui untuk ukuran Bebek Biasa. Sementara untuk perangkat rem belakang bebek yang disebut sebagai Honda XRM 125 ini mengandalkan kaliper 1 piston depan dan tromol di belakang. Honda XRM 125 Dual sport juga memiliki Fender panjang untuk menutupi cipratan Lumpur ke area mesin. Yup…ini adalah Honda XRM125 yang pernah IWB bahas diartikel sebelumnya….

iklan iwb

Tapi kok bentuke wagu cak IWB? eittttt sampeyan jangan salah, bebek trail ini laris manis di Filipina. Bahkan sejak dirilis awal 20 tahun lalu….total penjualan bebek trail XRM125 ini tembus 1,83 jutaan…njengat tenan untuk ukuran bebek trail. Nah..untuk memantapkan posisinya dibulan Maret 2021 ini Honda Filipina meluncurkan generasi terbaru XRM125. Secara umum tidak ada perbedaan apapun dari sektor dapur pacu namun fitur dan detil berubah. Seperti speedomerer, knalpot dan footstep direvisi ulang cak. Sementara untuk dapur pacu, Honda XRM125 masih mengandalkan mesin SOHC Air cooled 125cc. Piroooo powernya ?

Ora ono sing istimewa cak soale yang dijual Honda pada XRM125 adalah kehandalan mesinnya. Yup…XRM125 hanya mampu memuntahkan tenaga pada kisaran 9,4 PS di 7500 RPM dengan torsi 10,4 nm. Tangki bahan bakar mencapai 3,8 liter dan sudah PGM FI. Bobot motor juga sangat ringan yakni hanya 94 kg. Gilaanya cak, dari klaim Honda bebek trail ini mampu menjelajah higga 64km untuk seliter bensin. Ediannn tenan. Jelas sebuah bebek yang pastinya cukup menyenangkan untuk dikendarai walaupun secara model….ehemm nyuwun sewu IMHO kurang cocok untuk tanah air….

Last….Honda Filipina menjual bebek trail ini dalam 3 varian berbeda yakni DS (Dual sport)  (rem belakang tromol), DSX (dual sport extreme) dan terakhir model supermoto. Ketiganya dijual termurah PhP67.900 dan termahal PhP73,600. So…jika kita konversi kerupiah untuk paling tinggi dijual 21 jutaan. Harga ini memang naik dikit dibandingkan gen sebelumnya. Btw…XRM125 memang bebek yang laris di Filipina. Namun jika sampeyan nanya apakah akan masuk Indonesia? dari terawangan pribadi AHM tidak punya niat memasarkan bebek ini untuk pasar tanah air. Kalau sampeyan sendiri piye cak…tertarik ora kalau XRM dipasarkan disini ? monggo berikan opininya….(iwb)

Spesifikasi Honda XRM125 2021

Engine Type
4-Stroke, Single Over Head Cam (SOHC)
Displacement
125 cc
Bore & Stroke
52.4 x 57.9 (mm)
Starting System
Electric & Kick
Ignition System
Transmission Type
4-Speed, Constant Mesh
Suspension (front)
Telescopic
Suspension (rear)
Swing Arm
Brake Type (Front)
Disc Brake
Brake Type (Rear)
Disc Brake
Tire Size (Front)
70/90 – 17 M/C 38P
Tire Size (Rear)
80/90 – 17 M/C 50P
Wheel Type
Cast Wheel
Wheelbase
1,239 mm
Overall Dimensions: L x W x H
1,927 x 817 x 1,045 (mm)
Dry and Curb Weight
94 & 106 Kg
Seat Height
774 mm
Ground Clearance
144 mm
Fuel Tank Capacity
3.9 L
Fuel System
PGM-Fi (Euro-3 Compliant)
Battery Type
12V 3 Ah MF-Wet
Engine Oil Capacity
0.9 L
Fuel
Maximum Power
7.12 kW @ 7,500 rpm
Maximum Torque
9.55 N.m @ 6,500 rpm
Gear Shift Pattern
Rotary (N-1-2-3-4)
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

68 COMMENTS

      • Tul, dulu udah pernah ada kanzen taurus ultima. Ngga cuma tampangnya yg ala trail, tp travel suspensi & ground clearance nya jg lebih tinggi drpd motor bebek pada umumnya. Tangki bbmnya pun ada 2

  1. Cak. Kok nggk ada pabrikan yg membuat bebek gemuk ya?
    Bebek adalah jenis motor paling bandel & irit untuk berbagai aktifitas usaha, kenapa tidak ada inovasi desain bebek maxi dgn bagasi besar?

      • karena disainnya kurang sporty. selera orang kita suka disain yg lancip-lancip, layer-layer, full striping rame, warna-warni, fitur berlimpah tapi harus MURAH. padahal secara fungsional Supra Helm-in dan Spacy kalau di matic dg adanya bagasi intetnal yg beesar sangat membantu untuk kebutuhan sehari-hari contoh untuk berdagang, belanja atau simpan helm saat parkir jadi tidak was-was helm rusak bahkan hilang tahu sendiri keamaan di negeri ini masih kurang. Itulah kenapa Vario series sangat laku karena DEK RATA, bagasi internal gede bisa muat helm, ban uk. 14 yg udah mainstream, meski begitu body motorny sendiri dibikin se-slim mungkin dg bentuk yg sporty. Padahal di Yamaha ada juga macam Lexi, dek rata, bagasi gede tapi body sangat lebar dan gambot serta desain yg flat membulat bisa dilihat perbedaan penjualannya..

