iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakk… Seperti yang sampeyan tahu untuk menggerakan roda belakang motor diperlukan rantai, nah kegunaan rantai memang sangat vital cak, mengingat rantai harus kuat dalam menyalurkan tenaga mesin untuk menggerakan roda, rantai sendiri sering dijumpai di motor bebek ataupun sport, tapi berbeda untuk motor matic yang memang dari awal keberadaanya sudah memakai part yang berbeda yakni sabuk (belt), sampeyan yang pake belt atau rantai pasti ora asing dengan perbedaan performa nya. Dan dilalah yang terbaru kita dibuat tercengang karena kini muncul material baru untuk bahan V-belt yakni Serat Karbon. Wowww…emang seperti apa ? intip detilnya dibawah ini….

Baru-baru ini Gates yakni perusahaan dari luar negeri yang memang terkenal sebagai spesialis belt, dan produknya sering digunakan untuk sepeda ataupun sepeda listrik menelurkan inovasi terhadap belt mereka yang sebelumnya hanya bisa digunakan di sepeda, dengan inovasi barunya kini bisa dipakai di sepeda motor, oh ya cakk Gates ini dalam membuat produknya selalu menggunakan bahan dasar serat karbon…..

Yups Gates menamakan produknya Carbon Drive Moto X9. Gates mengklaim bahwa produknya kali ini merupakan produk yang paling canggih karena dalam pembuatannya Gates menggabungkan teknologi terbaru dalam mendesain profil gigi hingga konstruksi belt itu sendiri. Gates membuat produknya berbahan karbon tentunya agar belt ini lebih tahan lama dalam jangka pemakaian, dan memiliki perawatan rendah. Gates sendiri sudah terkenal dengan karakteristiknya yang selalu mempertahankan durabilitas dalam produknya.

Gates mendesain Carbon Drive Moto X9 dengan ukuran yang ringkas dan ringanS. Selain itu Moto X9 ini memiliki ketahanan dan fleksibilitas yang tinggi, bahkan gates menegaskan bahwa ketahanan dan fleksibilitasnya melebihi serat baja, kaca dan aramid. Wowwww. Oh ya….pasti sampeyan asing dengan material aramid? Material aramid yaitu sejenis serat sintetis tahan panas dan kuat. Material jenis ini biasanya sering digunakan oleh kedirgantaraan dan militer, nah nama aramid itu campuran dari ‘poliamida aromatik’. jadi wis tahan panas cak bahane. Terus opo kelebihannya Serat Karbon??

Kalo biasanya rantai berisik karena terjadinya degradasi atau keausan yang mengakibatkan rantai kotor, kering dan kaku ataupun sampeyan pernah menjumpai motor matic yang CVT nya berisik? Itu semua terjadi karena adanya keausan hingga mengakibatkan belt melar dan imbasnya cak tutup CVT atau Crankcase yang sering kegesek belt. Istimewanya cakk Gates mengklaim bahwa di Moto X9 tidak akan terjadi degradasi atau keausan yang biasanya terjadi di motor rantai atau belt pada umumnya, baik itu keausan yang disebabkan kontaminasi air ataupun minyak. wis awet pokoke….

Last… Produk dari Gates ini memang memiliki ketahanan yang istimewa. Saking istimewa belt ini tahan terhadap keausan yang banyak dijumpai biker pada umumnya, dan sekarang Moto X9 pun sudah dipakai oleh beberapa pabrikan sepeda motor listrik seperti Zero Motorcycles dan Delfast. Sayang…sampai saat ini belum tergali banderol part dari Gates ini. Tapi yang lebih disayangkannya cak ternyata Gates tidak menjual Moto X9 nya ke khalayak umum, dan hanya bisa dibeli oleh pabrikan sepeda motor yang memang ingin memakai part ini pada produknya. V-belt Serat Karbon Drive Moto X9 ? hayoo baru tahu toooo hehehehe….(RA iwb)

iklan iwb
Previous articleBedah Komponen Spesial Ducati V4 Superleggera, Italia emang gilaaa !!!
Next articleSuzuki pastikan siap tempur di Losail Qatar, Joan Mir optimis !!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

14 COMMENTS

  1. Aramid ngga cuma dipakai di dunia kedirgantaraan & militer, di dunia sepeda gowes sudah banyak dipakai. Tau ban luar yg bisa dilipat? Nah itu konstruksi di dalam sidewallnya pakai aramid

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here