iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….sugeng enjing selamat pagiiiii, IWB doakan sampeyan semua selalu dalam keadaan sehat wal afiat dan diberikan rejeki melimpah, iman dan yang pasti kesuksesan. Pokoke saling mendoakan cak…ojo lali. Nah, diartikel ini pakde…IWB akan membahas 8 Keunggulan Honda new PCX160 dibanding NMax 155 setelah sebelumnya IWB sudah membahas kelebihan NMax. Semua yang IWB tuturkan berdasarkan merasakan dan mencicipi keduanya ditempat dan kondisi yang sama. Wisss ora usah kakehan khutbah, inilah 8 keunggulan Honda new PCX160 dibanding NMax 155….asli persaingan makin alottt kieeee !!!

Cakkk, menyambung artikel sebelumnya, pada artikel ini IWB akan memberikan pandangan IWB perihal 8 keunggulan Honda new PCX160 dibanding NMax 155. Sebuah generasi maxi yang diracik AHM untuk menggebuk dominasi NMax155. Apakah berhasil ? memang belum bisa disimpulkan namun dari beberapa informasi yang IWB kumpulkan tekanannya sudah lumayan terasa. Oleh karena itu Yamaha kali ini bener-bener harus bergerak jangan jumawa. Kudu obah cak intine. Dulu bolehlah rokokan sambil ongkang-ongkang kaki tanpa kerja sekalipun produk wis payu bin laku. Namun kini menurut IWB pada PCX160 AHM memang berubah menjadi produk yang meningkat cukup signifikan dibandingkan sebelumnya. Dan setelah merasakan keduanya….inilah 8 Keunggulan Honda new PCX160 dibanding NMax 155….

  1. Desain stoplamp 3D effect dan All LED lamp

Soal ini memang bersifat subyektif, bisa saja IWB suka namun bisa saja sebaliknya sampeyan nggak suka…..terserah wae. Tapi yang yang IWB tuturkan disini adalah rasa dan opini pribadi dimana IWB memang menyukai desain dan pendekatan yang dilakukan Honda diarea stoplamp. Terlihat mewah dan tidak lebay cak. Apalagi kalau sampeyan dekati dan melihat nyala LED-nya…..memanjakan mata tenan…

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Feel keren ini karena Honda juga sudah membekali semua lampu PCX dengan all LED….wiss ora sudi pakai bohlam biasa cak. Keunggulan LED adalah lebih hemat listrik serta tahan lama. Bahkan LED diklaim mampu bertahan hingga 20 tahun jika pada kondisi normal ora ketabrak atau kecelakaan. Dan pada generasi terbaru Honda menjejali reflektor berwarna gelap smoke sehingga terkesan sporty. Kuwiiii keunggulan PCX disesi awal ini…

2. Speedometer premium design

Cakkk, sampeyan pasti heran….kok speedo masuk itungan cak IWB. Lhooo jelas cak, speedometer ki salah satu yang sering kita pelototin. Seperti halnya mobil wae, speedometer sekarang sudah menjadi perhatian khusus produsen untuk membuat value serta rasa mewah kendaraan makin kuat. Jadi jangan sampai desain luar wis ganteng, ketika kita dibelakang kemudi rasanya malah jomplang. Dan disini IWB pastikan Honda berhasil melakukannya pada gen terbaru PCX160 ini…

Desain speedometer terbaru model 3D karena permainan mika luar dan cluster dalam yang sukses memberikan feel premium mewah jabang bajul tenan. Belum lagi signal lampu sein yang berwarno ijo cak. Fix, sukses memberikan rasa motor mahal pada sang kuda besi. Siang keren apalagi malam…juozzz enak disawang. Mungkin terkesan simple namun itulah satu kesatuan desain yang seharusnya mulai diperhatikan semua pabrikan. Dan Honda sukes melakukannya yakni…area konsol speedo dan dashboard berhasil merepresentasikan sebagai skutik premium yang mahal dan mewah. Top wis !

3. Akomodasi bagasi dan tanki BBM

Wisss dari sini sudah jelas PCX 160 adalah raja soal fleksibilitas bagasi dan tanki BBM. Ibarat petarung nggak usah diadu langsung juara karena memang edian tenan kemampuan melahap barang bawaan. Dengan kapasitas bagasi 30Liter serta mekanisme helm in normal (posisi helm ngak dibalik) saat turing jauh IWB bisa menyimpan apa saja didalam bagasi. Mulai dari helm, jaket bahkan sepatu masuk. Kuwi belum termasuk sistem bukaan jok yang fleksibel iso sampai ngablak mentok lebih dari 90 derajat….

Semua semakin sempurna karena kapasitas tanki BBM yang mencapai 8,1 liter,. Artinya ? sekali isi sampeyan nggak perlu lagi sering mampir ke pom bensin akibat daya jelajah yang cukup mumpuni. Dengan konsumsi BBM dikisaran average 42km/liter…ini artinya sekali isi bensin full tank sampeyan bisa menjelajah hingga 340km. Wisss….Jakarta-Semarang nyampe kuwii cakkk. Disini PCX 160 cukup kuat dan sulit dilawan rival…

Itu belum termasuk bentuk jok belakang yang ramping sehingga boncenger tidak dipaksa ngangkang ketika duduk dibelakang…

4. Tutup bensin soft opening dengan tatakan (fuel cap holder)

Nahhhh, iki juga memanjakan cak. Awalnya IWB rada meremehkan sistem ini namun setelah pakai langsung dan merasakan manfaatnya, fix desain terbaru ini memang tidak sembarangan. Yup…desainer sudah memikirkan sedemikian rupa secara detil agar sampeyan merasa nyaman menggunakan PCX160. Lhaaa piyeee, kalau turing kita kan sering tuh menggunakan glove atau sarung tangan dan harus repot memegang fuel cap plus ambil duit dari dompet…repot tenan….

Dan pada PCX160, sampeyan bisa menaruh tutup bensin yang sudah disediakan. Ini IWB buktikan dan yessss…membantu banget. Dibalik helm IWB sampai tersenyum, ikiiii mantap tenan desainernya. Lhooo tapi bukannya NMax juga ada cak IWB. Kenapa dimasukkan keunggulan dibandingkan Nmax. Yesss, tapi desain PCX160 ini IWB pandang niat dan bukan “seolah-olah” disebut fuel cap holder. Desainer Honda terlihat niat dan serius disektor ini. Jadi ngono cak….

5. Rebound suspensi

Disini IWB baru paham kenapa Honda ogah menurunkan ukuran ring pelk depan dengan 13inch seperti belakang alias tetap 14inch. Ternyata Honda ingin rebound dan peredaman dijalanan rusak tetap terjaga dan memang IWB merasakan kemampuan ini saat turing. Yang pertama adalah feel lembut untuk ukuran maxi skuter. Sedang belakang…walau feel lebih keras dibandingkan old gen namun tetap ketika menghantam jalanan rusak termasuk baik. Tindakan Honda memanjangkan stroke hingga 10mm berhasil memberikan sensasi anti njedug. So…sektor suspensi PCX memang cocok buat harian yang membutuhkan kenyamanan lebih bukan mengocok perut ketika melibas jalanan rusak….

6. Vibrasi mesin

Secara umum getaran mesin dibandingkan dengan PCX150 masih lebih terasa PCX160. Mungkin karena mesinnya lebih besar. dan kompresi tinggi. Tapi jika dibandingkan dengan rivalnya…getaran termasuk ter-manage dengan baik khususnya area stang yang cenderung lebih halus pada saat jalan cruising dikecepatan 60-80 km/jam. Namun yang unik ketika idle vibrasi termasuk besar dan hilang signifikan saat sudah jalan. Hhmm, sebenarnya akan lebih mantap lagi ketika idle juga halus…harapannya sih ngono. Tapi apapun itu manajemen getaran PCX memang cukup baik dan masih dipertahankan Honda

7. Mesin cenderung irit

Pada kondisi diajak menanjak ekstrim dan betot-betot gas PCX160 masih mampu meraih 41,9km/liter dan ini menurut IWB sangat baik untuk mesin murni 156,9cc 4 katup. Jadi emang cenderung irit cak. Sementara disaat yang sama NMax hanya mampu meraih sekitar 37,8km/liter dirute dan kondisi yang sama. Dari analisa IWB karena PCX 160 tidak perlu dipuntir gas dalam untuk mendapatkan momentum torsi yang diinginkan untuk menyalip ataupun stop and go. Colek gas dikit langsung wussss, Yesss…disinilah kini kita tahu kenapa Honda Fokus pada kemampuan akselerasi. Yakni sprint ability mantap maka konsumsi BBM makin irit. Cerdas !

8. Handling lincah dan ringan

Iki yang kita juga heran. Kenapa ? secara spek….motor ini tidaklah ringan yakni 132kg dry. Artinya apa ? jika diisi dengan oli dll…bobot PCX160 berarti lebih berat dari pada itu. Namun siapa menyangka sekalinya sampeyan nongkrong dimotor ini, bobot tersebut seperti hilang cak. Handling enteng dan nurut. Mau sampeyan ajak zig zag kiri kanan …hayooo aja. Terbukti revisi sasis dan perombakan engine mounting sukses membuat kalkulasi geometry lebih juozz. Alhasil….handling nurut dan lincah serta ringan plus stabil. Lengkap wisss..

Yup…itulah sekilas 8 Keunggulan Honda new PCX160 dibanding NMax 155. IMHO gen terbaru sudah menjelma menjadi maxi skuter yang powerfull namun tetap irit. Dan IWB yakin jika pada senjata 4 katup ini NMax masih alot susah dicongkel….barulah senjata cadangan disiapkan oleh Honda. Opo kuwiii ? VTEC ! namun semua tergantung kondisi dan kebutuhan mengingat….potensi motor terbaru ini sangat besar mengganggu tahta NMax yang terpelihara hingga 6 tahun lamanya. So…New PCX160 ? itulah sekelumit opini IWB dan monggo sampeyan tambahi jika ada yang kurang….sing jelas persaingan makin hottt euyyy !! (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!