iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkk…….Asli cak pertama kali melihat motor ini IWB sampai mengerutkan dahi, iki janeeee motor opooooo too? desainnya lumayan unik yakni bebek namun ala CRF trail Honda. Bukan CT series ataupun beberapa produk Honda yang kita kenal, tapi bentuknya rada keluar dari pakem sebab nyaris seluruh body bisa kita bilang sebagai bebek tulen. Dan dilalah pada pertengahan Maret ini, generasi terbaru kembali dirilis. Dan inilah bebek Honda bermuka Trail CRF terbaru, mungkinkah masuk Indonesia ??

Sekilas sampeyan akan melihat desain super unik. Kalau diperhatikan secara seksama desainnya betul-betul bebek tulen. Intip saja area engine yang menganut model satu silinder tidur atau horizontal. Begitu juga dengan frame atau sasis yang kental dengan nuansa bebek di mana tulang atas menggendong engine di bawahnya. Bahkan desain footstep pun mengingatkan kita pada sosok bebek Supra. Termasuk ban ataupun velg hingga bentuk jok dan dan stop lamp belakang…

Mungkin yang membedakan dan cukup signifikan dibandingkan dengan bebek yang bertebaran di tanah air adalah suspensi teleskopik yang diusung. Model suspensinya sudah seperti sport tulen yang utuh memanjang dari bawah ke atas. Posisi crown handle juga diatas mengakomodasi kondisi jalan yang mungkin sulit dilalui untuk ukuran Bebek Biasa. Sementara untuk perangkat rem belakang bebek yang disebut sebagai Honda XRM 125 ini mengandalkan kaliper 1 piston depan dan tromol di belakang. Honda XRM 125 Dual sport juga memiliki Fender panjang untuk menutupi cipratan Lumpur ke area mesin. Yup…ini adalah Honda XRM125 yang pernah IWB bahas diartikel sebelumnya….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Tapi kok bentuke wagu cak IWB? eittttt sampeyan jangan salah, bebek trail ini laris manis di Filipina. Bahkan sejak dirilis awal 20 tahun lalu….total penjualan bebek trail XRM125 ini tembus 1,83 jutaan…njengat tenan untuk ukuran bebek trail. Nah..untuk memantapkan posisinya dibulan Maret 2021 ini Honda Filipina meluncurkan generasi terbaru XRM125. Secara umum tidak ada perbedaan apapun dari sektor dapur pacu namun fitur dan detil berubah. Seperti speedomerer, knalpot dan footstep direvisi ulang cak. Sementara untuk dapur pacu, Honda XRM125 masih mengandalkan mesin SOHC Air cooled 125cc. Piroooo powernya ?

Ora ono sing istimewa cak soale yang dijual Honda pada XRM125 adalah kehandalan mesinnya. Yup…XRM125 hanya mampu memuntahkan tenaga pada kisaran 9,4 PS di 7500 RPM dengan torsi 10,4 nm. Tangki bahan bakar mencapai 3,8 liter dan sudah PGM FI. Bobot motor juga sangat ringan yakni hanya 94 kg. Gilaanya cak, dari klaim Honda bebek trail ini mampu menjelajah higga 64km untuk seliter bensin. Ediannn tenan. Jelas sebuah bebek yang pastinya cukup menyenangkan untuk dikendarai walaupun secara model….ehemm nyuwun sewu IMHO kurang cocok untuk tanah air….

Last….Honda Filipina menjual bebek trail ini dalam 3 varian berbeda yakni DS (Dual sport)  (rem belakang tromol), DSX (dual sport extreme) dan terakhir model supermoto. Ketiganya dijual termurah PhP67.900 dan termahal PhP73,600. So…jika kita konversi kerupiah untuk paling tinggi dijual 21 jutaan. Harga ini memang naik dikit dibandingkan gen sebelumnya. Btw…XRM125 memang bebek yang laris di Filipina. Namun jika sampeyan nanya apakah akan masuk Indonesia? dari terawangan pribadi AHM tidak punya niat memasarkan bebek ini untuk pasar tanah air. Kalau sampeyan sendiri piye cak…tertarik ora kalau XRM dipasarkan disini ? monggo berikan opininya….(iwb)

Spesifikasi Honda XRM125 2021

Engine Type
4-Stroke, Single Over Head Cam (SOHC)
Displacement
125 cc
Bore & Stroke
52.4 x 57.9 (mm)
Starting System
Electric & Kick
Ignition System
Transmission Type
4-Speed, Constant Mesh
Suspension (front)
Telescopic
Suspension (rear)
Swing Arm
Brake Type (Front)
Disc Brake
Brake Type (Rear)
Disc Brake
Tire Size (Front)
70/90 – 17 M/C 38P
Tire Size (Rear)
80/90 – 17 M/C 50P
Wheel Type
Cast Wheel
Wheelbase
1,239 mm
Overall Dimensions: L x W x H
1,927 x 817 x 1,045 (mm)
Dry and Curb Weight
94 & 106 Kg
Seat Height
774 mm
Ground Clearance
144 mm
Fuel Tank Capacity
3.9 L
Fuel System
PGM-Fi (Euro-3 Compliant)
Battery Type
12V 3 Ah MF-Wet
Engine Oil Capacity
0.9 L
Fuel
Maximum Power
7.12 kW @ 7,500 rpm
Maximum Torque
9.55 N.m @ 6,500 rpm
Gear Shift Pattern
Rotary (N-1-2-3-4)
iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!