    • bebek gemuk ?? supri helm in saja jarang liat kok, banyakan revo lah yg pake buat angkut padi disawah ato padagang di pasar.

    • Lu udah beli bebek supra yg tangkinya 5,6 liter belum? Itu touring bisa ngalahin GTR GTR zonk. Udh ngirit, cocoknya pertalite pula.
      Gw sih pengennya supra helm in pake mesin monkey 5speed.

    • Buzzer² modal bacot di sosmed banyak gaya loe 🤣, kerja sono jangan cuma jadi buzzer mulu 🤣🤭

  2. Sungguh..nggak apa-apa juga kalau dipasarkan di Indonesia, laku pasti laku, walaupun nggak ada roda_nya asal merk ini pasti laku.

  3. Cocok lek buat dimasukin ke indo tuh……pas buat trabas pemula.trabas kebun sawit…trabas hutan ngarit suket….trabas sawah angkut hasil panenan….good job h***a

  4. Cak bilangin ke AHM..
    Vario150 harga 25 juta masa kalah sama supra x harga <20 juta..
    Supra sudah pake RDB ..kog vario150 masih trondol eh tromol..

  5. Motornya epbeha itu :
    – konsumsi BBM 1 : 200
    – kompresi 7.5
    – BBM premium (max pertalite)
    – Wajib ada standar tengah
    joosssssss

  6. Klo untuk market kota2 besar mungkin gk menarik cak tp klo untuk didaerah pedesaan atau kota kecil mungkin cukup menarik, karena sering dijumpai org2 di desa memodifikasi sendiri motor bebek jd sprti model XRM ini utk angkut2 melalui medan jalanan jelek

    • Setuju sekali, Indonesia ini luas masih banyak daerah-daerah pelosok dg kontur persawahan, pegunungan, jalan berbatu. Saya kira masih menarik ini motor untuk dipasarkan disini, coba ke daerah Batu Jatim, ke daerah Gn.Pangorango, Gn.Guntur di Garut Jabar banyak sliweran bebek dimodif trail dan memang motor jenis bebek yg sepertinya lebih mereke butuhkan ketimbang matic. namun karena sudah sangat sedikit pilihannya dari pabrikan dan bebek yg ada terkesan sangat premium/elegan jadi mungkin mereka-mereka itu ogah mau beli mending modif saja.

  7. Mantap……ini…….tapi saya inginnya motor karismaku di modif trail aja mbah……liat konsumsi bbmnya ngiler juga bisa kaya revo

  8. Kalau ngomongin bebek ala trail, di market Indonesia dulu sudah pernah ada, jauh sebelum honda xrm di Filipina. Ada yg ingat kanzen taurus?

  9. Ini bisa melukai hati para offroader yg membawa motor2 CADAS off road, tapi KALAH SAMA SUPRA X jadoel dalam melibas tanjakkan…( di bawa EMAK2 PULAK ) 🤣🤣🤣🤣🤪

  10. AHM gak bakal bikin, kalo tetangga belum bikin dan jual disini…
    di Filipina juga dia jual karena ada Suzuki Raider J Cross…

  11. Bagus. Coba pake mesin 125 generasi struk 63mm. 5 speed. Dijual d desa2 yg blm aspal mulus. Cocok angkut gabah. Giginya rapet. 35/55/70/90/105.

  12. Menarik lho cak. Klo ahm mau serius bikin bebek 5 speed. Yg pendingin udara, klo perlu oil cooler. Bore x strokenya 55 x 63. Mepet 150cc. Mirip verza tp mesin tidur. Buat nyantai aj. Top speed cukup d 115 kmpj saja. Bebek murah mentok 7200 rpm saja. Tiger yg jadul aj bisa mentok 9000 rpm.

  13. Kalo mesin yg di pakai punya sonic, knalpot
    sedikit ala ala trail & suspensi sedikit di bikin kekar saya rasa laku… terutama kl ban juga di bikin dual purpose… jalanan indonesia nggak semua mulus dan banjir masih jadi langganan

  14. Kalau ada di Indonesia tampaknya bakal laris nih, selain untuk trabasan juga memang masih banyak jalan off road. Semoga cepat masuk

  15. Kalo saya sangat sangat tertarik cak karena kami yg di daerah pedalaman rata2 jalannya masih tanah dan kondisinya hancur parah, kebanyakan motor bebek disini dimodif rangka jadi kaya bebek semi trail, istilahnya motor gtx, jadi klo ahm mau jual khusus di daerah terpencil pasti laris manis

  16. Kenapa Honda ndak menghidupkan lagi motor badak untuk pedesaan ya.

    Semacam Win100 gitu. Mesin kecil saja, bodi tidak usah mewah-mewah, tapi bandel dan bisa diajak kerja keras.

  17. nama besar honda dan konsumen yang tinggal di pegunungan, perkebunan dan pertambangan pasti bisa untuk membesarkan nama XRM di indonesia.

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama